BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tips Cara Memperbaiki Swich Bor Listrik Yang Rusak

Tips Cara Memperbaiki Swich Bor Listrik Yang Rusak

Assalamu'alaikum wr wb ! Gambar diatas gambar bor beserta komponen yang ada di dalam bor listrik merek PROHEK. Di dalam bor listrik terdapat komponen - komponen seperti swith bor, batu arang, kumparan, kipas, dan yang lainya.

Di artikel ini bor yang saya gunakan mengalami kendala yaitu tidak mau berfungsi (berputar). Untuk memperbaiki masalah seperti ini, tahap yang pertama yang harus kita lakukan adalah mengukur kumparan bor listrik mengunakan multitester ataupun avometer.

Cara mengukur

Cara mengukur mengunakan avometer atau multitester tentunya sangat mudah Ukur dulu kabel listrik yang terhubung ke bor tersebut. 

Berikut beberapa point cara melakukan pengukuran untuk memperbaiki Swich Bor Yang Rusak :

  1. Tempelkan kabel berwarna merah dan hitam multitester pada kedua ujung kabel bor terlebih dahulu dan tekan swich pada bor listrik. Amati apakah jarum meter bergerak pada saat di ukur dengan avo meter atau tidak ?,...
  2. Apa bila jarum meter bergerak, dengan tahanan/ohm pada avo meter yang sudah di tentukan. Amati berapakah tahananya ?
  3. Nah, pada saat di ukur, apabila jarum meter bergerak dengan tahanan yang di tentukan, misal/contoh hasil ukur 16,6 ohm berarti kumparan bor tersebut masih bekerja atau masih bagus. apa bila tidak ada tahan sama sekali walaupun jarum avo meter bergerak, berati kumparan bor tersebut telah rusak atau SHOT( hubungan singkat ).
  4. Apa bila sama sekali tidak bergerak ? berarti ada masalah pada bor listrik itu sendiri, cara memperbaikinya.
  5. Buka bor tersebut mengunakan obeng, setelah terbuka lihat ke adaan di dalam bor itu sendiri, apa bila tidak ada kenapa-kenapa dan tidak ada bau hangus atau terbakar. namun dinamo bor tersebut tidak bekerja (tidak berputar) pada saat di beri sumberdaya, maka letak masalahnya pada swhit bor tersebut, bisa juga pada coll ( batu arang yang sudah habis ), atau sambungan kabel kurang baik.
  6. Apa bila terbakar ? Maka yang harus dilakukan adalah harus menganti kumparan kawat email pada bor listrik tersebut.
  7. Namun anda jangan kuwatir lain kali saya akan mengulas cara menggulung kawat email pada bor listrik.  namun sekarang kita bahas dulu cara memperbaiki swicht bor listrik.
  8. Apa bila swich tersebut sudah di pastikan rusak, maka ukur swich pada bor itu sendiri, dengan cara tempelkan kabel avo meter ke pin - pin swich pada bor listrik itu sendiri, apakan jarum avo meter bergerak menunjukan angka nol, berati swich tersebut bagus. apa bila tidak bergerak sama sekali berarti swich itu sudah rusak.
  9. Namun jangan di pastikan rusak dulu sebelum di buka swich tersebut. buka dulu swich tersebut apakah sudah rusak atau hanya karena kebanyakan debu di dalam swich bor itu sendiri. cara mengatasi swich tersebut saya sudah siapkan video cara memperbaikinya

Video 

Silakan lihat video di bawah ini cara mengatasi swicth yang rusak tersebut : Sebelum di tonton alangkah baiknya saya minta maaf terlebih dahulu, karna dalam video banyak kekurangan kata-kata saya tidak beraturan.



Penutup

Terima kasih telah membaca artikel yang singkat ini dan menonton video tentang Tips cara memperbaiki swich bor listrik yang rusak, semoga apa yang ada dalam artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat orang banyak. nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik lagi dan lebih keren lagi hanya di https://www.saifulcomelektronik.com/

Jika menurut pembaca masih ada kurang lengkap mengenai artikel ini bisa ditanyakan dan anda tambahkan pada kolom komentar yang sudah tersedia, atau bisa juga anda mengirimkan artikel kalian dengan cara Klik DISINI

Comments4

  1. Gan, kalau fungsi impact rusak, bisa diganti nggak?

    ReplyDelete
  2. Gan kalau saklar di tekan sedikit putaran bor langsung kencan ( seharusnya putaran lambat ) apanya yang rusak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti saja dengan saklar yang baru gan, karna karbon swich di dalam bor sudah haus gan

      Delete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.