News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5 poin cara untuk menghemat paket quota internet pada ponsel anda

5 poin cara untuk menghemat paket quota internet pada ponsel anda

Assalamualaikum wr wb ! pembaca setia saifulcomelektronik.com apa kabarnya pada pada kesempatan kali ini ? mudah – mudahan pembaca setia saifulcomelektronik.com tetap sehat dan sukses selalu dan juga dalam lindungan allah swt. Amin,….! Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips yaitu 5 poin cara untuk menghemat paket quota internet pada ponsel anda.  Paket quota internet , tentunya anda yang mengenal dunia internet, tahu yang namanya paket internet bukan ? Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel pintar anda maka kebutuhan paket data internet juga akan semakin besar pula.

Nah, dalam memilih paket sebenarnya ada dua paket, paket yang pertama adalah menggunakan paket Quota dan yang kedua Unlimited, keduanya memiliki batas kewajaran dalam pemakaiannya. Perbedaannya hanya pada paket unlimited, penggunaan dari paket unlimited ini, tetap akan bisa untuk mengakses internet, namun kecepatannya akan lambat. Sedangkan untuk paket menggunakan quota apa bila paketnya habis, maka koneksi internet akan secara otomatis akan terputus.

Nah, dari pada itu, sebaiknya  kita harus menghemat paket kita sendiri agar konesi ke internet pada saat mengakses akan tetap lancar. Saran saya sebaiknya anda berhemat data, agar tidak menguras isi dompet anda sendiri, untuk membeli paket quota internet.

Di bawah ini saya sudah siapkan tips jitu, untuk bisa menghemat quota paket internet anda, tidak salah jikan anda ingin mencoba apa yang saya tulis di artikel yang satu ini yaitu 5 poin cara untuk menghemat paket quota internet pada ponsel anda supaya konsumsi paket data quota anda tidak boros.

1. Perhatikan penggunaan data – sebaiknya anda perhatikan dalam menggunakan paket data anda sendiri, manakah yang paling cepat menghabiskan banyak data pada saat mengakses internet, apakah browser, bermain game online, menonton video online atau melakukan download aplikasi maupun yang lainnya. Kita bisa dengan mudah untuk mengenali hal tersebut melalui menu dari ponsel yang kita gunakan. Dari Android maupun modem dan windows phone yang kita miliki.

Menu tersebut biasanya ada pada pengaturan yang sudah di sediakan dalam pengaturan tersebut, untuk memudahkan kita melacak mana sajakan yang banyak menghabiskan data pada saat konek ke internet.

Untuk melacak penggunan quota anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga, apa bila di ponsel android anda tidak terinstal, anda bisa mencoba aplikasi ONAVO COUNT pungsinya sama untuk melacak penggunaan data, anda bisa mendownloadnya di google play.

Setelah kita tahu bahwa apa saja yang banyak menggunakan data, maka sebaiknya mengatur kapan akan dijalankan aplikasi tersebut pada saat terhubung ke internet.

2. Update Otomatis - sebaiknya anda mematikan aplikasi yang terupdate secara otomatis, apabila tidak tercontrol maka update otomatis tersebut akan menghabiskan quota anda secara cepat. Sebaiknya saran saya matikan semua apa yang ada, yang terhubung ke internet secara otomatis apa bila tidak ! maka tampa anda sadari quota anda akan hilang dengan sendirinya.

Apa bila anda ingin mengupdate aplikasi ke google play, untuk tujuan mendapat aplikasi yang terbaru, sebaiknya gunakan dengan cara manual saja dari ponsel anda.

3. Download Aplikasi – Bagi anda yang suka mendownload aplikasi seperti games - games yang tidak begitu penting, sebaiknya kurangi untuk mengunduhnya melalui ponsel seluler anda. apabila anda lakukan maka akan menghabiskan quota paket anda sendiri, dan selain itu ukuran sebuah file aplikasi games bervariasi ada yang besar dan aja juga yang kecil. Apa bila ingin menggunduh aplikasi tersebut sebaiknya anda memilih mana yang lebih kecil ukurannya, agar quota anda tidak cepat habis.

Bila anda ingin juga mendownload sebuah aplikasi games tersebut, umpamanya ukuranny  sebesar 1 GB, sebaiknya anda mencari koneksi WiFI yang gratis, adalah alternative untuk menghemat quota internet anda sendiri.

Dalam ponsel pintar biasanya sudah tertanam aplikasi seperti facebook, instagram dan juga path, biasanya pada saat pertama sekali di download ukuranya kecil, namun pada saat digunakan maka konsumsi datanya akan membesar. Begitu juga dengan aplikasi PATH, pada saat digunakan maka akan mengkonsumsi ratusan megabyte, sebaiknya aplikasi jejaring sosila tersebut di atur dalam penggunaannya, contonya mengurangi upload photo, mengurangi refresh dan lain sebagainya.

4. Menonton Video Secara Online – Menonton video dari youtube memang menyenangkan, tetapi menonton video secara online dari youtube menggunakan ponsel seluler pintar, akan banyak menghabiskan quota paken internet anda. Baik menonton secara streaming, maupun mendownload video. Kecuali menonton video youtube tersebut menggunakan jaringan WiFi yang gratis.

Jika keinginnan anda diharuskan menonton video tersebut dari ponsel, maka untuk menggurangi menguras quota anda, sebaiknya, saran saya, turunkan resolusi video yang mau anda tonton tersebut, dari full HD 1080 p ubah menjadi 270p agar mengghemat quota internet anda yang masih ada. Karna semakin kecil kualitas video yang kita tonton tersebut, maka semakin kecil juga data yang di download dari server penyedia video tersebut setiap detiknya.

Tapi sekarang youtube telah mempunyai fitur baru, yaitu menonton secara offline, adalah alternative bagi anda yang suka menonton video dari youtube tersebut. Apabila anda memampaatkan fitur ini, anda bisa mendownload video youtube tersebut, pada saat jaringan WiFi ada, lalu anda bisa menontonnya di lain waktu.

5. Data dari browser sebaiknya anda persempit ( Kompres ) – sekarang banyak sekali tersedia aplikasi untuk browser yang bisa di download secara gratis. Fitur browser ini sangat berguna untuk anda yang hoby menjelajahi internet mengunakan ponsel pintar anda sendiri.

Browser yang memiliki kompresi yang tinggi dan sudah mempunyai server sendiri adalah Google Chrome dan opera mini, karna setiap kita menjelajahi internet menggunakan browser google chrome dan opera mini, maka data tersebut akan di kompres terlebih dahulu memlalui server keduanya, baru setelah itu di kirimkan kembali ke browser yang kita gunakan, baik chrome atau opera mini yang sudah diperkecil.

Sampai disini dulu yang dapat saya bagi kepada pembaca setia saifulcomelektronik.com tentang 5 poin cara untuk menghemat paket quota internet pada ponsel anda kiranya apa yang saya jelaskan di atas dapat dimengerti dan bermanfaat buat anda, maupun buat semua orang. Apa bila ada ingin bertanya ?  silakan anda tulis pertanyaan anda di kolom komentar, Insya allah akan saya balas.


Dan jangan lupa nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di web blog saya yang sederhna ini www.saifulcomelektronik.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!