Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit - S P C E.com

Breaking

logo

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

S P C E.com : Assalamu’alaikum wr wb ! pembaca setia saifulcomelektronik.com dimanapun berada, apa kabarnya ? tentunya tidak kurang satu apapun, kiranya sehat walapiat dan tidak kurang satu apapun atas rahmat allah yang di berikannya kepada pembaca setia saifulcomelektronik.com semua.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda semua tentang Mengganti filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Lampu florent tentunya kita tidak asing lagi dengan lampu hemat energy yang satu ini, pastinya banyak kita temui di sekitar kita dan juga tidak bisa di pisahkan lagi dari kehidupan kita sehari – hari.

Seiring berkembangnya technology sekarang ini, maka technologiy lampu neon juga ikut berkembang,  tidak seperti lampu neon terdahulu.

Nah, bentuk fisik dari lampu neon sekarang ini berbeda – bedan dan unik, ada yang seperti TORNADO, berbentu U dan masih banyak lagi bentuknya seperti apa.

Seperti  contoh di bawah ini lampu neon yang tidak asing lagi di kehidupan kita.

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Perbandingan

Sinar dari lampu neon tentunya sudah bisa kita bandingkan dengan lampu pijar. Berbading 23 watt lampu neon lebih terang dari pada lampu pijar 100 watt bahkan lampu neon lebih hemat konsumsi listrinya 80 % dari pada lampu biasa yaitu lampu pijar.

Kelemahan lampu neon hemat energy tidak luput dari kerusakan. Karna pada lampu neon terdapat dua bagian, bagian yang pertama adalah tabung neon itu sendiri, dan yang ke dua terdapat kompnen di dalam casing lampu neon tersebut.

Kerusakan yang sering terjadi pada lampu neon adalah pada bagian komponennya. Namun kerusakan untuk tabung biasanya filamennya putus.

Nah, yang kita bahas sekarang, jika salah satu kutup filamen pada lampu neon tersebut sudah putus pastinya akan tidak bisa hidup lagi namun dengan cara Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit maka lampu tersebut akan hidup kembali.

Cara mengganti Filament yang putus

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengganti filamen lampu neon yang putus tersebut.

Mau tahu caranya ?,...

Caranya cukup gampang dan mudah, hanya mengganti filamen yang putus dengan kumparan ferit,  kumparan ferit yang saya maksud adalah seperti gambar di bawah ini.

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Membuat kumparan seperti gambar di atas sangat mudah, kita bisa mengambilnya dari komponen bekas lampu neon juga, biasanya komponen tersebut terdapat lilitan seperti gambar di atas.

Kemudian setelah itu, sambungkan kumparan ferit tersebut ke salah satu filamen lampu neon yang putus tersebut.

Untuk mengetahui filamen yang putus, gunakan multitester, tempelkan kedua kabel pada multi hitam dan merah ke kawat yang terdapat di kutup filamen lampu neon.

Apa bila jarum meter bergerak menunjukkan nilai resistansi sekita 8 Ω (Ohm) berarti filamen didalam lampu neon tersebut masih bagus, apa bila sebaliknya berarti filamen di dalam lampu neon tersebut sudah putus.

Nah, apa bila sudah di ketahui filamen yang putus tersebut, maka kumparan ferit yang sudah di siapakan tadi akan kita gunakan sebagai penggantikan filamen yang sudah putus tersebut dari luar, agar lampu neon kembali hidup. Cara menggantinya perhatikan gambar di bawah ini.

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Maka sesudah kumparan ferit tersebut di sambung ke salah satu kutup filamen yang putus dengan solder, maka lampu neon yang sudah mati tersebut, akan menyala (hidup) kembali seperti biasa.

Lihat gambar di bawah ini lampu neon hidup kembali.

Mengganti filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Video Mengganti Filament Neon dari Luar

Agar lebih lengkap saya sudah siapkan video dibawah ini, mengenai cara Mengganti filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit berdurasi sekitar 11 menit. selamat menonton dan semoga bermanfaat apa yang ada didalam video ini.


Penutup

Sampai disini dulu yang dapat saya shering cara Mengganti filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit, semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang.

Nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di web blog yang sederhana ini  www.saifulcomelektronik.com