BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara Mudah Mengatasi Jam dan Tanggal Pada Laptop Berubah Dengan Sendirinya

S P C E.com : Update 24 Juli 2017 Assalamualaikum wr wb, pernahkan anda mengalami jam dan tanggal pada laptop atau computer anda berubah dengan  sendirinya ? Meskipun jam dan tanggal pada laptop anda telah Anda setting melalui toolbar pada computer Anda Sendiri.

Cara mudah mengatasi jam dan tanggal pada laptop berubah dengan sendirinya

Jika Anda memiliki Laptop dan Komputer PC Pastinya hal ini tentunya pernah anda mengalaminya jikalau umur laptop dan PC anda sudah berumur cukup lama.

Namun sebenarnya belum tentu juga hanya laptop yang berumur saja yang mau mengalami masalah hal seperti ini, bisa juga laptop dan komputer PC baru juga bisa mengalami tanggal dan jamnya berubah dengan sendirinya. Namun tentunya komputer baru jarang mengalami hal semacam ini.

Penyebab Jam dan Tanggal berubah

Tahukah Anda Penyebab terjadinya jam dan tanggal berubah dengan sendirinya ? penyebab Jam dan Tanggal berubah di karnakan oleh baterai bios yang bentunya pipih dan berwarna croom ( Seperti gambar di Atas ) telah tidak berfungsi lagi alias arus listrik sebesar 3 volt telah habis terkuras oleh waktu. 

Makanya tanggal dan jam pada computer tidak berfungsi dengan normal mengikuti zona waktu yang kita tentukan di setiap negara dan bahasa. 

Penyebah batteri bios habis atau tidak berpungsi ada dua hal yang pertama :
  1. Umur bios sudah cukup lama ( Aliran Listrik 3 Volt terkuras habis), biasanya baterai bios yang bagus mampu bertahan selama ± 5 tahun. Dan yang ke
  2. Di sebabkan karna konektor atau tempat dimana baterai bios itu di letakkan yang terdapat pada motherboard laptop dan Komputer longgar.
Fungsi baterai Bios dan Bios di dalam komputer

Fungsi baterai bios di dalam komputer kita tahu bahwa, adalah untuk memberikan supplay daya ke chip bios untuk menjalankan sebuah system headware motherboard komputer itu sendiri secara terus menerus tampa henti biarpun listrik atau komputer kita matikan.

Fungsi BIOS, ( Basic Input Qutput System ) dalam system komputer BIOS merupakan penyedia antarmuka komunikasi tingkat rendah dan juga dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (headware) seperti keyboard.

Sejarah BIOS komputer

Kata BIOS merupakan bahasa Yunani berarti '' KEHIDUPAN '' Istilah bios, pertama sekali muncul dalam sistem operasi CP/M yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan prangkat keras dan beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM.

Cara Mengatasi Penyebab Jam dan Tanggal berubah

Nah, cara mengatasi ke dua poin di atas sangat mudah sekali, cara mengatasinya terlebih dahulu kita harus mengenal baterai bios itu bentuknya dan ciri-cirinya seperti apa ?  lihat gambar di atas yang saya pengang bentuk dari sebuah baterai bios pada komputer baik PC maupun Laptop.
Multitester Digital
Baterai bios yang normal biasanya tegangan yang di hasilkan sebesar 3 volt, untuk mengetahui teganggan pada baterai bios tersebut tentunya harus diukur mengunakan multitester. (Seperti apa wajah multitester lihat gambar)

Apa bila teganggan pada saat diukur 0 (nol) mengunakan multitester, berarti baterai bios tersebut sudah rusak. Silakan ganti dengan yang baru. Batterai bios banyak di jual di pasaran dengan kisaran harga kira - kira 20 ribuan, harga tergantung dari kualitas baterai bios tersebut, biasanya yang bagus harganya lebih mahal.

Apa bila pada saat di ukur menunjukan volt yang di tentukan sebesar 3 volt, itu artinya baterai bios masih dalam ke ada-an bagus. tidak perlu di ganti, namun apa bila jam dan tanggal masih berubah berarti kerusakannya terletak pada soket baterai itu sendiri. (solusinya ganti soket mobo pc maupun laptop anda)

Cara Mengatasi Masalah Tanggal dan Kalender Komputer Berubah :

Bongkar laptop atau computer PC anda
  1. Apa bila anda mengalami poin pertama di atas yaitu baterai bios sudah habis, artinya harus menganti dengan yang baru.
  2. Mengatasi poin ke dua di atas ? silakan anda cabut baterai bios dari motherboard bersihkan dan pasang kembali.
Sesudah terpasang semuanya, hidupkan komputer anda, biasanya jika baterai bios habis di tandakan adanya bunyi Bed dan dibarengi dengan adanya tombol F1 di monitor pada saat booting komputer itu sendiri.

Kesimpulan :

Pastinya jika anda telah mengganti baterai bios pada laptop mau pun komputer PC anda, tentunya masalah jam dan tanggal berubah dengan sendirinya itu akan teratasi. namun jika anda telah mengganti baterai bios dan masih menggalami jam dan tanggal masih berubah. pastinya ada penyebab lain di luar itu, mungkin motherboard laptop dan PC anda telah rusak. Harus di LENBIRU alisa BELI KOMPUTER BARU

Video Tutorial

Pembaca setia S P C E.com (www.saifulcomelektronik.com) di bawah ini saya telah menyiapkan sebuah video tutorila singkat, pada saat saya mengganti baterai bios laptop punya saya sendiri. dan jangan lupa juga di SHERING, SUBSCRIBE channel saya DISINI Selamat menonton,...



Penutup

Baik para pembaca setia S P C E.com demikian dulu yang dapat saya shering pada kesempatan ini kepada anda semoga Artikel dan Video di posting kali ini bermamfaat buat anda dan buat semua orang, termasuk buat saya juga ADMIN dari web blog sederhana ini.Aaminn,..

Comments13

  1. Kalo ada permasalahan pada laptop seperti ini umumnya yang disalahakan pasti virus. Tapi ternyata beda, blog agan ini emang keren. Gak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya kalo yang diperbaiki langsung hardwarenya. Thank you gan, tambah ilmu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan sama - sama !

      Trima kasih juga buat anda, karna telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke website blog saya yang sederhana ini.

      Delete
  2. Replies
    1. Ooo ! ganti saja baterai bios pada laptopnya gan beres thu,..

      Delete
  3. Siip...thanks gan atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup sama-sama gan dan trima kasih telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke website saya yang sederhana ini

      Delete
  4. Biasanya Setingan "Date and Time" pada pengaturan "Automatically adjust clok...." diaktifkan. jadi biasanya pada saat terkoneksi dengan internet jam nya akan berubah. kalo saya di nonaktifkan saja setingan "Automatically adjust clok...." dengan cara buka setingan "DATE AND TIME>>CHANGE TIME ZONE>> hilangkan centang pada "Automatically adjust clok...." >> OK >>OK selesai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan terima kasih masukannya semoga yang lain baca coment agan. namun jika baterai bios masih berpungsi bisa di lakukan cara agan lakukan. jika baterai bios sudah habis tentunya tidak bisa gan, time akan kembali ke posisi semula

      Delete
  5. bener gan, gak cuma karena baterai BIOS dan motherboard doang, setelah automatically adjust clok ceklisnya dihilangkan, jam laptop saya tidak berubah lagi setelah dimatikan lalu dihidupkan kembali, mungkin untuk yang pc/laptop nya gak pernah ato gak connect ke internet bisa jadi baterai bios ato motherboardnya. kalo yang selalu connect internet coba dulu dilihat barangkali automatically adjust clock nya di ceklist. terima kasih buat semuanya ya. akhirnya ketemu solusinya.

    ReplyDelete
  6. Terima Kasih artikelnya, setelah ganti baterai bios, Laptop aku jadi Normal

    ReplyDelete
  7. Permisi gan mau nanya nih, tanngal dan waktu laptop saya sering berubah sendiri walaupun udh d setting d windows, dan masalah yg lain laptop sering mati sendiri, ktika laptop sya di gerakin misalnya mindahin laptop ke tempat lain. apa ad hubungan nya dgn battry bios yg bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tanggal dan waktu iya ada hubungannya dengan bios gan. namun jika di pidahin laptonya mati silakan periksa batrai laptop agan dan periksa juga soket baterai dan juga soket pada laptopnya agan

      Delete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.