News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membuat lampu emergency sederhana dari lampu neon yang sudah mati

Membuat lampu emergency sederhana dari lampu neon yang sudah mati

Selamat malam semuanya pembaca setia www.saifulcomelektronik.com kali ini saya akan berbagi lagi buat teman – teman setia saifulcomelektronik.com dimanapun berada, tentang cara membuat lampu emergency sederhana dari lampu neon yang sudah mati. Seperti gambar di bawah ini


Tentunya anda penasaran bagaimana bisa lampu neon yang sudah mati bisa di hidup kembali. Berikut ulasannya tentang apa yang terdapat di dalam lampu neon tersebut :

Lampu neon sumber cahaya yang artifisial, yang menghasilkan cahaya melalui gas yang terionisasi,. Sifat dari Lampu neon sangat tergantung pada frekuensi atau modulasi arus listriknya. Biasanya, lampu-lampu ini menggunakan gas mulia (argon, neon, kripton, dan xenon) atau campuran dari gas-gas tersebut. Sebagian besar lampu-lampu ini juga mengandung bahan-bahan tambahan, seperti merkuri, natrium, dan/atau halida logam. Dalam operasinya, gas mengalami ionisasi, dan selanjutnya elektron-elektron bebas yang dipercepat oleh medan listrik di dalam tabung bertabrakan dengan atom-atom dari gas dan logam.

Dan beberapa elektron yang mengelilingi atom-atom gas dan logam mengalami eksitasi akibat tabrakan ini, menyebabkan mereka pindah ke lokasi energi yang lebih tinggi. Ketika elektron jatuh kembali ke lokasinya semula, ia mengeluarkan foton, yang menimbulkan cahaya yang dapat dilihat atau radiasi ultraviolet. Radiasi ultraviolet diubah menjadi cahaya yang dapat dilihat melalui lapisan fluoresens, yang terdapat pada bagian dalam permukaan kaca lampu untuk beberapa jenis lampu. Lampu pendar mungkin adalah contoh lampu neon yang paling terkenal sekarang ini.

Lampu neon ini adalah lampu yang tahan lama dan memberikan efisiensi cahaya yang tinggi, namun lebih rumit untuk memproduksinya dan membutuhkan perangkat elektronik tertentu untuk menciptakan arus listrik yang sesuai untuk melalui gas yang disiapkan.

Nah, sedikit sudah jelaskan apa yang terdapat di dalam lampu neon ? ( dan gas yang terdapat pada lampu neon adalah berupa gas neon, makanya namanya lampu neon J ) Nah, gas neon tersebutlah yang akan kita nyalakan meskipun velamen yang ada di dalam tabung tersebut sudah putus. Mau tau caranya ?,….

Baik, agar lampu neon tersebut menyala lagi meskipun vilamenya sudah putus, hanya dengan cara membuat tegangan listrik extra tinggi agar gas neon pada lampu neon tersebut menyala kembali. Dan bisa di jadikan sebagai lampu emergency seperti gambar di atas. Dan bisa dingunakan pada saat PLN mati sebagai lampu emergency ruangan agar terang.

Cara pembuatanya dan alat beserta bahan sudah saya shering di artikel sebelumnya, untuk mengunjunginya silakan klik link berikut ini : Lampu neon yang matitotal hidup kembali dengan strum nyamuk 3 volt

Hanya ini yang dapat saya shering buat teman-teman semoga bermamfaat dan bermamfaat juga buat semua orang, Nah, apa bila anda menyukai artikel satu ini silakan anda bagikan ke teman-teman anda. Natikan juga artikel yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!