Membuat Power Supply 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313 - S P C E.com

Breaking

logo

Membuat Power Supply 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313

Membuat Power Supply 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb ! pembaca setia saifulcomelektronik.com dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi buat anda semua yaitu tentang Membuat Power Supplay 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan tr D313. Tentunya pembaca setia semua sudah tahu apa itu power supply ? power supply adjust yang saya maksud adalah arus dari power supplay ini bisa di atur dari 0 volt sampai 12 volt, bisa juga lebih tergantung qutput dari transformator yang di gunakan.

Membuat Power Supplay 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313

Membuat power supplay adjust ini tidak terlalu sulit, gambar di atas adalah power supplay yang saya buat hanya menggunakan 1 transistor D313 saja, sederhana bukan pembaca setia saifulcomelektronik.com ? kenapa saya menggunakan tr D313 ? iya hanya untuk praktek saja, bila ingin memperkuat wattnya tinggal menambahkan beberapa transistor lagi  atau mengganti trnya yang lebih besar dan mengganti trafo yang lebih besar.

Nah, Kemudahan memakai alat power supplay yang bisa di adjust adalah memudahkan kita dalam segala hal yang membutuhkan daya listrik DC, memudahkan segala hal yang saya maksud adalah tentunya alat elektronik di rumah kita membutuhkan sumber daya yang berbeda – beda. Jika anda seorang yang hobi elektronik tentu membutuhkan alat ini, untuk memperlancar kinerja dalam mereparasi.

Tidak hanya orang yang hobi elektronik saja yang ingin atau memerlukan alat ini, anda juga pembaca setia saifulcomelektronik.com bisa membuat alat ini dengan mudah dan memerlukan alat ini juga. contohnya jika teman – teman ingin mengecas baterai, baterai misalnya AA dan baterai yang lainya. Tentunya power supplay yang bisa di adjust ini bisa di manfaatkan dalam hal mencharger tersebut karna tenggan voltagenya bisa di sesuaikan dengan tenggan baterai itu sendiri. perhatikan gambar dibawah ini, gambar transistor dan komponen pendukung yang saya gunakan.


Cara membuat power supplay adjust voltage 12 volt

Cara membuat alat ini cukup mudah dan sederhana, di artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan bagaimana cara membuat power supplay, namun di artikel kali ini lebih sederhana dan mudah dalam membuatnya. Cara membuat power suplay yang satu ini anda yang bukan hobi elektronik bisa membuat alat power supplay adjust ini dengan mudah dan gampangnya. Anda mau tahu caranya ? anda tinggal menyiapkan komponen di bawah ini.

1. Transistor D313 NPN ( bila ingin lebih kuat gunakan transistor yang lebih besar )
2. Tranformator
3. Diode Kiprok 1 buah
4. Kapasitor 10.000 nf 80 Volt
5. Diode searah satu buah bertipe 1N4001
6. Resistor 100 Ω Ohm
7. Potensio 50 K

Jika semua komponen telah ada, maka saatnya untuk merakitnya, cara merakit kesemua komponen tersebut, perhatikan skema di bawah  ini yang sudah saya buat untuk mempermudah dalam proses perakitannya.


Pengujian

Jika proses prakitan komponen di atas sudah selesai, Saat pengujian, Apakan komponen tersebut berkerja atau tidak ? Jika bekerja komponen tersebut, biasanya ? apabila pada saat di putar potensio 50 K, maka akan terjadi perubahan daya pada qutput dari komponen itu sendiri. Jika di ukur menggunakan multitester pada qutput komponen tersebut maka akan menunjukan voltage naik turun pada saat potensio 50 K di putar. Itu berarti sudah berhasil,…

Nah, mudah bukan cara merakit power supplay yang bisa di adjust voltagenya ? saya ucapkan selamat mencoba buat para pembaca saifulcomelektronik.com yang ingin mencobanya,...

Anda bisa melihat video di bawah ini, hasil dari experiment sederhana yang saya lakukan dalam Membuat Power Supplay 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313. semoga video di bawah ini dapat bermanfaat.


Demikian dulu yang dapat saya shering buat anda cara Membuat Power Supplay 12 volt adjust voltage sederhana Menggunakan TR D313 semoga artikel yang satu ini bermanfaat buat anda dan bermanfaa buat semua orang. Nantikan juga article berikutnya yang lebih menarik lagi.