BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat Crossover HIGH Speaker Sederhana 1 Way Dengan 5 Komponen

Membuat Crossover HIGH Speaker Sederhana 1 Way Dengan 5 Komponen
Assalamualaikum wr wb ! Hallo pembaca setia saifulcomelektronik.com. Sesuai dengan judul artikel ini Membuat Crossover HIGH Speaker Sederhana 1 Way Dengan 5 Komponen.

Fungsi crossover adalah sebagai pemisah suara TINGGI dan suara RENDAH yang di keluarkan dari power amplifier kemudian di saring oleh crossover baru di alirkan ke speaker, sehingga suara yang  di hasilkan speaker jelas dan enak di dengar.


Membuat crossover HIGH speaker sederhana 1 way dengan 5 komponen

Gambar di atas adalah crossover yang saya buat dengan 1 qutput atau di kenal dengan sebutan 1 way. Crossover biasanya di pasang di dalam speaker sebagai pemisah suara tinggi dan rendah.

Banyaknya qutput dari crossover tergantung berapa banyak speaker yang akan kita gunakan dalam satu buah box speaker.

Contohnya dalam satu box speaker yang akan kita rakit terdapat 3 buah speaker, HIGH, MID, LOW. maka crossover juga harus di sesuaikan dengan 3 varian tersebut, HIGH, MID , LOW. Nah, dalam membuat crossover 3 way nantikan artikel selanjutnya.

Pembuatan crossover 1 way ini cukup sederhana dan mudah hanya menggunakan 5 buah komponen, seperti gambar di atas. Capasitor, resistor, kumparan kemudian di rakit sehingga menjadi sebuah alat yaitu bernama crossover audio.

Alat-Alat Membuat Crossover

1. Solder Listrik
2. Timah / tenol
3. Sedotan timah ( Jika di perlukan )
4. Obeng
5. Tang

Komponen Crossover

1. Papan PCB
2. Capasitor C1 0.878 nf
3. Capasitor C2 475J nf
4. Kawat Email L1 Φ 0.5 170 lilit diameter udara 1 inch
5. Resistor 10 Ω Ohm
6. Resistor 0.22 Ω Ohm

Perakitan Crossover

Dalam perakitan cara membuat crossover ini cukup mudah dan gampang, anda bisa membuatnya dari PCB bolong seperti gambar thumbnail di atas, PCB Bolong sebagai tatakan komponennya.

Jika anda seorang service elektronik, pastinya kamu tau cara perakitannya, oleh karena itu saya tidak menceritakan bagimana proses perakitannya.

Untuk itu, saya sudah siapkan skema crossover sederhana ini ada di bawah, silakan anda ikuti skemanya untuk perakitannya.  

Membuat Crossover HIGH Speaker Sederhana 1 Way Dengan 5 Komponen

Mudah bukan dalam membuat crossover audio speaker ? anda bisa mencobanya dirumah sendiri dengan bahan dan komponen yang sederhana yang ada pada skema di atas.

Penutup

Sampai disini dulu yang dapat saya share kepada anda tentang Cara membuat crossover HIGH speaker sederhana 1 way dengan 5 komponen ini, semoga apa yang ada di artikel ini bermanfaat buat anda, khusunya pembaca setia saifulcomelektronik.com di manapun berada. SALAM,....

Type above and press Enter to search.