News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Modifikasi Receiver Parabola Menjadi Pemancar FM 87.5

Modifikasi Receiver Parabola Menjadi Pemancar FM 87.5

S P C E.com : Hallo assalamualaikum wr wb pembaca setia saifulcomelektronik.com, di kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi buat anda semua. Nah, yang akan saya bagi (shering) kali adalah cara Modifikasi receiver parabola menjadi pemancar FM 87.5.

Sebenarnya, sebelumnya artikel tentang ini telah saya posting, Namun saya revisi kembali. dengan menggunakan frekuensi sebelumnya 108 Mhz dan sekarang saya rubah menjadi 87.5 Mhz.

Modifikasi Receiver Parabola Menjadi Pemancar FM 87.5

Modifikasi receiver parabola menjadi pemancar FM 87.5

Dalam memodifikasi receiver digital parabola ini sebenarnya cukup gampang dan mudah, hanya menambahkan alat modulator FM kedalam receiver parabola digital.

Alat modulator FM yang saya pakai di dalam receiver digital parabola seperti gambar dan gambar sebelumnya ada disini, adalah modulator MINI yang biasanya di pakai didalam mobil, yang difungsikan sebagai pemutar media file MP3.

Jika perangkat multimedia (tipe konversional) didalam mobil tersebut tidak mendukung media pemutar MP3, tetapi sudah mendukung radio penerima, maka alat mudulator inilah yang akan di jadikan sebagai pembantu pemutar media MP3nya, melalui gelombang frekuensi radio FM.

Kemudian, gelombang frekuensi yang dipancarkan dari modulator fm mini, di terima oleh radio konversional pada mobil tersebut (radio penerima).

Sesudah selesai di modifikasi receiver digital parabola biasa ini (seperti gambar) diatas, kita bisa mendengarkan suara dalam jarak jauh kira – kira jaraknya sekitar ±15 meter saja, dari digital parabola itu sendiri, kemudian tidak hanya itu, kelebihan satu lagi,  tidak mengganggu orang di sekitar kita, apa bila kita ingin medengarkan suara yang keras.

Cuma menghidupkan radio di dalam HP ataupun radio penerima lainnya yang kita miliki, tampa harus mendengarkan suara dari tv kita. cukup hanya mendengarkan suaranya dari radio hp dengan memasang headsetnya saja.

Cara modifikasi dan komponen beserta alat yang dibutuhkan

Adapun komponen yang dibutuhkan untuk memodifikasi receiver digital parabola ini menjadi pemancar FM adalah sebagai berikut ini :
  1. Modulator FM Mini ( yang biasanya di pakai di mobil )
  2. Kabel ( secukupnya )
  3. Antena bekas radio konvesional
  4. Solder
  5. Timah solder
  6. obeng + -
Kesulitannya

Kesulitannya terletak pada saat memodifikasi modulator FM, yaitu, agar bisa di masukan input suaranya (audio) dari digital parabola supaya modulator tersebut dapat memancarkan suara dari digital parabola memlalui gelombang frekuensi FM 87.5 sd 108 MHz.

Untuk mendapakan input audio tesebut membutuhkan sedikit kejelian pada saat mencari Input suara pada kaki IC manakah, input audio pada perangkat modulator fm tersebut.

Untuk mengetahuinya bagaimana caranya silakan lihat video di bawah ini, dari awal sampai akhir, selamat menonton dan semoga video tersebut dapat di mengerti dan bermanfaat buat anda.

Video Modifikasi Modulator FM


Sampai disini dulu yang dapat saya shering, tentang Modifikasi receiver parabola menjadi pemancar FM 87.5 semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Nantikan juga artikel berikutnya dari saya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!