BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Windows server, r2 2008 dan cara install, 2015

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb, pembaca setia www.saifulcomlektronik.com pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi kepada anda semua yaitu akan memberikan sedikit cara install Windows Server r2 2008. Windows Server r2 2008 ini ada dua pilihan tipe, pada saat installnya.

yang pertama adalah Full Installation, apabila menggunakan tipe ini, instalasi akan dilakukan secara normal. Dan yang cara kedua adalah tipe Core Installation, jika menggunakan cara ini, semua aktifitas didalam windows server tersebut akan dilakukan dengan mode CLI (Command Line Interface) atau hanya metode teks saja. Adapun tujuan instalasi dengan cara menggunakan tipe core ini untuk menghemat sumberdaya, karena tidak semua file instal windows terinstal kedalam computer , hanya komponen yang dibutuhkan saja.

Sebelum melakukan install windows server kedalam computer sebaiknya anda harus mengenali hardware (perangkat keras) seperti memori, processor, motherboard minimum untuk melakukan instalasi Windows Server r2 2008. cara mengetahuinya berapa minimum hardware yang didukung oleh OS windows server r2 2008 ini, cek ke  www.microsoft.com

Sekarang kita mulai cara menginstalnya, ikuti dibawah ini :

  • Process pertama yang harus di perhatikan adalah atur dulu boot DVD-ROOM pada computer, apakah sudah membaca disk dvd pada dvd rom, karena instalasi akan dilakukan dengan media DVD.
  • Masukkan DVD Windows Server r2 2008 kedalam dvd rom optical yang ada di komputer Anda, setelah itu restart komputer.
  • Maka akan muncul pesan Press any key to boot from CD…dilayar monitor (Tekan Enter).
  • Selanjutnya akan muncul tampilan baru berwarna hitam dengan tulisan Windows is loading files…, disusul dengan tampilan loading lagi dengan tulisan Microsoft Corporation.

Selanjutnya anda akan dihadapkan pada jendela baru yang berisi Language to install, yaitu pilihan untuk bahasa yang akan digunakan. Time and currency format, yaitu pilihan waktu dimana lokasi Anda berada. Keyboard or input method adalah jenis keyboard yang akan digunakan. Pilihlah sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda. Pada contoh ini, saya menggunakan pengaturan default. Klik Next.

Selanjutnya anda akan dihadapkan pada jendela yang terdapat tombol Install Now. Dimana jika Anda mengklik tombol itu intalasi akan segera dilakukan. Maka kliklah tombol Install Now tersebut.

Jendela selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan Product Key. Jika Anda memilikinya silahkan masukkan. Namun disini saya akan mencoba versi trial, dan Automatically activate Windows when I’m online saya uncheck, setelah itu langsung saya klik Next.

Maka akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin memasukkan Product Key sekarang atau tidak. Apabila anda sudah memasukkan Product Key, maka klik Yes, jika Anda menggunakan versi yang trial, klik No.

Selanjutnya, memilih edisi Windows Server r2 2008 yang di install. Edisi yang pilih haruslah sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk lebih jelasnya tentang edisi-edisi pada Windows Server r2 2008, Anda bisa cari di mbah Google. Pada contoh kali ini saya menggunakan edisi Windows Server r2 2008 Enterprise (Full Installation). Berikan ceklis pada I have selected the edition of Windows that I purchased. Setelah itu klik Next.

Pada jendela selanjutnya akan ditampilkan mengenai aturan dari lisensi Windows Server r2 2008. Bacalah jika perlukan. Jika sudah berikan centang pada I accept the license terms, setelah itu klik Next.

Selanjutnya kita akan ditanya tipe instalasi apa yang akan di gunakan upgrade atau advencedUpgrade, tipe instalasi ini digunakan apabila sebelumnya di komputer sudah terinstal Windows Server r2 versi sebelum 2008 atau yang lain dan Anda ingin melakukan upgrade. Nah, Custom (Advanced) adalah pilihan yang digunakan untuk melakukan instalasi secara custom. Dengan pilihan Custom Anda bisa menentukan di partisi mana Windows Server r2 2008 ini akan diinstal, berapa space harddisk yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Pada carai ini saya gunakan pilihan Custom.

Selanjutnya Anda akan ditanya di partisi mana anda akan menginstal Windows Server r2 2008. Di partisi C tau partisi D ? disini saya hanya memiliki harddisk dengan 1 buah partisi yang memiliki spase 80GB, dan saya ingin menggunakan seluruh harddisk saya untuk instalasi Windows Server 2008. maka klik Next. Jika Anda ingin membagi partisi Anda, memfortmat, dan lain sebagainya, Anda bisa menggunakan pilihan Drive Option (Advanced).

(Setelah Anda mengklik Next tadi, maka proses pengcopyan file dari DVD ke harddisk pun dilakukan. Cepat atau lambat proses ini tergantung dari spesifikasi komputer Anda)

Setelah proses pengcopyan selesai komputer akan melakukan restart otomatis. Setelah itu akan muncul tulisan The user’s password must be changed before logging on the first time, Klik Ok.

Selanjutnya kita diharuskan memasukkan sebuah password baru. pada Windows Server r2 2008 password harus memiliki kriteria antara lain:
1.  Password tidak mengandung username 
2.  Minimal terdiri dari 6 karakter 
3. Mengandung huruf besar, huruf kecil, dan juga simbol. Jika sudah klik tanda panah yang ada disamping.

silakan lihat video cara instal Windows server, r2 2008 dan cara install, 2015 kedalam komputer nada di bawah ini :

 

Hanya ini yang dapat saya bagi dalam kesempatan kali ini tentang bagaimana cara Windows server, r2 2008 dan cara install, 2015 semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan juga buat semua orang. Dan mohon maaf apa bila artikel ini ada kekeliruan mohon di tanyakan di kotak komentar di bawah artikel ini. Dan nantikan artikel selanjutnya yang lebih menarik lagi hanya di web blog sederhana ini harta saya satu-satunya J.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.