BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik sederhana

S P C E.com Assalamualaikum wr wb ! apa kabarnya sahabat pembaca setia saifulcomelektronik.com pada kesmepatan kali ? Dan dalam kesempatan kali ini juga saya akan mencoba berbagi kepada kalian pembaca setia S P C E. yaitu modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik yang sederhana. Nah, Sebelumnya, lampu emergency ini saya beli dari toko penjual lampu listrik di tempat saya tinggal yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya sendiri, dengan kisaran harga tidak terlalu mahal yaitu Rp. 85000,-. Seperti apa lampunya ? Persisnya perhatikan gambar di bawah ini.


Lampu emergency yang saya beli ini mempunyai remot control, fungsi remote tersebut hanyalah untuk mematikan dan menghidupkan LED di dalam lampu emergency tersebut, itupun jika lampu PLN mati maka LED pada lampu tersebut akan menyala otomatis, apa bila jika sudah menggeser saklar on/off ke posisi kanan yang terdapat pada lampu EMERGENCY itu sendiri, Maka lampu LED pada Emergency tersebut dapat di control menggunakan remote on/off, tetapi bukan untuk mematikan lampu yang ada di tengah lampu emergency yang terhubung langsung dengan arus PLN yaitu 220 volt.

Sahabat pembaca S P C E, Tentunya anda penasaran, bagaimana cara modifikasi lampu emergency ini menjadi saklar remot LISTRIK ? karna sebelumnya lampu ini hanya bisa mematikan ARUS DC pada LED menggunakan remote control yang terdapat pada Lampu Emergency Kawachi ini. Mau tahu Cara modifikasi agar menjadi saklar remot listrik ? simak selengkapnya di bawah ini,….

Cara Modifikasi Lampu Emergency Kawachi Menjadi Remot Saklar Listrik

Tentunya untuk memodifikasi lampu emergency ini, lampu emergency ini harus di lucuti dulu, artinya harus di buka dulu chasing lampu ini satu persatu dan yang kita pakai hanya komponennya saja. Perhatikan gambar komponen di bawah ini, lampu emergency kawachi yang sudah saya lucuti dari casing lampu Emergancy tersebut.


Dalam memodifikasi lampu emergency kawachi ini, ada beberapa tambahan komponen agar bisa menjadi saklat listrik, yaitu ada 4 komponen yang perlu di tambahkan ke komponen lampu emergency. Apa aja komponenya berikut di bawah ini :

1. Transistor PNP D313
2. Diode
3. Resistor 100 Ohm
4. Relay  JZG-22nF

Ke 4 komponen di atas sangat mudah di dapatkan di pasaran, kemudian untuk proses perakitan ke empat komponen tersebut sangat sederhana, anda tinggal mengikuti skema di bawah ini yang saya buat sendiri sesederhana mungkin.


Setelah tahap prakitan komponen selesai seperti gambar skema di atas, saatnya proses pengujian. Apakah lampu listrik dapat hidup dan mati pada saat menekan remote lampu tersebut ? jika tidak coba priksa lagi sambungan komponen – komponen yang di rakit.

Nah, perhatikan gambar di bawah ini hasil dari modifikasi yang saya lakukan, dalam memodifikasi lampu emergency dari kawachi ini menjadi saklar lampu listrik. Pada saat saya menekan tombol ON pada remot maka lampu neon yang saya pasang akan menyala, begitu juga sebaliknya. Selengkapnya ada pada gambar di bawah ini :


Perhatikan gambar di bawah ini, pada saat saya menekan tombol OFF pada remote lampu neon yang saya pakai dalam experiment ini mati.


Nah, sahabat pembaca setia S P C E mudah bukan cara memodifikasinya ? tujuan saya untuk memodifikasi hal ini adalah untuk memudahkan saya menghidukan lampu listrik di kamar oprek – oprek saya tampa harus mencari saklar di dinding. Kemudian saya shering ke pada anda lewat website blog saya yang sederhana ini.

Dengan adanya alat saklar remot ini saya tinggal memencet tombol on/off pada remote control, nyala thu lampu di kamar reparasi saya. Jika di beli alat seperti ini tentunya harganya sekitar iya ± Rp. 400.000,-. Namun bermodal modifikasi Rp. 85.000,- irit 90%,….

Berikut dibawah ini video Modifikasi lampu Emergency yang sudah saya siapkan untuk para pembaca setia S P  C E.com Selamat mononton :



Demikian dulu yang dapat saya shering tentang Modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik sederhana semoga apa yang saya shering ini bermanfaat buat teman – teman pembaca setia S P C E dan bermanfaat juga buat semua orang. Nah, nantikan artikel – artikel menarik lainnya hanya di www.saifulcomelektronik.com

Comments28

  1. Boss, kalau pemakaian relainya diganti sama modul lc 1Relai 5v. paraler sama output led bisa ga, biar lebih simple, dan mudah dirakit lagi, mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di pakai ic sebagai relainya, tentunya tidak bisa untuk 220 volt mas, Ini saya modifikasi agar bisa menghidupkan lampu 220 volt ac, makanya saya tambahkan beberapa komponen untuk menghidupakan lampu tersebut mas.

      Rangkaian yang lain atau komponen bawaan dari lampu EMERGENCY tersebut masih tetap saya gunakan.

      Terima kasih telah berkunjung ke website saya yang sederhana ini.

      Delete
    2. Websitenya ok banget,saya sering liat kesini, top dech
      maksudnya bukan ic, tapi LC, modul relay 1 saklar ada regulasinya, zener dan transistor penguat relay 5v, bentuknya kecil juga, kalau bisa saya mau pasang diruang keluarga, biar lampu tengah sama dikendalikan oleh remote, saya kurang tau keluaran powernya led berapa volt, zenernya untuk 5v

      Delete
  2. wah makasih banget atas infonya gan,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sama - sama ! trima kasih juga agan telah berkunjung je website saya yang sederhana ini,...

      Delete
  3. Mas, saya ada lampu emergency serupa diatas, sayangnya remotenya rusak, saya ingin menambahkan saklar manual pengganti remote untuk led nya namun dengan system charge yang tetap nyala/on, seperti ketika menggunakan remote system on walaupun led dimatikan
    Bagaimana caranya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambungkan kabel baterai ke LEDnya langsung mas, tanpa harus melalui komponen lagi

      Delete
  4. mas ipul mo nanya nih kalo dari LED charger mao di buat langsung pake stop kontak lansung tanpa charger gimana ?karna batrenya rusak bagi ilmunya ya mas , terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal sambungin pin positif dan negatik ke lednya mas, jadi deh,...

      Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentarnya di website saya yang sederhana ini

      Delete
  5. Saya punya lampu sejenis dengan remote yang bisa memakai remote universal, termasuk remote tv & ac. Masalahnya sensor di lampunya terlalu sensitif, ganti channel tv atau stel ac lampunya kepengaruh juga, walaupun remotenya ngga diarahin ke lampunya. Ada ide ngga buat ngurangi sensitifitas receiver remotenya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti aja sensor pada lampu tersebut mas, atau setting lampu tersebut tidak usah memakai remot apa aja, semisal set lampu tersebut dengan satu remote saja

      Delete
    2. Haduh, ini yang ngga tau caranya mas....

      Delete
  6. punyaku ic nya meledak..bleh tw brp ya no ic nya ..mnta bntuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa meledak ? Arus yang di butuhkan untuk IC sensor cuma 3 sampai 4 Volt gan jangan lebih, jika lebih ya meledak lah. Untuk No IC kayaknya banyak tipenya gan tipe ic yang ada di artkel ini atau video Di atas adalah saya lupa

      Delete
    2. sya jg gg ngrti jeg tba" mledk ..pke yg NE555 gg mau bang ....brpa ya no nya .

      Delete
    3. lihat ic yang meledak tersebut berapa no serinya gan,...atau cari di i nternet dengan merek yang sama dengan punya anda tipenya

      Delete
  7. Dear mas saiful.
    Saya ada lamp emergency seperti yang mas pakai, Namun kondisi rusak karena kutup positif batery karatan. Mau tanya apa type battery pengganti yang mudah didapat dipasaran? Apakah battery dari bongkaran battery laptop (1865/18650) bisa dipakai ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Baterai Seperti ini banyak di jual di pasaran gan, namun mengenai type baterai sya juga kurang paham gan. nah jika anda ingin mengganti baterai lampu emergency dengan batrai laptop bisa juga gan, tinggal buka aja casing baterai kaptop tersebut kemudian susun kembali, baterai laptom sama dengan batrai AA,....

      Saya raja jika anda ingin memodifikasi seperti pada artikel ini saya rasa baterai tersebut di ganti aja dengan adaptor, karna di artikel atau di video saya tidak menggantinya karna kemarin belum ada adaptornya,....

      Delete
  8. This post is discussing a very important matter. I appreciate you dear author for such a valuable content you have shared with us here. I feel greatly delighted because I have found myself being part of this interactive platform. Thank you for the good message. I will keep on visiting to see the future posts.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I also thank agan who had left to visit and comment on my blog web humble

      Delete
  9. mas, setelah dimodif begitu, apakah kalau PLN mati lampu emergensinya masih menyala otomatis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lagi gan ! ini saya modifikasi layaknya saklar listrik 220 volt gan, nah untuk led sudah saya matikan artinya harus di matikan jika di modifikasi sperti ini

      Delete
  10. gan, IC nya lampu remote yg agan apa ya typenya? punyaku di hapus namanya, mau cari datasheetnya spy bisa modif juga, tx gan...

    ReplyDelete
  11. Salam. Mas Ipul, kl hasil rancangannya dijual kah? Krn sy perlu utk ayah saya yg lumpuh (fitting lampu dg remote, tanpa perlu led nya). Atau harus cari dimana. Trkh. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga gan ! untuk rancangan saya hanya ber experiment gan, untuk modifikasi saja. saya prihatin atas yang di alami oleh orang tua anda semoga cepat sembuh dari drita yang di alami ayah andanya.

      anda juga bisa membuatnya tinggal membeli lampu emergacy di kota anda kemudian ikuti tips di artikel ini gan

      Delete
  12. Haloo mas,bgmna cara nyambungin 4 komponen yg mau di tambahin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti saja skema yang ada gan atau tonton video yang ada, mudah udahan bisa membantu

      Delete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.