Lampu Led Gila Experiment Sederhana

- Advertisement -
S P C E.com : Hallo para pembaca yang kereatif, kali ini saya akan berbagi lagi buat anda yaitu saya namakan lampu led gila, ini saya lakukan dan ingin saya bagi buat teman-teman kereatif pembaca setia.


Lampu Led Gila Experiment Sederhana

Experiment ini yang saya namakan Lampu led gila, ini saya coba – coba sendiri dan hasilnya menjadi  seperti gambar di atas.  

Gambar di atas saya ambil dengan kamera canon bertipe power shot A530 dengan kapasitas lensa 5 Mega Pixel dalam keadaan mati lampu.

Komponen yang kita butuhkan Lampu LED gila ini cukup sederhana, hanya mengunakan komponen bekas dari mekanik DVD player. kemudian komponen itu di rakit menjadi seperti gambar di atas. Apa bila ini di kembangkan lagi kereasi kereatif lampu led gila ini rasanya bisa untuk di jadikan sebagai hiasan lampu rumah kita sendiri.

Cara Kerja 

Dalam Lampu led gila ini ada dua bagian dynamo, cara kerja dynamo tersebut berbeda-beda dengan adanya perbedaan itu sehingga led dapat menyala secara berputar.

Adapun perbedaan cara kerjanya, dynamo paling bawah memberikan tekanan putaran pada poros dynamo di atas nya, dengan adanya tekanan putaran pada poros dynamo paling atas, sehingga dynamo paling atas dapat menghidupkan lampu LED yang di sambungkan ke kabel merah dan hitam pada dynamo.

Hidupnya lampu LED yang di sambungkan ke probel kabel merah dan hitam, di akibatkan dynamo dvd tersebut bersifat generator kecil, dimana didalam dynamo itu terdapat magnet dan kumparan.

Jika kumparan berputar dalam medan maknet, maka kedua kutup kumparan tersebut akan menghasilkan  arus listrik.

Agar poros dynamo paling atas berputar, dynamo paling bawah harus di beri sumber teganggan dari catudaya agar bisa memutar dynamo paling atas.

Bahan dan Komponen

Nah, sekarang mari kita lakukan tahab demi tahap untuk membuat kereatif lampu led gila satu ini, kenapa saya namakan lampu led gila karna cara kerjanya lEDnya menyala sambil berputar-putar seperti orang gila :-).
  1. 2 dynamo dvd
  2. Gir Pelastik
  3. Led
  4. Baterai 9 volt atau Power suplay
  5. Dobel tip (lem)
  6. Kabel

Prose Perakitan

  1. Pertama sambungkan poros dynamo yang berputar dengan Gir pelastik
  2. Beri dobel tip ke salah satu dynamo agar dynamonya bisa berdiri
  3. Solder led ke dynamo paling atas
  4. Beri tenggan listrik pada dynamo yang paling bawah untuk memutar poros dynamo paling atas sehingga lampu led menyala dan berputar seperti video di bawah
  5. Selesai
Video

Untuk mempermudah dan memperjelas bagaimana proses membuat lampu LED gila ini, saya sudah siapkan video singkatnya di bawah ini :



Baik teman – teman kereatif pembaca setia http://www.saifulcomelektronik.com/ hanya ini yang dapat saya bagi, kiranya dapat bermamfaat buat anda dan bermamfaat juga buat semua orang. 

Nantikan juga trik dan tips kereasi berikutnya yang akan di posting di web yang sederhana ini yang lebih menarik lagi.

Ingin menerima info menarik dari kami ?