Cara membuat Power Supply 12 volt 10 ampere dengan sistem proteksi - S P C E.com

Breaking

logo

Cara membuat Power Supply 12 volt 10 ampere dengan sistem proteksi

Cara membuat Power Supply 12 volt 10 ampere dengan sistem proteksi

Assalamualaikum wr wb ! Hallo teman – teman pembaca setia saifulcomelektronik.com apa kabarnya semua ? kiranya baik – baik saja iya. Nah, dalam kesempatan kali saya akan mencoba sedikit berbagi (shere) kepada anda semua, adapun yang akan saya shering kepada anda  dikesempatan kali ini adalah Cara membuat Power Supply 12 volt 10 ampere dengan sistem proteksi.

Oya, Di artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang membuat power supply yang sederhana. Namun yang sekarang agak keren yaitu karna sudah mempunyai System Proteksi. Perhatikan gambar di bawah ini, KIT yang sudah selesai saya rakit.


Power supply ini telah di lengkapi dengan system proteksi. System proteksi yang saya maksud adalah jika terjadi hubungan singkat antara PIN positif  dengan PIN negative maka arus listrik DC yang di alirkan dari trafo akan berhenti dengan otomatis Pada Qutput alat ini. Tentunya jika adanya system proteksi seperti ini, maka akan sangat aman sekali power supply ini maupun alat elektronik yang akan kita padukan dengan power supply ini yang telah mempunyai system proteksi.

Proses cara pembuatan power supply ini cukup sederhana mudah dan gampang, namun membutuhkan ketelitian, ketelitiannya adalah membuat jalur – jalur komponen pada papan PCB, jika PCBnya buruk tentu akan sedikit bermasalah pada saat akan di cairkan tembaga pada PCB menggunakan larutan khusus, karna jalurnya akan putus – putus jika PCBnya buruk.

Jika ingin merakit power supply seperti ini yang mempunyai system proteksi, maka sebaiknya gunakan PCB yang bagus. Untuk membuat atau desain jalur – jalurnya kita bisa menggunakan bantuan software yaitu diptrace ataupun dengan software yang lain, kemudian baru di cetak ke plastic mika film yang transparan.

Perhatikan gambar di bawah ini, gambar KIT PCB yang sudah selesai saya rakit, KIT ini adalah kit yang saya rakit ketiga kalinya, baru hasilnya seperti gambar di bawah ini, 1 dan 2 jalur pada PCBnya putus – putus tidak bisa di pakai, Allhamdulillah yang ketiga ini baru berhasil namun tidak terlalu rapi J.


Power supply ini sederhana namun sudah mempunyai system proteksi shoot, bila anda ingin membuat power supply ini, saya sudah siapkan skema rangkaiannya di bawah ini. Dan komponennya juga tidak terlalu sulit untuk di dapat, karna banyak di jual di pasaran. Harga komponennya juga tidak terlalu mahal, yang mahal hanyalah trafonya saja sekitar Rp. 500.000, 10 Ampere. Total untuk harga untuk membuat power supply ini dengan komponennya sekitar Rp. 600.000. jika di beli power supply di pasaran yang di lengkapi dengan system proteksi kiranya cukup mahal.

Perhatikan gambar skema di bawah ini, skema dari power supply yang mempunyai system proteksi. atau bisa anda download klik disini


Sampai disini dulu yang dapat saya shering di kesempatan kali ini, semoga artikel ini yaitu Cara membuat Power Supply 12 volt 10 ampere dengan sistem proteksi bermanfaat buat anda dan buat semua orang. Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi, namun sebelumnya jika ada yang kurang dalam artikel ini anda boleh menambahkan atau bertanya lewat kolom komentar, yang telah di sedikan di website saya yang sederhana ini.
Baca Artikel selanjutnya