3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE - S P C E.com

Breaking

logo

3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE

3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE

Assalamualaikum wr wb ! Hallo para pembaca setia saifulcomelektronik.com ( S P C E ) tahukah anda cara memasang password pada USB Drive ( flasdisk ) ? Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sahabat pembaca setia S P C E.COM tentang bagaimana cara membuat password Pada USB ( flasdisk ) untuk mengamankan data pada USB Falsdisk tersebut.

3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE

Namun saat ini bahwa, media penyimpanan data portebel seperti USB drive sangat banyak digunakan sebagai penyimpan data agar mudah di akses, namun data tersebut bermacam – macam ada data yang pribadi, data perusahaan hingga data dari salinan PC. Nah, data USB memang sangat rentan terkena virus sehingga data tersebut mudah rusak dan hilang termakan oleh virus itu sendiri, namun rentan juga dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Akibat data – data tersebut mudah dicuri dan rusak, maka sekarang ini bermunculan USB drive yang sudah di lengkapi dengan technologi system pengaman data.

Namun, timbul pertanyaan bagaimna jika USB yang biasa yang tidak mempunyai system pengaman tersebut ? Apakah USB drive biasa bisa di pasang fitur pengaman ? jika USB anda masih yang biasa, sekarang ini anda tidak usah khuatir karna saat ini sudah ada beberapa metode simple yang dapat digunakan untuk melindungi USB drive anda yang biasa dengan cara memberikan password agar data anda tidak mudah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu. Mau tahu apa aja metode tersebut ? simak selengkapnya artikel yang satu ini hingga akhir,…..

Tips metode pertama : memasang password di folder atau file
Dalam metode pertama ini, dapat digunakan bila anda ingin melindungi atau mengamankan satu file atau folder. Nah, jika seperti demikian tentunya anda tidak perlu melindungi seluruh isi dari USB drive tersebut dengan menggunakan password. Tentunya hanya dengan cara ini kita mudah untuk mengakses data lain yang besifat public. Jika ingin melindungi seluruh data pada USB Drive tersebut tentunya harus memasang password agar data didalam USB Drive tidak mudah dicuri, Nah, untuk membuat pass tersebut sekarang sudah ada aplikasi folder lock dalam bentuk portebel.

Tips Metode Kedua : MengEknkkripsi data USB Drive
Jika metode yang pertama anda kurang puas, sebaiknya anda memakai cara yang kedua ini yaitu mengEnkkripsi data pada USB Drive tersebut. untuk melakukannya tentunya membutuhkan aplikasi seperti Rohos Mini Drive aplikasi ini hadir dengan versi Free dan berbayar. Kekurangan menggunakan yang Free hanya mampu melakukan Enkripsi USB sebesar 8 GB saja. Perhatikan gambar di bawah ini untuk melakaukan Enkripsi pada aplikasi :


Jika belum mempunyai aplikasi Rohos Mini Drive ini, silakan download dulu pada embah GOOGLE.com dengan kata kunci '' Rohos Mini Drive'' Kemudian Install di PC anda dan jalankan aplikasi tersebut, kemudian pilih menu “Encrypt USB Drive” kemudian ikuti prosudur yang ada. Setelah selesai maka USB drive menjadi dua partisi. Nah, satu partisi biasanya tidak terenkripsi sedangkan partisi yang kedua merupakan terenkrispsi yang terproteksi dengan password.

Tips metode ketiga : mengEnkkripsi seleuruh USB Drive (flasdisk)
Nah, sahabat pembaca setia S P C E, metode yang ketiga ini biasanya digunakan bilamana anda ingin USB Drive yang anda miliki menjadi tempat menyimpan data yang bersifat rahasia. Untuk membuat USB Drive agar bisa terenkripsi seluruhnya, anda dapat menggunakan aplikasi bawaan dari windows itu sendiri apa itu ? yaitu Microsoft Bitloker. Namun sayangnya aplikasi ini sedikit rumit dari aplikasi lain, apa bila anda seorang yang awam, sebaiknya anda menggunakan aplikasi untuk enkripsi yang lebih mudah yaitu DiskCryptor, aplikasi ini tersedia secara gratis alias free.

3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE
  
Apabila anda belum mempunyai aplikasi DiskCryptor download dulu menggunakan Si Embah GOOGLE.com dengan kata kunci '' DiskCryptor '' , Setelah anda mendowload aplikasi tersebut silakan anda install ke PC/laptop anda sendiri. kemudian jalankan aplikasi DiskCryptor kemudian pilih USB Drive yang ingin anda Enkripsi. Kemudian setelah itu klik tombol “EnCrypt” dan ikuti prosudur yang ada pada aplikasi tersebut. Nah, setelah anda berhasil mengenkripsi, maka seluruh data yang terseimpan di dalam USB Drive tersebut tidak bisa di akses kecuali anda mengetahui password untuk membuka enkripsinya.

Sahabat pembaca S P C E sampai disini dulu yang dapat saya shering dalam kesempatan kali ini, kiranya apa yang saya shering ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat buat semua orang tentang 3 Tips memasang password pada USB menggunakan software ROHOS Mini DRIVE. Dan nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik lagi tetap di www.saifulcomelektronik.com
Baca Artikel Beriktunya