BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Memperbaiki Mesin Cuci Mati Hidup Merek Samsung

Memperbaiki Mesin Cuci Mati Hidup Merek Samsung

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb, Hallo pembaca setia web blog ini !! Nah rasanya admin telah lama tidak membuat artikel di web blog ini. Namun di kesempatan kali ini saya atau admin mencoba menulis kembali bagaimana cara memperbaiki mesin cuci mati hidup.

Memperbaiki Mesin Cuci Mati Hidup Merek Samsung

Kita tahu bahwa di kehidupan sekarang ini mesin cuci merupakan suatu kebutuhan alat rumah tangga. Karna mesin cuci adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang memiliki fungsi sangat penting. Mesin cuci digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan rumah, khususnya dalam hal mencuci pakaian. Tak heran jika banyak orang yang sangat membutuhkan alat elektronik yang satu ini. betul bukan ?,...

Seiring bertambanya tahun berkembang juga technologi dan ada banyak sekali pilihan jenis mesin cuci mulai dari mesin cuci satu tabung sampai dengan mesin cuci dua tabung. Untuk mesin cuci satu tabung biasanya disebut mesin cuci otomatis karena pengguna tidak perlu memindah-mindah pakaian saat mencuci, alias tinggal sekali klik. Namun berbeda dengan mesin cuci dua tabung yang membutuhkan perlakukan khusus dalam penggunaannya.

Selain itu mesin cuci bisa dibedakan menjadi dua macam. Yang pertama adalah mesin cuci top loading (masukan atas), dan mesin cuci front loading (masukan depan). Merk nya pun juga sangat beragam mulai dari Samsung, LG, Sharp, Toshiba, Panasonic, Sanken, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Masing-masing merk punya teknologi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mesin Cuci Mati Hidup Sendiri

Misal Samsung dan LG memiliki kelebihan dalam hal teknologi dan fitur. Sedangkan merk lain seperti Sanken dan Panasonic biasanya memiliki kelebihan harga yang lebih terjangkau. Oleh karenanya dalam membeli mesin cuci selalu perhatikan kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan budget serta kebutuhan anda.

Saat ini mesin cuci satu tabung lebih diminati oleh masyarakat karena penggunaanya lebih mudah dan praktis. Tinggal sekali pencet, proses pencucian akan berjalan secara otomatis hingga selesai. Memang teknologi mesin cuci 1 tabung lebih canggih dibanding dengan mesin cuci 2 tabung, namun bukan berarti mesin cuci 1 tabung tak memiliki kelemahan.

Banyak pengguna mesin cuci 1 tabung mengeluhkan berbagai macam permasalahan yang dialami oleh perangkatnya. Salah satunya adalah tiba-tiba mesin cuci mati dan hidup dengan sendirinya. Masalah tersebut kerap dialami oleh mesin cuci satu tabung merk Samsung dan beberapa merk lain. Kami pun pernah mengalami masalah serupa.

Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa penyebab mesin cuci 1 tabung tiba-tiba mati dan hidup sendiri tersebut? Jika anda mengalami masalah yang sama dan ingin tahu apa sebenarnya yang menjadi permasalahannya, tak perlu berbasa-basi lagi langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan yang kami baikan berikut ini.

Penyebab Mesin Cuci Tiba-tiba Mati Nyala Sendiri

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mesin cuci tiba-tiba mati dan menyala sendiri. Namun diantara banyaknya penyebab tersebut, mayoritas terjadi pada modul alias mesin cuci itu sendiri. Biasanya ada salah satu atau beberapa komponen yang rusak seperti kapasitor, relay, atau bahkan IC.

Oleh karena itu anda harus melakukan diagnosa untuk mengetahui komponen-komponen mana yang mengalami kerusakan. Tak hanya itu saja, mesin cuci yang nyala mati secara tiba-tiba juga kerap disebabkan karena masalah pada sensor. Jadi jangan lupa melakukan pengecekan terhadap sensor-sensor yang ada pada mesin cuci.

Cara Mengatasi Cuci Tiba-tiba Mati Nyala Sendiri

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor penyebab mesin cuci tiba-tiba mati dan nyala sendiri, langkah berikutnya adalah bagaimana cara memperbaikinya. Pertama-tama lakukan pengecekan terhadap komponen yang rusak pada modul mesin cuci. Misalnya sudah diketahui bahwa yang rusak adalah relaynya.

Langkah berikutnya silahkan lepas relay tersebut dari board modul mesin cuci, lalu ganti dengan relay baru. Pastikan anda menggunakan relay dengan nilai atau spesifikasi yang sama dengan relay yang rusak tadi. Dalam melepas komponen anda harus berhati-hati karena biasanya pada board modul mesin cuci dilapisi oleh bahan semacam lem.

Tujuannya tak lain adalah untuk melindungi komponen-komponen yang ada dari air. Menurut pengalaman kami, penempatan mesin cuci yang tidak merata juga bisa mengakibatkan mesin mati nyala sendiri akibat masalah pada sensor. Oleh karena itu tempatkan mesin cuci pada tempat yang rata.

Penutup

Oke, demikianlah tadi ulasan singkat mengenai penyebab mesin cuci mati nyala sendiri dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami sampaikan tadi bisa memberikan manfaat dan juga inspirasi kepada para pembaca semuanya di manapun kalian berada. Jangan lupa share agar orang lain juga bisa mengetahuinya.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.