Cara membuat charger aki sepeda motor sederhana ke dua 2015 - S P C E.com

Breaking

logo

Cara membuat charger aki sepeda motor sederhana ke dua 2015

Cara membuat charger aki sepeda motor sederhana ke dua 2015

S P C E.com : Cara membuat charger aki satu ini mudah sekali, untuk kebutuhan mengatasi baterai aki sepeda motor  yang sering arusnya  lemah atau tekor. Sebenarnya sebelumnya saya telah memposting tentang membuat charger aki 12 volt sederhana untuk kebutuhan atau untuk mengatasi aki yang arusnya tekor. Nah kali ini saya memposting lagi cara membuat charger aki namun lebih besar lagi yaitu mengunakan trafo 5 ampere.


Cara membuat charger aki sepeda motor sederhana ke dua 2015

Tentunya klo kita mengunakan trafo yang ampernya besar akan mempercepat proses pengisian arus baterai dari pada trafo yang ampernya kecil.

Bahan yang digunakan untuk membuat charger aki satu ini berupa :


  1. Trafo
  2.  Diode 4 kaki (kiprok) 6 ampere lebih besar ampernya lebih bagus
  3. Penjepit ke baterai aki
  4. Kabel secukupnya

Nah, ke empat poin di atas telah lengkap, berarti kita tinggal merakit supaya menjadi suatu charger aki sederhana.

Uniknya di artikel yang kedua ini saya buat, terletak pada trafo yang saya gunakan yaitu trafo yang sering di sebut orang di pasaran trafo donat, kenapa di sebut trafo donat ? karna bentuknya seperti donat, pungsinya sama saja dengan trafo yang berbentuk roti atau trafo biasa. Namun arus yang di hasilkan trafo ini lebih murni dari trafo roti (trafo biasa).

Uniknya terletak pada trafo donat disini saya akan mengulas sedikit. Trafo donas yang saya gunakan sebelumnya tidak mempunya qutput sebesar 12 volt yang ada hanya yang paling tinggi yaitu 23 volt dan yang terrendah 4,5 volt.

Klo kita gunakan yang 23 volt sebagai charger aki tentunya akan merusak batterai aki, karna melebihi voltek dari battrai aki dan klo mengunakan 4.5 volt akan mengakibatkan proses pengisian batterai cukup lama.

Nah, disini saya akan memodifikasi sedikit yaitu pada trafo donat, dikarna qutputnya tidak ada yang 12 volt AC. Saya akan membuat qutput 12 volt, lihat pada gambar di atas hasil dari lilitan yang saya buat.

Cara memodifnya cukup gampang dan mudah yaitu melilit kabel lain ke trafo tersebut sampai mendapat tegangan 12 volt. lihat gambar di atas hasil dari lilitan saya sendiri, dan kabel yang saya gunakan adalah kabel yang sering di pakai pada instalasi listrik rumah yaitu kabel YM, dengan diameter 1.5,  ukuran panjang kabel yang saya gunakan agar menghasilkan 12 volt  adalah ± sekitar 7 meter.

Oke sahabat rekan - rekan pembaca semua dan sahabat bloger dimanapun berada untuk proses perakitannya silakan kunjungi http://youtu.be/KOnilCKMbe4 atau kunjungi juga video youtube saya sebelumnya http://youtu.be/a8R3d48vnEM . untuk mendapat video yang maximal. atau anda bisa lihat video di bawah ini :


Sampai disini dulu yang dapat saya shering buat anda tentang bagaimana Cara membuat charger aki sepeda motor sederhana ke dua 2015 semoga ulasan ini bermamfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. jangan lupa nantikan artikel yang lebih menarik lagi. taklupa pula saya ucapakan terima kasih telah mengunjungi blog web saya yang sederhana ini https://www.saifulcomelektronik.com/