News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB

S P C E.com :  Assalamualaikum wr wb ! pembaca setia saifulcomelektronik.com apa kabarnya ? pada kesempatan ini ? kiranya sehat dan sukses selalu dan dalam lindungan allah swt. 

Kembali lagi saya akan sedikit berbagi kepada anda pembaca setia saifulcomelektronik.com yaitu Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB yang rusak. Kiranya apa yang saya bagi ini dapat bermanfaat buat anda dan buat semua orang. 

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB

Nah, yang pernah mengalami seperti yang saya tulis di artikel ini, tentunya di web blog saya yang sederhana hanya ini.

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB

Fungsi dari sebuah mixer audio adalah untuk mencampur sumber suara yang berbeda, contohnya sumber suara dari microphone dan berbagai sumber suara alat music yang di sambungkan ke input mixer.

Maka mixer tersebut bertungas untuk mencampur suara tersebut menjadi efisiensi yang dapat di dengarkan dalam suatu alunan suara.

Nah, semoga penjelasan singkat di atas kiranya dapat di mengerti oleh pembaca setia saifulcomelektronik.com mengenai fungsi dari sebuah mixer audio.

Apa bila ada yang kurang, silakan tambahkan pada kolom komentar yang sudah tersedia di web blog yang sederhana ini.

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB 

Kembalikan ke judul pada artikel ini, kebetulan mixer yang saya punya memiliki 8 channel, Namun channel nomor 4 mengalami 4 kerusakan, kerusaknnya tidak dapat mengolah suara dari microphone ke Output speaker,

Tentunya anda bertanya mengapa ? Karna di akibatkan ada satu IC SMD (Intergrid Circuit) sudah tidak berfungsi lagi alias rusak.

Mixer propesional

Didalam sebuah mixer propesional pastinya menggunakan yang namanya IC SMD yang begitu kecil, tidak sama dengan mixer yang biasa, tentunya untuk mengambil IC SMD tersebut dari PCB mixer itu sendiri harus dengan solder yang khusus yaitu solder UAP, baru IC tersebut bisa di ambil.

Apa bila mengambilnya dengan solder biasa hanya akan merusak PCB pada mixer.

Cara mengetahui IC SMD yang rusak

Cara saya mengetahui IC SMD yang rusak pada mixer, cukup mudah dan gampang, hanya dengan cara 3D saja yaitu, di raba, di terawang, dan di jilat (hehehe becanda). 

Cara saya mengetahui IC SMD rusak dengan cepat, hanya memakai dengan cara meraba saja dengan ujung jari. Karna apa bila panas berlebihan pada IC berarti IC tersebut sudah rusak, di bagian yang kita curigai tersebut.

Seperti mixer audio saya, channel microphone nomor 4 sudah tidak berfungsi lagi, maka saya periksa seluruh jalur di Channel 4 yang rusak tersebut.

Cara yang dua untuk mengetahui IC SMD yang rusak adalah dengan cara mengukur dengan multitester atau sering di kenal dengan nama AVO meter.

Caranya ukur semua kaki IC ataupun komponen yang kita curigai di channel dimana yang rusak tersebut dengan multitester. Dan bandingkan dengan IC SMD yang masih bagus pada mixer yang ada, apa bila nilainya tidak sama, berarti IC SMD tersebut sudah rusak, Solusinya ganti dengan yang baru.

Persamaan IC SMD pada mixer audio Ashley PME82 USB

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB
Gambar IC SMD dan PCB mixer saya
Channel 4 pada mixer Ashley milik saya sendiri tidak dapat menerima suara dari microphone, karna IC SMDnya ada yang rusak. Yang akan saya terangkan di sini adalah persama IC yang bisa di pakai di Mixer Ashley ini. 

IC SMD bawaan pada mixer PME 82 ini bertipe 4558 JRC, IC tersebut bisa di ganti dengan tipe 4558D, dan juga bisa di ganti dengan tipe RC4558.

Apabila di ganti dengan ke dua tipe sudah saya sebutkan (4558D dan RC4558) suaranya juga bertambah bagus. saya juga gak tahu kenapa ? kok bisa lebih bagus, lebih jelasnya silakan llihat datasheet kedua tipe IC tersebut di bawah ini.

Skema datasheet IC

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB
Dan setelah saya mengganti IC SMDnya maka channel microphone nomor 4 kembali berfungsi dengan normal dan suaranya bertambah halus serta bertenaga, di iringi dengan lampu lavel kembali hidup apa bila berbicara di depan microphone pada mixer tersebut. 

Dengan semua lampu indikator sudah hidup berarti mixer audio yang saya miliki sudah bagus kembali dan bisa digunakan kembali seperti biasa.

Penutup :

Nah, pembaca setia S P C E.com, sampai disini dulu yang dapat saya shere Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB semoga apa yang saya shering ini bermanfaat buat anda dan juga buat pembaca setia yang lainnya.

Nantikan artikel saya berikutnya tentang memperbaiki elektronik-elektronik lainnya hanya bersama www.saifulcomelektronik.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!