Blog Indonesia
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyebab dan Cara Mengatasi Handphone Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Handphone Lemot


Sekarang ini handphone sudah tak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan umat kaum milenial. Digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari, mulai dari komunikasi, pekerjaan, hingga hiburan pun sudah terkoneksi dengan perangkat satu ini.

Nah, terkadang membuat kesal ketika handphone menjadi lemot. Hal ini terjadi karna seiring dengan lamanya usia penggunaan dan banyak sekali faktor yang bisa menyebabkannya.

Namun sebelum terburu menggantinya dengan yang baru atau meluapkan emosi berlebihan, kenali dulu beberapa penyebab HP lemot berikut dan cara mengatasinya.

Memori Internal Terlalu Penuh


Banyak diantara kita yang masih mengabaikan fakta bahwa sistem operasi juga membutuhkan ruang pada memori internal agar dapat berjalan dengan optimal. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya cek kapasitas penyimpanan memori internalmu secara  berkala. 

Beberapa data yang banyak memakan ruang penyimpanan seperti foto, video dan rekaman suara, dan juga aplikasi terlalu banyak di instal sehingga memenuhi memori internal dan membuat performa handphone menurun.

Namun sekarang, handphone keluaran anyar telah dilengkapi dengan pengaturan dan notifikasi pada layar sehingga kamu lebih mudah untuk mencari dan menghapus data apa saja yang berkapasitas besar maupun tidak diperlukan. 

Jika handphone kamu tidak memberi opsi ini notifikasi, masih ada aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan.

Kualitas Memori Eksternal Buruk


Memori eksternal akan memang membantu dalam menyimpan lebih banyak data, tetapi perhatikan pula spesifikasi dari memori tersebut. Kualitas memori eksternal yang buruk bisa jadi penyebab dari HP lemot lantaran kecepatan baca dan tulis yang ia miliki tidak seimbang dengan komponen lainnya.

Untuk mengatasinya tentu saja dapat diatasi dengan mengganti dan memilih memori eksternal dengan kualitas tulis dan baca yang lebih baik. Sebagai gambaran, setidaknya pilih memori eksternal Class 10.

RAM Penuh

Kita tahu bahwa, RAM merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan (memori) sementara sekaligus berbagai perintah program yang sedang bekerja. Sama seperti poin pertama, jika kapasitas RAM penuh, maka performa handphone pun akan menurun karena kemampuan memproses instruksi dari prosesor terhambat.

Salah satu hal paling umum yang menyebabkan RAM penuh tampa disadari pengguna adalah terlalu banyaknya aplikasi yang terbuka di balik layar dalam satu waktu bersamaan dan penggunaan widget. 

Adapun untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan cara menghapus cache, menghapus file unduhan, maupun menghentikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Kondisi Baterai 


Penyebab HP lemot yang satu ini biasanya juga ditandai dengan beberapa faktor lain seperti baterai yang cepat habis dan efek panas yang ditimbulkan. 

Semakin lama, baterai akan semakin kehilangan kemampuan dalam menyimpan daya dan memengaruhi pemrosesan pada handphone itu sendiri.

Hentikan kebiasaan buruk melakukan charging baterai semalaman dan baru melakukan charging setelah membiarkannya benar-benar mati kehabisan daya. Jika sudah terlalu parah atau bocor, maka solusinya adalah dengan mengganti baterai handphone jika masih memungkinkan.

Selain empat hal di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti software yang tidak diperbarui, menggunakan banyak aplikasi antivirus, terlalu banyak auto sync, cache menumpuk, dan file sistem log menumpuk.

Penutup

Demikian dulu yang dapat saya share di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat buat anda dan buat semua orang. Jika ada menurut pembaca ada hal yang lain yang dapat menyebabkan HP jadi lemot bisa anda tambahkan di kolom komentar.

Tags

Langganan

Temukan artikel menarik setiap harinya, secara GRATIS! langsung ke EMAIL anda

Next
Ini adalah artikel terbaru
Previous
Older Post