Breaking

logo

Rabu, 04 Februari 2015

Cara Mengunakan Alat ukur Multitester CD800a

Cara Mengunakan Alat ukur Multitester CD800a

S P C E.com : Alat ukur yang digunakan untuk mengukur teganggan listrik dan juga tahan yaitu multitester, bentuk dari multitester tentunya anda sudah tau seperti apa ? di bawah ini adalah multitester yang saya gunakan sehari-hari untuk mengukur berbagai hal tentunya untuk mengukur alat elektronik.

Cara Mengunakan Alat ukur Multitester CD800a

Di jaman sekarang sudah banyak sekali berbagai macam bentuk pengukur elektronik, dari osiloskop, multitester dan masih banyak lagi, dengan adanya alat tersebut memudahkan kita untuk menganalysis kerusakan alat elektronika, dari tv,tipe,hp,kulkas dan lain sebagainya.

Oke sahabat semua di mana pun berada kali saya akan membahas tentang bagaimana cara mengunakan alat ukur digital multitester dengan tipe CD800a, apa itu ? silakan amati gambar multitester CD800a di bawah ini. Di multitester CD800a tersebut ada lima titik switch pengukuran untuk mengukur volt arus AC dan DC.
  1. Select pertama  AC dan DC
  2. Select Kedua, Ohm, Diode,Buzer,Capasitor
  3. Select Hz %
  4. Select Mili Ampere
Select pertama yaitu memudahkan kita untuk menggukur arus AC dan juga DC, cara pengukurannya putar select ke sebelah kanan, amati monitor lcd menunjukan symbol AC/DC.

  • Pengukuran AC tekan tombol kuning select berwarna kuning ke posisi symbol AC tempelkan ujung kabel merah dan hitam ke sumber teganggan seperti listrik
  • Pengukuran DC tekan tombol kuning select berwarna kuning di atas multitester tesebut ke posisi Symbol DC, tempelkan ujung kabel merah dan hitam ke sumber teganggan yang mau di ukur, lakukan pengamatan.

Pengukuran select kedua, ohm, diede,buzzer,capasitor Putar select multitester ke posisi symbol ohm,diode,buzzer,capasitor.
  • Untuk pengukuran ohm tekan tombol select berwarna kuning, amati monitor LCD menunjukan symbol M. setelah itu lakukan pengukuran apa yang mau di ukur
  • Pengukuranya selanjutnya ulangi poin a di atas lakukan apa yang mau di ukur.

Untuk pengukuran HZ% biasanya pengukuran ini di pakai untuk mengukur hz arus searah dan bolak balik seperti sinyal AC dan sinyal searah yaitu DC.

Yang terakhir pengukuran mili ampere, multitester ini hanya bisa melakukan pengukuran max 400mA saja.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini semoga bermamfaat nantikan juga artikel yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com.