BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

S P C E.com : Jika kamu ingin menghubungkan laptop ke TV atau monitor, lubang port yang paling umum digunakan adalah HDMI. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan port lain seperti DisplayPort, DVI, Thunderbolt, MHL, dan VGA. Sejatinya fungsinya kurang lebih sama, yakni untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Jadi, apa yang membedakannya ? Ya, lebih dari sekedar kualitas video. Berikut ini ulasan perbedaan antara HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL!

Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

1. VGA

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

VGA singkatan dari Video Graphics Array, yakni sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.

Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA merupakan port paling tertua dan sudah tidak dikembangkan lagi, tapi masih ditemukan pada beberapa PC.

2. DVI

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Digital Visual Interface (DVI) bisa dibilang versi lanjutan dari VGA. Bedanya jika VGA masih analog, DVI sudah digital. Konektor ini diciptakan oleh Digital Display Working Group pada tahun 1999 dengan 29 pin.

DVI dapat menghantarkan video secara digital dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200) @60 Hz melalui single link dan WQXGA (2560x1600) @60 Hz via dual link. Selain itu, DVI juga mendukung output video analog yang kompatibel menggunakan adaptor.

3. DisplayPort

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Diluncurkan pada tahun 2006, DisplayPort digunakan untuk multi-monitor. Biasanya dibutuhkan oleh seorang desainer, programmer, atau mereka yang bekerja multitaksing dengan beberapa monitor.

Jika VGA dan DVI sudah hampir punah, DisplayPort masih dikembangkan. Versi terbaru adalah DisplayPort 1.4 yang mendukung HDR dan keluran video hingga 8K. Nvida GeForce GTX 1080 adalah kartu grafis pertama di dunia yang mendukung fitur DisplayPort 1.4.

4. HDMI

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

HDMI adalah koneksi audio/video digital tanpa kompresi. HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal.

Konektor HDMI Tipe A standar, mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum.

Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1.080 p.

HDMI Tipe A cocok juga dengan Digital Visual Interface (DVI-D) hubungan tunggal yang digunakan pada monitor komputer modern dan kartu grafik.

5. Thunderbolt

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Thunderbolt pada mulanya dikembangkan oleh Intel. Namun setelah menjalin kerja sama dengan Apple. Thunderbolt muncul ke pasaran untuk pertama kalinya melalui MacBook Pro. Thunderbolt yang didasari oleh arsitektur PCI Express serta DisplayPort ini menggabungkan data, video, dan audio dalam satu koneksi.

Berkat gabungan dua arsitektur tersebut, perpindahan data Thunderbolt sangat cepat, yakni hingga 10 Gbps, 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, 12 kali lebih cepat dari Firewire 800, dan 2 kali lebih cepat dari USB 3.0.

6. MHL

Tahukah Kamu ? Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Mobile High-Definition Link adalah sebuah antarmuka yang dibuat untuk perangkat portabel termasuk ponsel. MHL dapat dianggap sebagai versi spin-off dari HDMI. MHL 3 punya dukungan untuk video 4K 30fps dengan HDCP 2.2 dan surround audio 7.1.

Pada perangkat seluler, HML menggunakan port micro-USB 2.0 untuk menghubungkan ke perangkat display menggunakan MHL ke HDMI adapter. Versi terbaru, superMHL, menambahkan dukungan untuk video 8K di 120fps, Dolby Atmos, HDR, dan lainnya.

Itulah perbedaan dari port koneksi HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL. Port dan VGA sudah tidak mencukupi dengan teknologi digital saat ini. Buat kamu yang ingin mengunakan monitor 4K, pastikan memiliki port HDMI dan DisplayPort. Bagaimana pendapat kamu? Share ya di kolom ini!

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.