Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb ! Hallo teman – teman semua apa kabar anda pada hari ini ? Kiranya mudah - mudahan tidak kurang dengan suatu apapun. Pembaca setia saifulcomelektronik .com dalam kesempatan kali ini saya mencoba untuk sekedar berbagi kepada teman - teman pembaca setia www.saifulcomelektronik.com tentang Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas.

Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas

Update 8 Februari 2016 - Nah, di Kesempatan kali ini, saya kembali akan berbagi lagi buat teman semua semua, khususnya buat para pembaca setia saifulcomelektronik. dan dalam kesempatan kali ini juga, yang saya akan bagi atau shering yaitu tentang Free Energy generator dari dynamo bekas dvd player. Tentunya Experiment yang saya lakukan ini adalah experiment saya sediri.

Kronologis Terciptanya Experiment Free Energy

Kronologis free energi ini yaitu berawal dari iseng - iseng saya mengotak - atik satu buah alat elektronika yaitu mekanik pemutar dvd player. dan setelah itu saya kemudian ambil dynamo dari mekanik dvd player bekas tersebut yang ada di tempat lokasi oprak - oprek yaitu di rumah saya sendiri S P C E.com, setelah itu saya coba memutar – mutar poros dinamo itu sendiri, terus saya ukur dengan multitester qutput dari dinamo tersebut, ternyata menghasilkan arus listrik sebesar 3 volt.

Kenapa bisa ? Simak berikut ulasnya,....

Dalam hati saya bertanya ? saya mencoba browser ke internet tentang hal itu. waktu itu saya di arakkan ke website wikipedia dimana di website tersebut di jelaskan, Di dalam dynamo ada sejumlah kumparan dan mangnet berbentuk U. ketika poros dynamo tersebut di putar, otomatis kumparan didalam dynamo tersebut ikut juga berputar. 

Nah, didalam hukum fisika  pergerakan kumparan di dalam medan magnet akan menyebabkan aliran listrik di dalam kumparan itu sendiri. Namun arus listrik tersebut hanya bersipat sementara selama kumparan tersebut berputar di dalam medan magnet saja. 

Dan apa bila kumparan tersebut berhenti berputar di dalam medan magnet, maka aliran listrik juga akan berhenti. dikarena tidak adanya perubahan fluks pada kumparan medan magnet tersebut. Namun akan tetapi, semakin kuat kita memutar poros dynamo tersebut semakin besar pula aliran listrik yang di keluarkannya.

Nah, sahabat pembaca S P C E.com setelah saya browser tersebut allhamdulillah saya mendapatkan jawabanya. Kemudian saya teruskan berexperiment.

Telah terjawab apa yang ada di benak saya, setelah terjawab, saya lanjutkan berexperiment kemudian saya ukur kembali dengan multitester terdapat aliran listrik yang terdapat sebesar 3 volt dari dinamo itu, kemudian pada Output dinamo saya beri sebuah LED (light emitting diode) dan menambah sedikit komponen pendukung agar arus listriknya menjadi sedikit lebih besar dan dapat menyala beberapa menit, meskipun putaran poros dynamo tersebut berhenti.

Komponen dan Alat pendukung serta Skema rangkaian Free Energi


1.  Diode 4 kaki ( kiprok )
2. Kapasitor 80.000 nf 80 Volt
3. Kapasitor 250 Volt 22nf
4.  Kumparan ferrid 17 lilitan
5. Kabel secukupnya


Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas

Proses merakit Free Energi

1. Kaki diode kiprok ada 4 kaki, ada input dan ada juga qutput, untuk input sambungkan (solder) pin positip dan negatip ke pin kaki kapasitor ke positip negatipnya. Kemudian dari kaki kapasitor hubungkan pin positip negatipnya ke pin positip negatip led. lihat Gambar skema dibawah ini cara perakitannya :

2. Nah kemudian selanjutnya, 2 kaki diode hubungkan ke qutput dynamo dengan melalui kumparan ferrid, sambungkan pin kumparan ke salah satu kaki input diode, setelah itu kapasitor 250 volt hubungkan ke qutput dynamo tentunya semunya membutuhkan kabel. Siapkan kabelnya,...

3. Setelah semua komponen terhubung seperti pada skema yang di atas, maka coba putar poros dynamo dvd tersebut jereng lampu led akan menyala seperti pada gambar di atas.

Video Free Energi

Pembaca setia S P C E.com saya telah menyiapkan juga tutorial dalam hal free Energi ini, di dalam video tersebut akan menampilkan proses perakitannya sampai lampu pada LED (light emitting diode). saya ucapakan selamat menonton dan semoga artikel serta video di bawah ini didalam posting ini juga dapat bermanfaat. 

Oya jangan lupa di shering juga Video di bawah ini dengan  cara klik tanda panah di sebelah kanan atas video.


Nah, sahabat pembaca S P C E.com, demikian dulu yang dapat saya shering mengenai Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas. Semoga posting ini bermamfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. 

Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di website saya yang sederhana ini dan taklupa saya ucapakan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel yang satu ini.

Subscribe to receive free email updates:

56 Responses to "Membuat free energy generator sederhana dari dynamo dvd bekas"

  1. Mas, d dalam dinamo dvd itu berapa lilitan tembaga sehingga menghasilkan tegangan listrik hingga 3 volt?

    ReplyDelete
  2. Tolong skemanya di per jelas gan
    Diode 4 kaki (kiprok) code/nomer serinya berapa?
    Kapasitor 80.000 nf berapa volt dan pada skema ada di c1 atau c2
    Kapasitor 250v 22nf pada skema ada di c1 atau c2
    Kumparan ferrid berapa jumlah lilitannya + kawat email no berapa?

    ReplyDelete
  3. jika dari generator bisa mengeluarkan arus listrik, dan arus listrik tersebut untuk memutar dinamo, dan dinamo tersebut untuk memutarkan generator itu sendiri apa kah mungkin pak?? agar tercipta free energy, apa harus ada tambahan komponen, atau menaikan tegangan dc dari generator tersebut

    ReplyDelete
  4. berbelit g akurat..banyak biaya g sesuai hasil

    ReplyDelete
  5. Pak fungsi lilitan ferid untuk ap?

    ReplyDelete
  6. Menggunakan dinamo spda ontel biasanya buat lampu bisa gak.

    ReplyDelete
  7. Membuat ini dinamonya harus berputar dengan cara diapakan gitu :v . Masa diputar pake tangan polosan , kan cape -_- . Terus elco ? buat apa elco atau kapasitor 80.000uF Gede gede ? itu pemborosan gan , Gua saranin Pake Elco atau kapasitor itu jangan 80.000uF . Tapi cukup 2200uF 25v atau maksimal 10.000uF 50v . Soalnya Elco atau kapasitor itu gunanya untuk menstabilkan tegangan atau nyimpan tegangan . Gitu gan dan semoga bermanfaat :) . Kalo yang punya postingan marah boleh dihapus kok :)

    ReplyDelete
  8. mas cara membuat Radio Sendri bagai mn yang pemancarannya hanya meliputi desa saja..??

    ReplyDelete
  9. mas gimana supaya generator menghasilkan tegangan lebih besar,???
    misalnya dinamo yang kecil tapi bisa menghasilkan tegangan yang besar untuk menghidupkan sebuah kipas angin gitu

    ReplyDelete
  10. Free energi nja darimana(?)
    Khan menggoenakan energi kinetik, poetaran dari djari.....

    ReplyDelete
  11. Om ...kalau dinamo meain aer yg 125w. Bisa gk di jadiin
    Untuk menghasilkan daya listrik. Dan keluar nya berapa watt ya..

    ReplyDelete
  12. wah senang sekali kalau jadi ahli elektronika bisa bikin kya gituan

    ReplyDelete
  13. Bahan yang bagus apa saja dan jelaskan fungsi dan bahan supaya mengetahui terjadinya konseling taruh mana di bagian mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sedetail itu iya ? trima kasih masukannya gan. oke mas nanti saya akan buatkan artikelnya. kalau bahan gak ada yang bagus gan, karna bahannya bekas semua,...

      Trimakasih telah meluangkan waktunya untuk berkunjung, dan memberikan masukannya,...

      Delete
  14. mantap gan sungguh membantu,, lanjut kang gan,, saya tunggu artikel berikut nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Gan,...
      Terima kasih telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke website blog saya yang sederhana ini

      Delete
  15. gan. untuk membuat arus 12dc dari dinamo, ada gag rangkaiannya?mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan ! memakai rangkaian joule Voltage thief, merubah arus rendah menjadi tinggi. lebih kurang ada bisa lihat rangkaiannya di sini http://www.saifulcomelektronik.com/2015/12/mudahnya-merakit-rangkaian-elektronik-dengan-software-program-proteus-8-professional.html

      Delete
  16. gan klo buat arus dc murni jd arus dc berdenyut gmana yha caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya jadi AC ? pakai rangkaian inverter gan, rubah arus dc menjadi ac, aliar berdenyut,....
      http://www.saifulcomelektronik.com/2015/02/membuat-inverter-sederhana-12-volt.html

      Delete
  17. maaf pak disini yang sebagai pengubah arus AC dari dinamonya apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo kok AC ! disini saya tidak ada berbicara ac mas, emang ada iya ?,...

      Delete
  18. Mas bisa buat yg d video g? Saya bukan ahli Electronic tp saya suka sama yg berbau listrik gratis makasih. FREE ENERGY:motor-generator self loop energy
    http://youtu.be/YkgpTeeaeMY

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUdah mudahan bisa, saya cari dulu rangkaiannya,....

      Delete
  19. Ok saya tunggu pak. Lumayan kalo lagi hiking ada itu bisa jadi penerangan

    ReplyDelete
  20. Kalau langsung dinamo tanpa komponen tambahan bisa tidak? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi gak setabil gan,...

      trima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di website saya yang sederhana ini.

      Delete
  21. dinamo diputar menghasilkan listrik 3 volt, trus tegangan itu utk menyalakan led. led pasti menyala utk beberapa detik saja. dimana hebatnya? coba pkai dinamo speda ontel, pasti teganganya lbih gede. trus..... ini free nya dimana??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel Ini bukan untuk mencari kehebatan mas, artikel ini saya tulis hasil dari experiment otak atik dan untuk saling berbagi satu sama lain.

      jika anda memiliki ilmu yang lebih luas silakan anda kembangkan.

      freenya adalah menghidupkan led tampa baterai, itu yang di sebut free mas,...

      Delete
    2. WKKKK anak saya juga bisa kalau cuma menyalakan led pakai dinamo ,padahal baru sd

      Delete
    3. PInter brarti anak babak ! Biarpun SD pastinya di balik itu dia belajar di internet pak...

      Delete
  22. mas webnya bagus setiap comen dibalas. mas mau tanya originalnya (tanpa rangkaian tambahan) untuk input dan outnya berapa dalam hitungan volt dan ampere

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output dari sebuah Dinamo DVD tanpa melalui komponen ataupun tidak sama saja mas yaitu 3 volt dengan Ampere 0.26 !

      Trima kasih atas kunjungannya dan komen yang anda tinggalkan di website saya yang sederhana ini.

      Delete
  23. g' mw ribet ah, manfaatin aja dinamo sepeda ( jaman punya, ontel )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan, gk masalah, malah lebih bagus,...

      Delete
  24. Sy mau beli yang sudah jadi boleh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gan, ini tidak di produksi, sekedar berexperiment, siap experiment alatnya di bongkar lagi,...

      Delete
  25. ini joule thief tah..?? dinamo..?? itu motor listrik..dinamo kalo di puter yo lampunya nyala...dimana2 yo gitu..beda ma motor listrik..elo salah tafsir seperti sebagian orang indonesia...dan motor listrik gak bisa menghasilkan listrik...
    kalo joule thief bisa dinyalain ma batre biasa..lepas batre masih bisa menyala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok salah Tafsir gan ? Free energi yang yang saya maksud adalah, menghasilkan listrik tanpa dengan bantuan energi yang lain yang dapat menghidukan LED yang ada. saya rasa joule thif juga sama dengan hal ini gan, cara kerjanya hampir sama,....

      Delete
    2. Gk salah tafsir gan. Benar dinamo bisa menghasilkan listrik...dinamo itu saya gunakan di layang layang yang besar untuk menyalakan beberapa lampu led di layang layang itu...dengan bantuan angin. dinamo berputar menghasilkan listrik dan dapat menyalakan lampu led...

      Delete
    3. Gk salah tafsir gan. Benar dinamo bisa menghasilkan listrik...dinamo itu saya gunakan di layang layang yang besar untuk menyalakan beberapa lampu led di layang layang itu...dengan bantuan angin. dinamo berputar menghasilkan listrik dan dapat menyalakan lampu led...

      Delete
  26. sangat menginspirasi Gan...mo coba bikin ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup silakan di coba gan ! semoga bermanfaat

      Delete
  27. oiya Gan...mo tanya, kalo motor DVD itu jenisnya brushless atau brushed ya?pengen coba bkin kincir angin hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai jenis saya juga kurang tahu gan ! yang jelas jika di dalam dinamo ada kumparan dan magnet tentunya bisa di jadikan pembangkit listrik

      Delete
  28. Dioda kiproknya itu nomor serinya berapa tolong jawb

    ReplyDelete
  29. maaf mas , motor dvdnya diputar pake apa ya ,angin apa air ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di modip lagi gan pakai kincir angin bisa pakai air juga bisa

      Delete
    2. saya suka webnya mas,misalkan kapasitor di perbanyak dengan rangkaian seri apa bisa untuk energy umpan balik trimksh?

      Delete
    3. Terimaksih telah menyukai web saya yang sederhana ini. masalah umpan balik Silakan aja berexperiment gan

      Delete
  30. Mas... tolong buat video juga perakitan kapasitor dan kiproknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya thu ada videonya gan di artikel ini

      Delete
  31. free energy mungkin menjadi mustahil bagi manusia, kebanyakan di youtube semua itu tipuan. disini memang menyalakan led tanpa energy listrik lain, tapi menggunakan energy masnya kan( mutar dinamo dvd). yg namanya free energy tidak membutuhkan(mengubah) energy lain dlm bentuk apapun tp menghasilkan energi tanpa mengambil/mengubah energy. sama halnya kipas pendingin cpu dikasih magnet hardisk dan berputar menyalakan lampu led( mungkin masnya pernah lihat) dan dengan bangga menyebut free energy. padahal itu menggunakan magnet, suatu saat daya magnetnya akan habis bila dilakukan gaya saling tarik atau saling dorong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitu dech gan, menurut agan free energi seperti itu iya begitu. tergantung kita menanggapinya dan mengartikannya sperti apa

      Delete
  32. Boleh tuh idenya.. Coba dinamonya di ganti ke pengapian lampu motor.pasti kluarnya 220v ac & bisa untuk menyalakan lampu/neon.
    Maantaap..
    Trmksih om infonya

    ReplyDelete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.