BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat inverter sederhana menjadi dimer lampu neon

Dimer lampu tentunya kita semua sudah tau dimer itu apa ? nah tapi kali ini berbeda yaitu inverte sederhana menjadi dimer lampu neon. Baca juga artikel : Cara membuat charger aki sepedamotor ke dua 2015

Awalnya saya membuat experiment membuat inverter 12volt sudah saya posting sebelumnnya, kemudian beberapa hari kemudaian saya otak-atik lagi dengan alat yang lain yaitu swich bekas dari DVD player dan kumparan ferrid yang saya temukan dari dvd bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Switch dvd tersebut saya bongkar penutupnya, oprek oprek sedikit hingga menjadi mirip kayak swich platina, dan kumparan ferrid sebagai pemicu medan magnet untuk menarik daun switch dvd yang sudah saya modif.

Baik saya akan mengulas tentang bagaimana cara membuatnya, komponen yang kita butuhkan adalah
1.       Trafo adaptor bekas 12 volt
2.       Switch dvd bekas
3.       Kumparan feriid
4.       Catu daya 9 volt / atau baterai juga bisa
5.       Proses prakitan
Sedudah 5 poin di atas sudah lengkap, pertama yang harus di lakukan adalah membongkar penutup switch dvd, kemudian bengkokkan switch tersebut hingga menyatu, klo di ukur dengan multitester jarum menunjukkan angka nol. Berarti switch dvd tersebut sudah jadi.

Kemudian tempelkan baut di salah satu daut switch dvd tersebut dengan cara di lem atau pun di solder juga bisa di salah satu daun switch tersebut, punggsinya agar nanti inti ferrid yang di gulungi kumparan kawat menarik baut tersebut agar daun switch tersebut terbuka dan tertutup.

Sesudah selesai semua sekarang solder kabel ke salah satu kaki switch dan kumparan ferrid, kemudian salah satu kaki switch hubungkan ke trafo ke kumparan skunder yaitu ke keluaran dc trafo bukan ke ac.

Kemudian kaki ferrid yang satunya sambungkan ke battrai atau sumber tegangan lainya yang penting 12 volt. Kemudian kabel trafo yang satunya sambungkan ke sumber tegangan yang lainnya. Kemudian kabel keluaran trafo sambungkan ke lampu neon lima watt.

Untuk keberhasilan terletak pada ferrit dan switch tadi. Atur jarak daun switch dengan ferrid hingga magnet ferrid dapat menarik daun switch tadi yang sudah diberi baut di ujung daun switch dvd. Karna kumparan feriid akan menjadi magnet apa bila di aliri arus listrik. https://www.youtube.com/watch?v=C_mzjHzfpuQ

Oke sampai di sini dulu mengenai inverter driver ini, semoga bermamfaat selamat mencoba gak ada salahnya klo mau mencoba. Baca artikel ini juga : software untuk mengetahui nilai suatu resistor

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.