BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara Membuat Antena Penerima Sinyal TV dari Segala Arah

Cara Membuat Antena Penerima Sinyal TV dari Segala Arah
Assalamualaikum wr wb Pembaca setia saifulcomelktronik.com di kesempatan kali ini saya mencoba berbagi lagi buat anda pembaca setia di manapun berada.

Cara Membuat Antena Penerima Sinyal TV dari Segala Arah  

Jika kalian mempunyai Televisi (TV) pastinya anda sudah tahu yang namanya antena. antena adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah pesawat televisi. Tanpa adanya antena, tentunya tv tersebut tidak dapat menangkap sinyal dengan baik, sehingga siaran channel tidak bisa ditampilkan dengan jernih.

Pada saat ini jenis antena sangat banyak jenisnya yang di jual dipasaran mulai dari antena PF, antena Sanex WA, antena Intra, dan masih banyak lagi yang lain. Sebenarnya fungsi dari antena tersebut sama saja, yakni menerima sinyal dari pemancar. Namun sayangnya harga antena dipasaran lebih mahal dibanding dengan kita membuat sendiri.

Dengan membuat antena sendiri dari barang-barang bekas sederhana dan juga murah jika di beli, mudah juga dicari disekitar lingkungan kita. Apa saja bahan-bahannya ?,...

Bahan Membuat Antena TV Segala Arah

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan antena segala arah ini cukup sederhana. yaitu berupa : 
  • Seng nisplang
  • Gunting seng
  • Baut dan paku
  • Kayu balok
  • Kabel antena
  • Palu
  • Obeng
Setelah semua alat dan bahan siap, silahan potong seng nisplang sehingga membentuk skema seperti gambar di bawah ini. Oh iya, jika anda masih bingung dimana membeli seng nisplang, anda bisa membelinya di toko-toko bangunan. Ukuran Seng nisplang yang diperlukan sekitar 1 meter.

Cara Membuat Antena Penerima Sinyal TV dari Segala Arah

Nah, apabila seng nisplang telah dipotong sesuai dengan skema gambar selanjutnya rangkai potongan-potongan seng tersebut seperti gambar di bawah ini. Gunakan alat-alat yang telah dipersiapkan seperti gunting, obeng, paku, dan palu untuk membuatnya.

Cara Membuat Antena Penerima Sinyal TV dari Segala Arah

Nah, sampai tahap ini sebenarnya antena sudah siap digunakan dan siap di ujicoba. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil antena TV segala arah ini maksimal. Yang pertama adalah pastikan koneksi pemasangan kabel driver maupun kabel jack harus kencang dan pastikan menempel ke seng tersebut bila perlu patri kabel tersebut menggunakan timah.

Selanjutnya pasang atau posisikan antena di ketinggian yang tepat agar dapat menerima sinyal dengan baik. dan perhatikan juga kualitas kabel yang di berikan karna kabel antena juga dapat mempengaruhi kualitas penangkapan sinyal.

Penutup

Demikian dulu artikel mengenai cara membuat antena TV dari segala arah. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. SALAM,....

Type above and press Enter to search.