BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB


Kembali lagi saya akan sedikit berbagi kepada anda pembaca setia saifulcomelektronik.com yaitu Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB yang rusak. Kiranya apa yang saya bagi ini dapat bermanfaat buat anda dan buat semua orang. 

Fungsi dari sebuah mixer audio adalah untuk mencampur sumber suara yang berbeda, contohnya sumber suara dari microphone dan berbagai sumber suara alat music yang di sambungkan ke input mixer.

Maka mixer tersebut bertungas untuk mencampur suara tersebut menjadi efisiensi yang dapat di dengarkan dalam suatu alunan suara dalam satu output.

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB 

Kembalikan ke judul pada artikel ini, kebetulan mixer yang saya punya memiliki 8 channel, Namun channel nomor 4 mengalami kerusakan, kerusaknnya tidak dapat mengolah suara dari microphone ke Output speaker.

Kerusakannya diakibatkan karna ada salah satu IC SMD (Intergrid Circuit) sudah tidak berfungsi lagi alias rusak.

Mixer propesional

Didalam sebuah mixer propesional pastinya menggunakan yang namanya IC SMD yang begitu kecil, tidak sama dengan mixer yang biasa, tentunya untuk mengambil IC SMD tersebut dari PCB mixer itu sendiri harus dengan solder yang khusus yaitu solder UAP, baru IC tersebut bisa di ambil.

Apa bila mengambilnya dengan solder biasa hanya akan merusak PCB pada mixer.

Cara mengetahui IC SMD yang rusak 

Cara saya mengetahui IC SMD yang rusak pada mixer, cukup mudah dan gampang, hanya dengan cara 3D saja yaitu, di raba, di terawang, dan di jilat (hehehe becanda). 

Cara saya mengetahui IC SMD rusak dengan cepat, hanya dengan cara meraba saja dengan ujung jari. Karna apa bila panas berlebihan pada IC berarti IC tersebut sudah rusak, pada bagian jalur yang kita curigai.

Seperti mixer audio saya, channel microphone nomor 4 sudah tidak berfungsi lagi, maka saya periksa seluruh jalur di Channel 4 yang rusak tersebut.

Cara yang dua untuk mengetahui IC SMD yang rusak dengan akurasi tinggi adalah dengan cara mengukur dengan multitester atau sering di kenal dengan nama AVO meter. 

Namun, kita ukur dulu ic yang baru dan ic yang rusak dengan tipe yang sama, supaya kita bisa mengambil perbadingan antara yang rusak dengan ic baru.

Caranya, ukur semua kaki IC SMD rusak dengan multitester. Catat dan bandingkan dengan IC SMD yang masih bagus atau baru pada mixer yang ada, apa bila nilainya tidak sama dengan IC baru, berarti IC SMD tersebut sudah rusak.

Persamaan IC SMD pada mixer audio Ashley PME82 USB


Pada saat proses memperbaiki mixer Ashley milik saya ini, saya kesulitan mencari ic tipe yang sama dengan ic pada mixer Ashley PME 82 USB. 

IC SMD bawaan pada mixer PME 82 ini bertipe 4558 JRC, setelah saya cari-cari tau IC tersebut bisa di ganti dengan tipe 4558D, dan juga bisa di ganti dengan tipe RC4558.

Bahkan setelah saya ganti dengan tipe yang berbeda, namun cara kerja ic sama, menghasilkan suara yang berbeda, lebih bagus dari suara sebelumnya.

Setelah di ganti dengan tipe ke dua, sudah saya sebutkan di atas (4558D dan RC4558) suaranya juga bertambah bagus. saya juga tidak tahu kenapa ? kok bisa lebih bagus, lebih jelasnya silakan lihat datasheet kedua tipe IC tersebut di bawah ini.

Skema datasheet IC

Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB
IC SMD berhasil di ganti channel microphone nomor 4 kembali berfungsi dengan normal dan suaranya bertambah halus serta bertenaga, di iringi dengan lampu lavel kembali hidup apa bila berbicara di depan microphone pada mixer tersebut. 

Dengan semua lampu indikator sudah hidup berarti mixer audio yang saya miliki sudah bagus kembali dan bisa digunakan kembali seperti biasa.

Penutup :

Nah, pembaca setia S P C E.com, sampai disini dulu yang dapat saya shere Cara mengganti IC SMD pada mixer audio Ashley PME 82 USB semoga apa yang saya shering ini bermanfaat buat anda dan juga buat pembaca setia yang lainnya.

Nantikan artikel saya berikutnya tentang memperbaiki elektronik-elektronik lainnya hanya bersama www.saifulcomelektronik.com. SALAM,....

Comments9

  1. sy punya mixer phonic MU 1822X keluhanya elco 1000uf10v di input mic gembung semua sdah sy gnti suara sdah kluar tp suara jelek lampu led indikator L R g nyala sma skali tp lmpu led on/off pd canel nyala kira2 apa lg yg plu di cek lg master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa jika kasusnya apa yang agan tulis, masih ada komponen yang rusak, saran saya periksa semua komponen lagi gan.

      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar di website saya yang sederhna ini

      Delete
    2. JIka lampu RLnya tidak hidup kemungkinan IC pada lalpu indikator RL tersebut sudah mati

      Delete
  2. Punya saya mixer 6 ch pas di on..lampu control nya berkedip2...tapi lampu lainnya mati total udah di ganti saklarnya tapi tetep aja gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. JIka mengalami kasus seperti itu ada dua kemungkinan yang rusak, 1. silkan priksa bagian power subplay yang menuju ke Equ.
      2. Periksa IC, apakah ada kepanasan yang berlebihan, artinya IC tersebut sudah rusak.

      Delete
  3. periksa semua komponen dan jalur komponen gan mungkin ada yang putus

    ReplyDelete
  4. mixer saya xenyx 4 chanel. terdengar suara krak krak pada chanel 1 dan 2.. apakah itu pengaruh dari tombol phantom yang dinyalakan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. Priksa saja gan, Periksa juga komponen bypasnya, yang menuju ke volume

    ReplyDelete
  6. Prmisi mas mau numpang tanya. Q punya ampli merk megavox tpi modelnya sya lupa.. Ampli trsbt mmliki input mic 8 chanel. Kruskan pd bgian mic tdk brfungsi. Tpi saat dinyalakan lampu indikar bagian mic cuman nyala sbntr truz mati.
    Sya udh gnti ic4558 dan tr,nya smua tpi ttep aja kyak gtu.
    Kira" bgian yg mna i2 yg rusakv mas.?? Mhon bntuannya mas..

    ReplyDelete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.