Tari saman, sebagai seni budaya tak benda milik dunia - S P C E.com

Breaking

logo

Tari saman, sebagai seni budaya tak benda milik dunia

Tari saman, sebagai seni budaya tak benda milik dunia

Hallo teman - teman semua pada hari sabtu berketepatan tanggal 1 maret 2015, desa kampung bacang kabupaten gayo lues tempat saya tinggal mengadakan seni budaya tari saman, tari saman itu adalah seni budaya tak benda milik dunia yang di sahkan unesco pada 24 november 2011 di bali

Tari saman, sebagai seni budaya tak benda milik dunia

Tahu kan teman - teman ?,....Makna dan fungsi dari tari saman ini. tari saman merupakan salah satu media dakwah. tarian ini mencerminkan pendidikan keagamaan, sopan santun, sepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukadimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemukat adat untuk mewakili masyarakat setempat, sebagai nasihat yang berguna kepada pemain dan juga penonton.

Dan di dalam tari saman tersebut terdapat syair dan lagu pengungkapannya secara bersamaan dan berkesinambungan. pemain juga terdiri dari para pria-pria yang masih muda dengan memakai pakayan adat yang bernama baju kerawang. penyajian tari saman tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara grup. penilayannya di titik beratkan pada kemampun masing-masing peserta tari saman ( grup ) dalam mengikuti gerak, tari dan lagu (syair) yang di sajikan oleh pihak masing-masing.

Taukah teman - teman juga ? didalam tari saman ini terdapat juga paduan suara tapi tidak mengunakan iringan alat musik, akan tetapi mengunakan suara dari para penari saman dan tepuk tagan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan juga menghempaskan badan ke berbagai arah. tari saman tersebut di pimpin oleh yang lazim disebut sebagai syekh. karena keseranganman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini. maka penari dituntut memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar bisa tampil dengan sempurna. tarian ini di khususkan oleh para pria saja.

Dan tahukah teman - teman juga ? didalam gerakan tari saman ini juga terdapat dua unsur gerakan yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman ini yakni tepuk tangan dan tepuk dada. diduga, ketika menyebarkan agama islam, syekh saman mempelajari tarian melayu kuno, kemudian menghadirkan kembali lewat gerakan yang di sertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudahkan dakwahnya. dalam kontek, tarian ritual tetapi bersipat riligius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah islam melalui pertunjukan-pertunjukan.

Dan tari saman ini termasuk unik teman-teman !!! karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan -gerakan lainya, seperti gerak guncang,kerip,lingang,surang-saring( semua gerakan ini mengunakan bahasa gayo).

Nah, sekian dulu yang dapat saya bagi buat teman-teman tentang tari saman sebagai seni budaya indonesia yang telah lama ada. bila anda ingin menonton silakan klik http://youtu.be/MzPbi8312oo apabila anda menyukai artikel ini silakan anda bagikan ke teman - teman anda.