BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

S P C E.com – Dalam kesempatan kali ini dan dalam artikel ini juga , saya akan sedikit berbagi kepada anda para pembaca setia saifulcomelektronik.com, adapun yang akan saya shering atau saya bagi kepada anda dalam artikel yang singkat ini adalah cara Membuat Joule Voltage Thief sederhana, dengan Input 3 sd 12 volt maka akan mengeluarkan Output sebesar 220 sd 100 vlot. Nah,mengenai Joule Voltage thief Saya rasa anda sudah tahu jika anda sedikit mengenal dengan dunia elektronika. Joule voltage thief adalah merupakan alat elektronika untuk merubah teganggan rendah ke teganggan tinggi seperti UPS. Berikut gambar joule voltage thief yang saya buat dengan menggunakan beberapa komponen yang cukup sederhana.

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

Komponen dalam membuat joule ini banyak dijual dipasaran, Jika anda ingin membuat alat ini, Anda tinggal membelinya di toko – toko elektronik tersebut dimana yang terdekat di tempat anda tinggal.  Adapun komponen yang  digunakan dalam joule voltage thief ini adalah.
1. Trafo toroid atau sering di sebut trafo donat, karna bentunya bulat seperti donat,
2. Transistor NPN dengan Tipe C3460
3. Resistor 100 Ohm 5 Watt
4. Dioda
5. Baterai
6. Kabel secukupnya
Jika semua komponen di atas sudah lengkap saatnya dalam proses perakitannya. Nah, Joule voltage ini tentunya bisa di manfaatkan sebagai lampu emergency, jika listrik dari PLN mati, Maka joule votage ini bisa menerangi suasana kegelapan Anda pada saat lampu PLN mati tersebut.

Membuat joule voltage thief ini sangat mudah, Namun membutuhkan ketelitian dalam pembuatannya atau dalam perakitanya, yang perlu di perhatikan dalam membuat joule voltage ini agar berhasil adalah perhatikan ke tiga kaki dari transistor itu sendiri, mana Basis, Kolektor dan Emitor jangan sempat terbalik. Jika sempat terbalik maka akan tidak berhasil dalam membuat Joule Voltage Thief ini.

Nah, Hasil jadinya yang sudah saya buat, Berikut di bawah ini gambar joule voltage dengan input sebesar 3 volt, dapat menghidupkan  lampu LED  5 watt, meskipun cahanya tidak begitu terang namun dapat hidup. Lampu LED 5 watt tersebut jika di hubungkan langsung ke baterai AA 3 volt tentunya LED tersebut tidak dapat hidup. Lain hal jika telah melewati rangkaian joule ini, LED 5 dapat hidup.

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

Dan Lampu LED 5 watt Tersebut sangat menyala teranga, apa bila di beri teganggan kepada input rangkaian joule lebih dari 3 Volt, seperti gambar di bawah ini, Joule Voltage di beri teganggan sebesar 12 volt, LED 5 watt tersebut menyala dengan terang. Tentunya inipun jika lampu LED tersebut di hubungkan secara langsung ke baterai aki 12 volt pastinya LED tersebut tidak dapat hidup. Berikut gambarnya di bawah ini.

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot
Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

Sebagai pembangkit teganggan tinggi dari rangkaian joule ini, saya menggunakan trafo toroid outputnya sebesar 15 volt CT dan inputnya 220 Volt. atau trafo ini di kenal dengan nama trafo donat. Nah, dalam rangkaian joule ini, trafo tersebut saya balik Input PLNnya di jadikan sebagai Output dan sebaliknya Output 15 Volt sebagai input. Fungsi dari Trafo ini bertugas untuk mengubah atau membangkitkan tegangan tinggi. Berikut di bawah ini, gambar trafo toroid tersebut.

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

Kemudian dibagian rangkaian Joule ini yaitu bertugas untuk mengubah arus DC menjadi AC dalam trafo tersebut, setelah arus DC dirubah ke AC dan input dari rangkaian ini telah di hubungkan dengan 15 volt CT atau (Primery) maka di 220 Volt (Skundery) akan keluar arus yang cukup besar yaitu 200 sd 100 volt. Berikut di bawah ini Rangkaian Joule yang sudah saya siapkan, sederhana dan mudah di pahami meskipun anda bukan seorang elektronik yang ahli.

Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot

Atau Anda bisa mendowload rangkaian Joule Voltage Thife ini DISINI dengan format file.dhc, rangkaian ini saya buat mengunakan aplikasi DipTrace, tentunya rangkain tersebut baru bisa di buka dengan aplkasi tersebut.

Demikian dulu yang dapat saya bagi dikesempatan kali ini yaitu Membuat Joule Voltage Thief sederhana, Input 3 sd 12 volt, Output 220 sd 100 vlot, semoga artikel sederhana in ibermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang.
Baca Artikel Berikutnya

Comments2

  1. maaf pak, apakah alat ini ada dijual ? sebab saya berminat, mohon infonya ya, terimakasih

    ReplyDelete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.