Bagian – bagian dinamo motor blender dan cara memasangnya - S P C E.com

Breaking

logo

Bagian – bagian dinamo motor blender dan cara memasangnya

Bagian – bagian dinamo motor blender dan cara memasangnya

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb ! Hallo para pembaca setia saifulcomelektronik.com ? apa kabarnya dalam kesempatan kali ini ? semoga di bulan Ramadan ini sehat walapiat dan puasanya lancar selalu. Adapun yang kan saya bahas dalam kesempatan kali ini adalah bagian – bagian dinamo motor blender, apakah sahabat setia saifulcomelektronik tahu yang namanya blender ? saya rasa semuanya tahu iya.

Nah di dalam blender tersebut terdapat sebuah dinamo. Dimana, dinamo tersebut tidak membunyai magnet di dalamnya, seperti dinamo – dinamo pada umumnya yang didalamnya terdapat inti magnet di dalam dinamo tersebut, perhatikan gambar di bawah ini, gambar dinamo blender.


Kenapa di dalam blender, dinamo yang terdapat didalamnya tidak menggunakan magnet ? saya akan jelaskan sedikit, sebernarnya dinamo tersebut mempunyai magnet, namun tidak permanent seperti magnet pada dinamo umumnya. Nah, magnet yang terjadi di dalam dinamo blender tersebut adalah apabila di aliri oleh listrik maka akan menjadi sebuat magnet yang besar akan daya tarikannya, tergantung aliran listrik sebesar apa yang mengalir di dalam dinamo tersebut.

Magnet Buatan

Terjadinya magnet pada dinamo blender tersebut di akibatkan oleh coil yang terdapat pada dinamo tersebut, coil atau kawat yang di gulung pada besi lunak, apa bila coil tersebut di aliri oleh listrik maka inti besi lunak akan menjadi sebuah magnet. Nah,apabila inti besi tersebut sudah menjadi magnet maka inti poros dinamo akan berputar.

Dinamo seperti ini, dinamo yang tampa magnet permanent, biasanya dinamo tersebut RPMnya tinggi dan tenaganya juga kuat, tidak sama dengan dinamo yang menggunakan magnet permanent pada umummnya.

Bagian – bagian dinamo motor blender

Bagian – bagian pada dinamo tersebut cukup sederhana, seperti anda lihat di gambar petama di atas. Hanya terdapat.

1. Coil yang di gulung (kawat)
2. Besi Lunak
3. Rotor ( yang bergerak memutar )
4. Inti arang biasa di sebut COLT
5. Tembaga Cincin yang di putus – putus (sebagai konektor coil)


Nah, untuk cara memasang dinamo tersebut, saya sudah siapkan videonya, Anda bisa langsung melihat video cara memasang dinamo motor blender dibawah ini.



Demikian dulu yang dapat saya shering kepada anda semua, kiranya artikel dan video yang terdapat di dalam artikel yang satu ini, bermanfaat buat anda dan bermanfaat buat semua orang. Dan nantikan artikel berikutnya, dalam waktu dekat saya akan berbagi kepada anda semua bagaimana menggulung coil pada dinamo blender hanya di www.saifulcomelektronik.com