BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

S P C E.com : Saat ini, beragam smartphone Android atau ponsel dengan OS lainnya sudah banyak yang memiliki inovasi keren, salah satunya dari RAM. Dulu, smartphone Android itu hanya punya RAM 512MB, sekarang mulai dari 3GB, 4GB, bahkan 6GB pun tersedia.

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

Tapi, dengan banyaknya perbedaan RAM, maka pertanyaan yang tepat untuk diajukan adalah apakah perbedaan RAM tersebut mempengaruhi daya tahan baterai? Sehingga, smartphone dengan RAM 4GB akan lebih boros dari ponsel RAM 3GB?

Baterai Smartphone RAM 4GB Lebih Boros Dibandingkan RAM 3GB, Masa Sih?

Jadi, jawaban apa yang tepat untuk pertanyaan di atas? Kamu bisa melihat beberapa alasan di bawah ini dengan seksama agar dapat menyimpulkan jawabannya.

1. Semakin Besar RAM Maka Semakin Boros?

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

Biasanya, jika menggunakan sebuah hardware yang berat, maka itu juga mempengaruhi konsumsi baterai yang lebih banyak. Dengan begitu, di sini dapat disimpulkan kalau semakin besar RAM, maka semakin boros juga baterai yang digunakan. Tapi, ada sisi lain yang bertolak belakang dengan hal ini.

2. Perbedaan Teknologi

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

Semakin ke sini, maka teknologi juga semakin berkembang. Sekarang, yang namanya RAM ada sebuah teknologi yang disebut LPDDR atau Low Power Double Data Rate. Nah, itu berarti RAM hanya mengonsumsi sedikit daya untuk bekerja. Maka dari itu, itu semua tergantung perbedaan teknologi yang dipakai.

Misalnya, RAM 3GB LPDDR3 dengan RAM 4GB LPDDR4, maka sudah jelas yang lebih boros baterai adalah RAM 3GB LPDDR3, karena masih menggunakan teknologi versi lebih rendah dibanding LPDDR4 yang sudah lebih dioptimalkan.

3. Penggunaan Aplikasi

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

Jika sama-sama menggunakan teknologi yang sama, maka semua tetap tergantung penggunaan aplikasi yang di smartphone kamu. Jika pada smartphone RAM 3GB kamu itu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan kamu melihat statistik bahwa itu memakan RAM dan kamu tutup aplikasi tersebut, saat kamu kembali membukanya, jelas itu sangat mengonsumsi baterai.

Nah, smartphone RAM 4GB yang tidak menutup aplikasi di latar belakang, berarti itu tidak akan terlalu menggunakan daya baterai yang lebih besar. Sebab, aplikasi tidak mengonsumsi baterai karena dibuka seperti pertama kali lagi.

Kesimpulan

Apa Perbedaan RAM Yang Besar dan Kecil ? Apakah RAM Besar Lebih Boros Baterai ?

Jadi, jika dalam penggunaan normal, baik smartphone dengan RAM 3GB atau 4GB sekalipun, itu tidak akan terlalu mempengaruhi konsumsi baterai. Tapi, jika kamu melakukan benchmark, maka konsumsi baterai yang lebih boros adalah teknologi RAM yang sudah ketinggalan zaman, seperti LPDDR2.

Jadi, sudah mengerti ya seperti apa perbedaan RAM yang besar dan kecil. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Smartphone atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.