3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan - S P C E.com

Breaking

logo

3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan

3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan

Assalamualaikum wr wb ! kembali lagi pagi ini saya akan memberikan sedikit 3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan anda, karna sebagian orang masih menggemari PC rakitan dari para PC buil-up. Nah, merakit PC bukan berarti perkara mudah apa bila satu prangkat saja kurang maka PC tersebut tidak bisa bekerja ( hidup ).

Didalam merakit PC rakitan yang pertama sekali harus anda perhatikan adalah motherboard, karna baik buruknya kinerja motherboardlah yang akan menentukan, agar anda tidak salah beli ikuti 3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan anda, di bawah ini :

Tip pertama bidik Processor yang diinginkan
Tentukan processor yang anda mau beli untuk anda gunakan, untuk menentukan “otak” akan sangat penting karena setelah itu, anda akan berhadapan dengan banyak sekali varian chipset motherboard, untuk jenis motherboard Cuma ada dua varian AMD dan Intel processor juga begitu Cuma ada dua jenis intel atau AMD. Processor akan menjadi senjata utama PC anda untuk menentukan kecepatan kinerja PC rakitan anda, namun motherboard pengendali semuanya apabila anda salah memilih motherboard maka processor cepat anda tidak berguna.

Tentu untuk inti (processor) pilihlah processor dengan socket yang tidak terlalu baru dan tak terlalu lama demi menjaga investasi pada PC rakitan idaman anda. Contohnya yang berada di tengah – tengah adalah ‘’ intel haswell ‘’ pada saat ini untuk segi kinerjanya beserta harganya. Setelah itu anda dapat memilih kecepatan clock speed processor yang anda mau, sesuaikan dengan dana yang ada pada anda.

Tips Pilihlah kedua, Pilih Chipset dengan kebutuhan anda
Nah, untuk tipe chipset Intel atau AMD anda akan banyak sekali menemukan model – model chipset pada saat anda mengunjungi toko untuk membeli sebuah motherboard yang anda idam-idamkan, dan perlu sekali anda ketahui bahwa chipset motherboard juga berpengaruh terhadap socket processor dan kinerja akhir dari PC anda beroperasi. Karna motherboard banyak sekali bentuk desainnya dan juga chipset yang berbeda.

Bila membingungkan, langkah pertama yang anda harus lakukan adalah kembali mengingat pada fungsi utama PC rakitan anda dan juga processor apa yang anda gunakan ?

Contoh simpelnya adalah apabila anda menggunakan processor intel Haswell, yang berseri H81, H87, H85 dan Z87 motherboard yang cocok untuk diduetkan. Chipset ini bisa dibilang belum ketinggalan jaman, dikarnakan cara kerja masih sangat diandalkan untuk bebrapa decade kedepan. Seri tertingginya adalah tipe Z fitur dan performanya lebih baik dari tipe H. jika kantong anda sesuai sebainya anda membeli saja motherboard seri chipset intel Z87.

Tips terakhir bedakan antara versi standar dengan versi revisi
Menurut saya, inilah tips yang paling penting dalam merakit PC idaman kita, karna banyak sekali orang yang belum tau dan paham sering sekali orang salah membeli motherboard yang dia idam-idamkan. Bebrapa produsen membuat lebih dari satu jenis motherboard. Dan mereka juga merilis versi revisinya namun merak yang sama.

Nah, versi revisi seharusnya merupakan perbaikan dari revisi setandar dan menawarkan versi yang lebih baik lagi, dengan tetapi tidak merubah harga.
Yang perlu anda ketahui dan waspadai versi revisi motherboard dapat dilihat dari segi bentuk dan desainnya yang sudah berbeda dari sebelumnya.

Nah, teman-teman pembaca setia saifulcomelektronik.com dimanapun berada semoga tips yang saya tulis ini di posting yang singkat ini dapat bermanfaat buat anda juga buat semua orang. Sampai disini dulu yang dapat saya bagi kepada anda tentang 3 tips memilih motherboard baru untuk PC rakitan. Apabila ingin berlangganan secara gratis silakan masukan email anda ke kotak RSS yang sudah saya sediakan di blog website yang sederhana ini. Dan juga dapat anda bagikan keteman – teman dekan anda melalui media social, facebook maupun twtter dan masih banyak lagi media sosial lainya.