Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201 - S P C E.com

Breaking

logo

Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201

Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201

S P C E.com Assalamualaikum sahabat pembaca dimana pun berada ! Sebelumnya saifulcomeletronik.com telah membahas tentang Membuat Radio Pemancar FM 70 watt dan 3 Tips Memilih Headphone dan Headset Kali ini saya akan membahas artikel lebih keren lagi yaitu tentang Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201

Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201

Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201

H-201 tentunya anda penasaran apa itu ? adalah Headphone bermerek sehennheiser  dengan tipe H-201 yang saya beli dari www.lazada.co.id melalui pembelian online.

Sesudah barang sampai dirumah dikirim oleh pihak pengiriman  lazada.com langsung dech saya buka dan saya coba, hasilnya pada saat di coba ke mixer audio suaranya tidak begitu menendang telingga meskipun volume dari mixer sudah naik ke maximal. 

Suara dari H-201  sich bagus, treble, bass, midnya semua bagus, tapi kekurangannya suaranya tidak begitu menendang telingga saja alias tidak begitu keras.

Headphone H-201

Sesudah saya coba suara headphone tersebut tidak begitu nendang telingga,  ahirnya saya berpikir gimana caranya agar suaranya menjadi keras dan dapat menendang telingga pada saat mendengarkan music dengan headphone sehennheiser H-201.

Timbul inisiatif saya kemudian pergi ke toko elektronik untuk membeli sebuah amplifier mini sebagai tambahan untuk memperkuat suara dentuman dari headphone H-201 tersebut ke telingga. 

Dengan mengunakan tambahan amplifier mini tersebut sebagai penguat suara headphone sehennheiser H-201, suaranya menjadi lebih baik dan tentunya saya puas dengan suaranya.  harga amplifiernya sekitar ± Rp. 200.000

Amplifier WD-100A

Sesudah saya beli amplifier mininya, tidaklah bisa langsung maen colok aja ke headphone, saya harus memodifikasi dulu agar bisa di pakai sebagai driver headphone H-201 yang saya miliki. Sehinga suara yang di hasilkan oleh headphone atau headset tersebut bisa menedang telingga yang saya harapkan.

Cara Modifikasi

Nah di bawah ini akan saya ulas bagaimana cara memodifikasinya  agar bisa di pakai sebagai driver headphone :

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Jeck  microphone 2 buah stereo
  2. Charger 12 volt, (sebagai sumber daya untuk menghidupkan amplifier)
  3. Kapasitor 2 buah, (yaitu sebagai jamper keluaran dari amplifier ke jeck microphone tersebut)
  4. Timah solder
  5. Solder listrik
  6. Lem lilin (sebagai perekat kalo nanti di butuhkan)
Sesudah 6 Poin di atas  lengkap, selanjutnya peroses perakitan agar bisa di pakai sebagai driver pengeras suara headphone yang saya miliki.

Gambar

Perhatikan gambar dibawah berikut ini proses cara prakitannya atau modifikasinya amplifier sebagai driver headphone H-201 :


Ke tiga gambar di atas adalah gambar proses memodifikasi amplifier WD-100A yang saya miliki, mudah-mudahan dengan gambar tersebut dapat dimengerti oleh pembaca sebagaimana modifikasi yang saya lakukan.

Modifikasi amplifier mini tipe WD – 100 A untuk keperluan driver headphone saya, akhirnya kualitas suara yang di hasilkan H-201 suaranya menjadi lebih mantaf seperti suara yang saya inginkan sebelumnya. 

Penutup

Sampai disini dulu yang dapat saya bagi buat teman-teman pembaca, semoga artikel Modifikasi ampl 200 watt PMPO sebagai driver Headset H-201 ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Selamat Mencoba,....