News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit
Assalamualaikum wr wb ! Pembaca setia saifulcomelektronik, dalam kesempatan kali ini saya mencoba lagi untuk sedikit berbagi kepada anda semua yaitu tentang Mengganti kedua filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit sederhana. 

Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Sebenarnya, sebelumnya sudah pernah saya shering mengenai cara mengganti filament lampu neon yang putus, namun yang sebelumnya, mengganti filament hanya salah satu filament saja pada lampu neon tersebut 

Dan di artikel ini saya mengganti kedua filament lampu neon, Mau tahu caranya yang kedua ini ? Simak selengkapnya artikel ini,….

Kronologis Mengganti Filament Lampu Floren (Neon)

Kronologis Mengganti kedua filament yang putus ini, sama halnya dengan artikel saya sebelumnya, yaitu tinggal menyolder kumparan ferit di kutup lampu neon (floren). 

Pada artikel ini juga sama halnya dengan sebelumnya, menyolder lilitan frit dimana kedua filament yang putus pada lampu neon, perhatikan gambar di atas cara menyolder fridnya.

Tips sederhana ini, awalnya saya mencoba – coba saja, kemudian dan akhirnya bisa menghidupkan lampu tersebut meskipun lampu neon itu filamentnya sudah putus, kemudian dengan cara ini lampu neon itu masih bisa di pakai.

Syarat - Syarat 

Agar lampu neon yang putus bisa hidup lagi, syaratnya komponen didalam lampu masih bagus semuanya.

Tidak hanya itu, sebaliknya juga harus begitu, lampu florent juga harus bagus, dalam arti bagus, lampu florennya masih tidak ada bocor atau pun pecah.

Jika di bagian komponennya rusak tentunya masih bisa di perbaiki, dengan cara mengganti komponen dengan yang baru. Namun jika lampu florennya rusak atau bocor maka tidak bisa lagi diperbaiki.

Jika syarat - syaratnya sudah lengkap artinya Lampu neon atau pun lampu florent bisa di pakai lagi asalkan memakai cari baru ini. Mengganti kedua filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit

Mengetahui Filament yang putus 

Untuk mengetahui filamen sudah putus, kita bisa mengetahui dari kutup filament lampu itu sendiri. Ciri-cirinya warna pada kutup sudah menghitam. 

Namun jangan risau, lampu tersebut masih bisa menyala dengan cara Mengganti kedua filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit.

Cara proses dan cara menyolder lilitan ferit

Cara menyambung lilitan ferit ini cukup mudah, jika anda sedikit bisa di bidang elektronik ataupun ada kemauan tentunya anda bisa menyambungnya hanya dengan meyolder – nyolder saja ferit ke masing-masing kutup filament.

Untuk lebih jelasnya dimana ferit tersebut di solder, silakan lihat gambar di bawah ini :

Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Uji coba experiment 

Jika semua peroses telah dilalui, sudah memberi kumparan perit di kedua kutup filament lampu neon ataupun florent yang putus, seperti gambar di atas, silakan anda hidupkan lampu tersebut dengan cara memasukan arus listrik pln ke lampu neon. 

Nah, sahabat pembaca S P C E.com, tidak usah ragu dengan dengan cara ini, soalnya saya sudah mencoba cara ini dua kali. 

Pertama saya coba, yaitu mengganti satu filament yang putus dengan menyolder kumparan ferit ke salah satu kutupnya.

Cara yang kedua ini di artikel ini, mengganti kedua filament lampu neon yang sudah putus dengan menyolder kumparan perit ke kedua kutup filament yang putus. seperti gambar di atas.

Hasilnya anda bisa melihatnya seperti gambar di bawah ini, yang sudah selesai saya modifikasi mengganti filament yang putus tersebut dengan kumparan ferit, akhirnya lampu tersebut kembali menyala seperti gambar di bawah ini.
  
Mengganti Kedua Filamen Lampu Neon Yang Putus Dengan Kumparan Ferit

Mendapatkan bahan - bahan

Ferit tersebut bisa anda dapatkan di komponen – komponen lampu neon yang sudah mati atau tidak bisa lagi di perbaiki. seperti gambar ferit yang saya solder ke kutup filament yang putus tersebut.

Penutup

Shabat pembaca, demikian dulu yang dapat saya shering di kesempatan kali ini Mengganti kedua filamen lampu neon yang putus dengan kumparan ferit semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat buat semua orang yang membaca artikel ini. nantikan juga artikel berikutnya yang tak kalah menarik. salam,...

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!