BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara Membuat Charger Sederhana Baterai 3 Volt, Tanpa Menggunakan Trafo UPDOWN

Assalamualaikum wr wb ! pembaca setia saifulcomelektronik.com sebelumnya sudah saya posting berbagai cara bagaimana membuat charger baterai, tetapi masih menggunakan trafo sebagai pengubah daya AC ke DC, tentu charger yang masih menggunakan trafo tidak begitu menarik.

Namun, dalam posting kali ini berbeda lagi charger tampa menggunakan trafo. Lebih lengkapnya Cara membuat charger sederhana baterai 3 volt tanpa menggunakan trafo. Mau tahu bagaimana caranya ? simak selengkapnya,……

Cara Membuat Charger Sederhana Baterai 3 Volt, Tanpa Menggunakan Trafo UPDOWN

Perhatikan gambar di atas, komponen yang di butuhkan dalam pembuatan charger tampa menggunakan trafo ini cukup sederhana dan simple, hanya terdapat 8 buah komponen, sebagaimana jelasnya pada gambar.

Delapan komponen tersebut, apa bila disusun (di rakit), maka akan menjadi  sebuah charger sedernaha tampa harus menggunakan trafo. yang dapat kita gunakan sebagai kebutuhan untuk mengecas batrai AA 1.5 Volt. Maupun baterai yang lainnya.

Seperti baterai aki sepeda motor, namun pastinya komponen pada charger AKI akan berbeda, karena daya dari baterai aki itu 12 volt. Namun Akan saya bahas di postingan berikutnya  cara membuat charger 12 volt tampa trafo juga.

Komponen dan alat di butuhkan dalam membuat charger 3 volt ini

Nah, komponen yang di butuhkan untuk membuat charger ini sangat simple dan sederhana sekali, seperti yang saya jelaskan di atas tadi, hanya mengunakan 8 buah komponen, apa aja ? ada di bawah ini.
  • 4 buah diode
  • 2 buah Resistor
  • Led
  • Kapasitor Bipolar
Kedelapan komponen tersebut akan menjadi  3 bagian, sehingga menjadi alat  sebuah alat elektronik yaitu charger tanpa trafo.

Cara Membuat Charger Sederhana Baterai 3 Volt, Tanpa Menggunakan Trafo UPDOWN
  • Bagian yang pertama adalah menurunkan arus listrik PLN dari 220 volt ke 5 volt, fungsi dari kapasitor bipolar dan satu buah resistor,
  • Bagian yang ke dua adalah bagian penyearah arus listrik 5 volt AC, menjadi 5 volt DC fungsi dari dioda
  • Bagian terakhir adalah sebagai indicator, fungsi dari LED dan satu buah resistor sebagai indicator tersebut
Proses perakitan

Untuk peroses perakitan membuat charger ini cukup sederhana dan gampang, anda tinggal menggikuti skema di bawah ini.

Namun kekurangan dari charger ini adalah kita harus berhati – hati pada saat akan mengecas baterai dengan alat ini, karna alat ini terhubung langsung dengan PLN 220 volt, meskipun tengangannya sudah di turunkan menjadi 5 volt, tetapi masih  dapat nyetrum.

Tidak sama dengan charger yang menggunakan trafo, yang dapat di pengang oleh tangan qutput dari charget itu sendiri.

Cara Membuat Charger Sederhana Baterai 3 Volt, Tanpa Menggunakan Trafo UPDOWN

Apa bila sudah selesai merakitnya, maka alat tersebut sudah bisa di gunakan sebagai pengecas baterai 3 volt di rumah anda atau pun baterai AA 1.5 volt, seperti gambar di bawah ini yang sudah selesai saya rakit dan saya mencoba mengecas baterai 3 volt. namun charger ini, apa bila di ukur qutputnya menggunakan AVO akan menunjukan angka 300.1 v mili Apere. sama berarti 3 volt.

Cara Membuat Charger Sederhana Baterai 3 Volt, Tanpa Menggunakan Trafo UPDOWN

Penutup 

Mudah bukan cara membuat charger sederhana baterai 3 volt , Tanpa menggunakan trafo ini ? sampai disini dulu yang dapat saya shering ke pada anda semua, semoga apa yang ada di artikel ini bermanfaat buat anda dan juga bermanfaat buat semu orang.  nantikan juga tips and trik berikutnya hanya di www.saifulcomelektronik.com

Type above and press Enter to search.