News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Mengatasi Komputer PC dan Laptop Panas Berlebihan

Cara Mengatasi Komputer PC dan Laptop Panas Berlebihan

S P C E.com : Pernahkan anda mengalami laptop dan komputer anda panas berlebihan ? tentunya pernah iya ? apa lagi laptop dan komputer yang umurnya sudah lama,....

Cara Mengatasi Komputer PC dan Laptop Panas Berlebihan

Cara Mengatasi Komputer PC dan Laptop Panas Berlebihan

Biasanya komputer dan laptop yang sering kali mengalami panas berlebihan adalah di karnakan udara yang masuk kedalam laptop tersebut kurang baik, bisa di bilang sangat kurang.

Dan di satu sisi lagi FUN atau kipas pendingin di dalam laptop lebih kecil di bandingkan dengan komputer biasa atau PC. Makanya laptop sangat rentan mengalami panas yang berlebihan. Apa lagi kita memakai laptop dalam waktu yang sangat lama. 

Komputer PC lebih panjang jam tayangnya dari pada laptop, kenapa saya bilang begitu ? buktinya komputer saya dan juga laptop saya di rumah, yang paling sering mengalami masalah adalah laptop saya.

Akibat panas berlebihan keyboard laptop saya sering mengalami gagal ketikan. ( Tentunya pembaca tau maksud saya gagal ketikan seperti apa ? saya anggap tau dech iya J,....)

Berbeda dengan komputer PC saya yang tahan di hidupkan dengan 24 jam non stop. Gak percaya buktinya komputer PC saya, saya jadikan sebagai pemutar media mp3 di radio broadcasting saya. Nama radio saya adalah radio AZKIA FM pangilan di udara.

Cara Mengatasi 

Nah kali ini saya akan memberikan satu solusi atau tips cara mengatasinya komputer dan laptop yang panasnya belebihan.

Penyebab komputer yang panasnya berlebihan adalah :
  1. Debu berlebihan, ( akibat Komputer tidak pernah di bersihkan )
  2. Kipas atau FUN tidak bekerja dengan baik ( sudah rusak )
  3. Keringnya Thermal Pasta ( thermal pasta sebagai perekat processor ke headsink untuk menarik panas processor ke headsink atau pendingin )
Untuk mengatasi panas belebihan pada komputer laptop atau pun komputer PC, ke 3 poin di atas akan kita peraktekkan supaya komputer laptop dan juga PC tidak panas lagi. setidaknya mengurangi dari hal yang sebelumnya. Ikuti trik di bawah ini untuk mengurangi panas yag berlebihan :,...

  • Pertama buka penutup laptop atau PC anda, besihkan debu-debu yang yang menempel di dalam komputer atau pun laptop, biasanya debu yang paling banyak menempel di daerah kipas pendingin processor, bersihkan dengan kuas sebersih mungkin
  • Kedua periksa FUN atau kipas processor apakah bekerja dengan baik, dengan cara di putar-putar kekiri dan kekanan, Apa bila putarannya tidak lancar berikan oli ke poros kipas tersebut. Apa bila putarannya sudah lancar berarti kipas pendingin tersebut sudah bekerja. Untuk memastikan silakan hidupkan komputer dan lihat hasilnya, apa bila tidak berputar juga kipasnya, meskipun pada saat diputar lancar berarti komponen yang berada pada kipas tersebut sudah rusak. Solusinya silakan ganti baru atau di perbaiki.
  • Ketiga menganti thermal pasta pada processor komputer atau pun chip komputer, biasanya chip dengan processor komputer letaknya bedekatan, yang di tempeli oleh suatu pendingin di atasnya. Cara menganti thermal pasta processor kita harus membuka atau mengambil dulu headsink ( cooling FUN ) processor komputer.
  • Sesudah di ambil silakan bersihkan dulu thermal yang menempel di processor maupun headsink atau cooling fun komputer. Sesudah bersih silakan ganti thermal yang baru, oleskan di atas procesor dengan rata.
  • Untuk mendapatkan therma pasta banyak di jual di pasaran gunakan thermal yang berkualitas, agar rambat panasnya lebih baik dan dapat mengurangi panas yang berlebihan dari processor.

Oke sahabat pembaca, Sesudah selesai semuanya poin tahapan di atas silakan tutup kembali laptop atau komputer seperti biasa. Dan hidupkan komputer anda, lihat hasilnya apa panas lagi atau tidak, setidaknya dapat mengurangi dari sebelumnya.

Penutup

Nah itu aja tips dan trik dari saya , cara mengatasi masalah komputer dan laptop panas berlebihan.  semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. selanjutnya nantikan tips dan trik  berikutnya dari saya. SALAM,.....

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!