Power amplifier, modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt

- Advertisement -
S P C E.com : Hallo teman – teman pembaca setia saifulcomelktronik.com kali ini saya akan berbagi tentang power amplifier yang saya modifikasi, yang awalnya stereo 300 watt dan teganggan inputnya 24 volt, sehingga selesai saya modifikasi, dan  sedikit dengan cara menggati beberapa komponen, hingga menjadi mono 600 watt dengan tegangan inputnya 60 volt.

Power amplifier, modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt

Sebelum saya memodifikasi beberapa komponen power amplifier ini, pada saat dihidupkan dan memainkan sejumlah music yang bertema RNB atau lagu yang lainya,dan dengan volume masih di angka 50% mengunakan dua buah speaker 12 inchi, transistor akhir sudah cukup panas padahal baru beberapa menit, dengan teganggan input masih 24 volt maksimal yang tertulis di papan PCBnya.

Modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt


Nah, akibat panas yang berlebihan dan suaranya juga belum begitu mengelegar, saya berinisiatif untuk memodifikasi power amplifier ini, sambil berexperimen untuk mendapatkan hasil yang lumayan mantap menurut saya. Sesudah saya modifikasi power amplifier ini, dengan menganti beberapa komponen, dari transistor, kapasitor, resistor dan memberi sedikit kabel sebagai jamper di bagian transistor penguat akhir.

Transformator power amplifier ini sebelumnya hanya berdaya 24 volt 5 amper saja, dengan kapasitor penyaring (filter) 4 buat 4300 nf 35 volt, transistor sebelumnya BD140 dan pasangannya BD139, begitu juga resistor pertama 10 K dan resistor kedua di akhir penguat driver 330 Ohm di bagian terakhir driver.

Kemudian saya ganti semua dari tranformator, kapasitor, resistor menjadi :
  1. Tranformator menjadi 10 amper 47 volt CT dari 5 ampere 24 volt CT
  2. Resitor SRS 82 R 3 buah dari 330 Ohm
  3. Resistor 56 K 1 Buah dari resistor sebelumnya 10 K
  4. Kapasitor Filter 4 buah 10000 nf 80 volt dari kapasitor sebelunya 4300 nf 35 volt
  5. Dibawah ini gambar komponen di pcb yang di ganti :
Power amplifier, modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt

Yang terakhir yaitu kabel jamper di bagian bawah PCB power ampli ini, sebagai penghubung agar ke empat transistor sebelah kanan bekerja dan hingga menaikan qutput dari power ampli ini. karna kit driver yang di sebelah kanan tidak saya pakai lagi, yang di pakai hanya transistor akhir saja.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Power amplifier, modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt

Berikut di bawah ini video modifikasi atau upgrade dari 300 watt menjadi 600 wat, selamat menonton dan semoga bermanfaat :



Hanya ini yang dapat saya bagi pada teman – teman pembaca semua tentang power amplifier, modifikasi stereo 300 watt menjadi mono 600 watt mudah –mudahan bermamfaat buat anda,dan juga buat semua orang. Jagan lupa bagikan juga artikel satu ini ke pada teman –teman dekat anda melalui fb,twit masih banyak lagi. Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi.

Subscribe to receive free email updates: