Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt - S P C E.com

Breaking

logo

Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt

Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt

S P C E.com : Assalamu'alaikum wr wb kali ini saifulcomelektronik akan mengulas sedikit mengenai cara service lampu neon kawachi hemat energy 14 watt. Namun sebelumnya telah saya posting juga di web blog saya yang sederhana ini, tentang bagaimana cara memperbaiki lampu hemat energy yang mati.


Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt  

Perhatikan gambar di atas adalah lampu hemat energy, semua lampu tersebut sudah mati, semua lampu tersebut saya dapat dari kantor dimana saya berkerja, kebetulan dikantor saya melakukan kegiatan peremajaan lampu yang mati dan di ganti dengan yang baru.

Lampu yang mati dan di ganti tersebut mereknya kawachi, kemudian lampu tersebut saya bawa pulang kerumah dari pada dibuang oleh petugas kantor kan sayang, mending saya bawa pulang untuk oleh – oleh J dan saya jadikan sebagai bahan oprak-oprek.

Kesemua lampu, masalah kerusakannya berbeda – beda, ada yang terbakar, dan ada juga yang tidak bisa di pakai lagi, karna filament lampu hemat energy tersebut sudah putus akibat sudah termakan umur.

Namun, ada juga filamen di dalam lampu hemat energy itu masih bagus artinya lampu florent tersebut masih bisa di perbaiki karna hanya komponennya aja yang rusak.

Cara Memperbaiki dan Mengetahui Filament

Sekarang kita lanjut bagaimana cara memperbaiki atau Cara service lampu neon kawachi hemat energy 14 watt.

  1. Siapkan obeng mines : fungsinya untuk mebuka casing lampu florent atau neon
  2. Solder listrik
  3. Timah atau tenol
  4. Multitester atau di kenal dengan nama AVO meter
  5. Kabel secukupnya : jika di perlukan nanti
Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt
  • Buka casing lampu hemat energy tersebut menggunakan obeng dengan cara dicongkel
  • Lepaskan tabung neon seperti gambar dari rangkaian atau komponen.
  • Setelah terlepas ukur tabung lampu neon tersebut menggunakan multitester, dengan batas ukur OHM   x1 jika menggunakan multitester analog, jika digital geser swich nya ke gambar lambang OHM. biasanya jika neon masih bagus maka jarum pada multi akan bergerak, menujukan angka sekitar 2-8 OHM. perhatikan gambar dengan tulisan angka 1-2 adalah salah satu kutub neon, jika ada yang putus tidak menunjuk angka berarti neon tersebut sudah rusak.
  • Jika tabung neonnya masih bagus, namun lampu tersebut tidak hidup pada saat di hubungkan ke PLN maka bisa di pastikan kerusakannya pada komponen lampu neon itu sendiri

Memperbaiki Komponen Lampu

Perhatikan komponen lampu hemat energy dibawah ini dan yang perlu di cek kewarasannya dan ganti jika sudah rusak:

Cara Service Lampu Neon (Florent) Kawachi Hemat Energy 14 Watt
  1. Cek semua komponen lampu mengunakan multitester, mulai dari Elco filter setelah diode bridge 400 volt, kerusakan elko tersebut biasanya melembung, ganti elco yang gelembung tersebut dengan yang baru 10uf 400 volt
  2. Cek semua Resistor
  3. Cek Transistor Type 13003 : 2 buah
  4. Apabila komponen semua bagus dan lampu masih mati, berarti masalahnya pada kondensator plyester 3.9 nf – 4 nf / 1200 volt. Meskipun kelihatannya condensator tersebut masih mulus atau tidak bocor.
  5. Fungsi dari condensator plyester tersebut adalah sebagai starter lampu neon dan kondensator tersebut biasanya terhubung langsung ke salah satu kutup lampu neon itu sendiri.
  6. Jika semua sudah di cek dan di ganti komponen yang rusak, tentunya lampu tersebut akan hidup pada saat di hubungkan ke PLN
Penutup

Sampai disini dulu yang dapat saya shering kepada anda pembaca setia saifulcomelektronik.com tentang Cara service lampu neon kawachi hemat energy 14 watt, semoga apa yang saya shering ini bermanfaat buat anda dan juga bermanfaat buat semua orang.

Nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com