Cara Baru Memperbaiki Aki Kering Air Aqua Sebagai Cairan Elektrolit

- Advertisement -
S P C E.com : Assalamu'alaikum wr wb !  pembaca setia saifulcomelektronik.com yang budiman dan teman – teman semua gimana kabarnya hari ini ? mudah – mudahan sehat walapiat tidak kurang satu apapun tentunya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi buat anda semua yaitu tentang Cara Baru Memperbaiki Aki Kering Air Aqua Sebagai Cairan Elektrolit. Gak Percaya ?,....

Cara baru Memperbaiki aki kering air aqua sebagai cairan elektrolit

Cara Baru Memperbaiki Aki Kering 

Para pembaca S P C E.com, di artikel ini saya melakukan experiment kecil2an yaitu memperbaiki aki kering, dimana aki ini adalah aki milik sepeda motor saya sendiri yang telah mulai soak alias arus sudah tidak bertenaga lagi, entah apa sebab dan akibat.

Nah, cara memperbaiki aki kering yang soak atau arus pada batterai aki kering tersebut berkurang derastis. di sebabkan karena ada elemen batterai tersebut yang sudah kering asam sulpatnya. meskipun namanya aki kering tapi di dalamnya ada cairan juga.

Sebenarnya memperbaiki aki  kering tersebut sangat mudah dan gampang sekali.

Akibat soaknya batterai aki kering di akibatkan oleh keringnya elektrolit pada baterai aki tersebut, di karnakan umur baterai sudah cukup lama. Biasanya pemakaian batterai aki kering bertahan selama 1 sampai 2 tahun lebih lamanya. selebihnya harus di charger atau di service.

Nah, silakan anda perhatikan gambar di atas ada satu air minum gelas pelastik. Apakah anda tau untuk apa ? taklain dan tak bukan adalah saya buat sebagai pengganti cairan elektrolit battrai  aki. Karna di tempat saya kebetulan cairan elektrolitnya sudah habis dan saya coba menggantinya dengan air aqua. 

Proses Cara Memperbaiki AKI Kering

Dalam poroses bagaimana memperbaiki aki kering yang sudah soak atau pun sudah mati total dan mengganti elektrolitnya dengan air biasa. Bahan yang di butuhkan berupa : 
  1. 1 buah aqua gelas
  2. Gergaji besi
  3. Solder listrik
  4. Charger aki
  5. Aki yang akan di perbaiki
Sesudah kelima poin di atas telah lengkap : ikuti langkah berikut peroses Memperbaiki aki kering air aqua sebagai cairan elektrolit.

  • Buka penutup battrai aki dengan mengunakan gergaji besi, lihat gambar di atas, aki yang sudah selesai saya potong mengunakan gergaji.
  • Sesudah selesai di membuka penutup aki dengan cara memotong menggunakan gergaji, besihkan batterai tersebut dari kotoran ampas gergaji sebersih mungkin.
  • Sesudah bersih, lihat apakah tembaga di dalam battrai aki ada yang putus, dan lihat juga apakah ada elemen battrai ada yang rusak atau gosong ? klo ada putus sambungkan mengunakan solder dan timah, klo elemen yang rusak terpaksa di ganti.
  • 3 poin di atas sudah selesai, tuangkan air aqua yang sudah di siapkan tadi, sebatas tembaga yang berada pada aki tersebut.
  • Ke 4 poin di atas sudah di lalui, sekarang pengecasan. cas baterai aki tersebut menggunakan charger aki, Tunggu sampai 6 jam, lebih lama lebih bagus tapi jangan terlalu lama. misal 24 jam itu terlalu.
  • Selesai dan selamat mencoba,…..

Video 

Selengkapnya saya sudah siapkan video singkat di bawah ini bagaimana saya melakukan cara memperbaiki dan mengganti elektrolit aki dengan air aqua :



Penutup 

Sampai disini dulu yang dapat shering Cara baru Memperbaiki aki kering air aqua sebagai cairan elektrolit semoga apa yang saya share ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang.

Apa bila ingin mendapatkan artikel baru scara gratis dari web blog sederhana ini, masukan email dan gmail anda pada subscript me dibawah artikel ini.

Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi dan apabila anda menyukai artikel ini silakan anda bagikan artikel ini ke teman - teman dekat anda melalu jejaring sosial seperti facebook, twitter, linkidin dan masih banyak yang anda punya.

Namun jika ada yang kurang silakan tambahkan di kolom komentar atau bisa juga dengan cara mengirim artikel ke blog web saya yang sederhana ini dengan cara Klik DISINI

Ingin menerima info menarik dari kami ?