Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

- Advertisement -
1. Pertama buka dulu TV LCD yang rusak tersebut dari casingnya menggunakan obeng yang sudah disediakan sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah ini LCD TV yang sudah saya buka.

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

2. Buka LCD TV tersebut menggunakan obeng yang sudah di siapkan sebelumnya, seperti gamabr di bawah ini.

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

3. Setelah membuka LCD dan mengambil Lampunya, saatnya anda membuka lampu LED 5 watt yang sudah anda siapkan sebelumnya. Ambil LEDnya saja menggunakan solder UAP. Kemudian rakit secara SERI seperti gambar di bawah ini.  Dan jangan lupa perhatikan positif dan negative dari LED itu sendiri.

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

4. Sesudah selesai merakit seperti gambar diatas, masukan LED tersebut kedalam kasing Lampu LCD sebelumnya, Bersamaan dengan lampu NEON LCD tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini,…

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

5. Sesudah itu, pasang Lampu LED ke LCD seperti biasa. Nah, komponen pada lampu LED 5 watt jangan di buang, karna akan di pakai sebagai sumber daya untuk menghidupkan LED, sebagai pencahayaan LCD TV itu sendiri agar gambarnya terlihat kembali dengan adanya LED tersebut dalam LCD. Sebagai driver LED membutuhkan saklar Elektronik yaitu RELAY dan satu buah transistor. Perhatikan gambar di bawah ini.

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

6. Untuk membuat saklar Elektroniknya, Perhatikan skema di bawah ini untuk membuat driver lampu LED yang ada dalam LCD, yang baru di modifikasi sebagai pengganti Backlish LCD itu sendiri. Jika tidak ada driver maka lampu LED yang ada di dalam LCD tersebut akan menyala terus, adanya driver ini maka lampu LED  akan ikut mati pada saat kita menekan tombol ON/OFF pada remot mau pun tombol ON/OFF pada TV LCD itu sendiri.

Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD

Setelah selesai semuanya saatnya pengujian, hidupkan LCD lihat hasilnya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat video di bawah ini.  Berdurasi 30 menit lebih, cara mengganti lampu LCD dengan menggunakan lampu LED 5 watt.


Sampai disini dulu yang dapat saya bagi kepada anda semua kiranya dapat bermanfaat apa yang ada di artikel yang satu ini Cara memperbaiki TV LCD yang mati menggunakan lampu LED 5 watt, Dan tak lupa pula saya ucapakan trima kasih telah membaca dan berkujung ke website saya yang sederhana. Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Proses perakitan Lampu LED 5 watt agar bisa menjadi pengganti Lampu LCD"

  1. Assalamu'alaikum wr wb met siang gan mau tanya ni.saya punya tv led polytron 32inchi type PLD32D900.trs kalo di nyalain suaranya nirmal.tapi gambarnya gelap.tapu kalo di senterin gambar ada jelas.trs kalo senternya di matiin gambarnya kembali gelap.terus kira2 ke rusakan ada di baggian apa ya gan.mohon petunjuknya.makasi se belumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam gan : Maaf Baru bisa balas, sebelumnya saya berttrima kasih karna anda telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke website saya yang sedrhana ini S P C E. com.

      JIka kasus seperti itu ada dua kerusakannya gan. yaitu :

      1. komponen inverter ada yang rusak.
      2. Lampu Led Mati

      Solusinya ya di ganti gan, terimaksih

      Delete
  2. Assalamu'alaikum wr wb met pagi menjelang siang gan.mau tanya ni saya punya tv led polytron 32inchi type PLD32D900.suara normal tapi gambarnya gelap.terus kalo di senteriin gambar normal.terus kalo senternya di matiin gambarnya kembali gelap.kira2 kerusakan di bagian apa ya gan.mohon petunjuknya makasih se belumnya.

    ReplyDelete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.