Bingung Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit ? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu

- Advertisement -
S P C E.com : Memilih sebuah OS yang tepat untuk sistem komputer kita merupakan hal yang sangat penting. Dengan mempergunakan OS yang tepat, tentu sistem komputer kita dapat berjalan dengan baik secara optimal. Namun apabila kita memilih OS yang salah, bukan tidak mungkin malah berdampak buruk untuk sistem komputer kita.

Bingung Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit ? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu

Seperti salah satunya dalam penentuan antara OS 32 bit dan 64 bit. Nah, agar kamu tidak salah memilih versi bit yang cocok untuk komputer kamu, sebaiknya kamu baca artikel yang satu ini terlebih dahulu yang spce.com sajikan untuk pembaca setia.

Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit

Dalam menentukan sebuah OS yang cocok untuk komputer kita, kerap kali bit menjadi sebuah pertimbangan yang cukup membingungkan. Pasalnya, bukan tidak mungkin sebuah komputer dapat berjalan baik mempergunakan OS 32 bit ataupun 64 bit. Namun manakah yang lebih baik?

Nah, daripada kamu bingung, sebaiknya simak deh 5 hal penting ini, perlu diperhatikan saat menentukan bit OS mana yang cocok pada sistem komputer kamu. Berikut 5 hal penting tersebut.

1. Apa Perbedaan OS 32 Bit dan 64 Bit?

Hal pertama yang kamu perlu tahu untuk menentukan bit OS yang cocok pada komputer kamu tentu perbedaan dari pilihan bit OS itu sendiri. Secara garis besar, perbedaannya adalah pada angka kalkulasi per detik yang bisa dilakukannya. Tentunya hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap performa sistem komputer kamu.

Bingung Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit ? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu

Untuk lebih lanjut detailnya seperti apa, Kalau kamu masih bingung, mungkin sebagai tambahan, kamu juga bisa menyimak video berikut. Video ini akan mencoba memberikan penjelasan mengenai perbedaan dasar 32 bit dan 64 bit secara singkat.


2. Apakah Sistem Saya Mendukung OS 64 Bit?

Lalu hal yang perlu kamu ketahui, apakah sistem komputer kamu mendukung OS 64 bit. Contohnya apabila kamu mempergunakan sistem komputer dengan prosesor yang masih 32 bit, tentunya hal ini akan mengharuskan kamu mempergunakan OS 32 bit. Namun kalau kamu mempergunakan prosesor 64 bit, kamu sudah dapat memilih, ingin memakai OS 32 bit atau 64 bit.

Atau apabila ternyata kamu mempergunakan sebuah komputer tua, tentunya kamu harus berpikir ulang untuk memakai OS 64 bit. Pasalnya bukan tidak mungkin driver-driver yang diperuntukkan pada sistem komputer kamu tidak akan memberikan dukungan 64 bit.

3. Berapa Jumlah RAM yang Kamu Butuhkan?

Hal berikut yang perlu kamu ketahui, berapa jumlah RAM yang kamu butuhkan? Namun sebelum lebih jauh, sudahkah kamu tahu RAM itu apa? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, berfungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara dengan kecepatan tinggi serta digunakan untuk file sistem.

Keterkaitan pada penentuan bit OS yaitu karena OS 32 bit hanya bisa untuk maksimal RAM dengan ukuran 4 GB saja, sementara 64 bit bisa hingga 16 miliar GB (tergantung versi OS yang kamu pakai). Apabila kamu ingin mempergunakan RAM di atas 4 GB, tentunya kamu harus mempertimbangkan untuk mempergunakan OS 64 bit.

4. Apa Keunggulan OS 64 Bit?

Hal selanjutnya adalah keunggulan yang ditawarkan oleh OS 64 bit. Seperti contohnya dengan mempergunakan OS 64 bit, software-software kamu yang berat akan berjalan jauh lebih ringan, multitasking juga jauh lebih baik jika menggunakan OS 64 bit.

Untuk lebih detailnya seperti apa, kamu bisa simak dalam video berikut. Video ini akan memberikan kamu penjelasan detail mengenai perbedaan performa yang kamu dapatkan saat mempergunakan OS 32 bit dan OS 64 bit.


5. Kesimpulan, OS 64 Bit atau 32 Bit?

Setelah melihat beberapa hal di atas, kamu pasti bisa mengambil beberapa kesimpulan seperti poin-poin berikut.
  • Apabila kamu memakai prosesor yang sudah mendukung 64 bit, mempergunakan OS 64 bit akan membuat kinerja prosesor kamu jauh lebih maksimal.
  • Apabila RAM kamu di atas 4 GB, tentu wajib untuk kamu memakai OS 64 bit. Jika tidak, nantinya RAM kamu hanya akan terbaca sebesar 4 GB saja.
  • Pastikan dukungan driver untuk sistem komputer kamu sudah mendukung 64 bit. Jika tidak, nantinya sistem komputer kamu tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.
Demikian dulu artikel dari saya mengenai 5 hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan bit OS untuk komputer kamu. Semoga bermanfaat buat kamu ya! Jika kamu ada pertanyaan, silakan meninggalkannya di kolom komentar!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit ? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu"

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.