Breaking

logo

Sabtu, 25 April 2015

Cara membuat Charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS Sederhana

Cara membuat Charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS Sederhana

S P C E.com : Assalamualakikum wr wb ! Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam buat pembaca setia saifulcomelektronik.com dimanapun berada.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi (shere) kepada anda semua tentang bagaimana Cara membuat charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS sederhana, Tentunya cara membuat charger baterai ABC ini sangat sederhana dan mudah.

Bahan dan komponen juga cukup sederhana, banyak di jual di pasaran dan setelah dirakit maka akan menjadi sebuah alat yaitu menjadi Charger baterai ABC AA 1.5 Volt.

Cara membuat Charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS sederhana

Cara membuat Charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS sederhana

Apa bila Anda ingin membuat charger sederhana ini, maka saran saya ,ada beberapa komponen yang yang harus disiapkan  maka bacalah artikel ini SELENGKAPNYA,……

Nah, bahan yang kita butuhkan dan harus kita sediakan untuk membuat alat charger yang sederhana ini, agar menjadi sebuah alat charger untuk baterai ABC atau dikenal dengan nama baterai (AA).  tentunya alat charger ini bisa membantu, apa bila dirumah kita banyak mempunyai bermacam – macam jenis mainan elektronika, semua mainan alat elektronika tersebut menggunakan  baterai AA sebagai sumber daya energynya.

Tentunya alat charger ini bisa membantu untuk mengecas baterai AA tersebut. Apa bila daya baterai AA tersebut sudah habis. Nah, Maka alat charger sederhana ini adalah alternative untuk menghemat pengeluaran dari dompet untuk membeli sebuah baterai AA setiap harinya, sebagai kebutuhan baterai  elektronika itu sendiri.

Bahan Dan Komponen

Apa bila ingin membuat charger baterai AA 1.5 volt sederhana ini, maka bahan dan komponen yang di butuhkan adalah sebagai berikut :

1. Trafo OT ( qutput DC 7 volt 800mah )
2. Dua buah DIODE IN1448 atau yang sejenis juga bisa asalkan DIODE
3. 4 Buah resistor dengan resintasi 15 Ohm
4. 4 Buah LED (sebagai indicator)
5. Papan PCB
6. Pelat dari seng
7. Pegas
8. Box pelastik

Setelah semua komponen telah ada atau telah di siapkan, maka sekarang peroses perakitan ke semua poin bahan dan komponen di atas. Nah, untuk TRAFO OT keluaran qutput DCnya sekitar 7 volt, kenapa ? karna charger ini untuk mengecas 4 baterai AA sekali gus, bisa juga mengecas 1 baterai AA namun saya anjurkan mengecasnya jangan terlalu lama.

Perakitan

Untuk proses perakitannya mudah dan gampang tinggal mengikuti skema di bawah ini yang telah saya siapkan.


Nah, mudah bukan cara membuat charger sederhana ini ? untuk pencetakan ke PCB, silakan anda kereasikan sendiri serapi mungkin. Menurut kemauan dan desain yang anda sendiri.

Penutup 

Sampai disini dulu yang dapat saya shere kepada anda semua, tentang Cara membuat Charger baterai ABC AA 1.5 Volt : 4 PCS sederhana, khususnya para pembaca setia saifulcomelektronik.com.

Kiranya apa yang saya shere ini di web blog saya sederhana ini, dapat di mengerti dan bermanfaat buat anda dan juga bermanfaat buat semua orang.

Tak lupa pula saya ucapakan terima kasih telah berkunjung ke web blog saya yang sederhana ini dan Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com. Selamat mencoba,……