News Breaking
Tube
wb_sunny

Breaking News

Modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik sederhana

Modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik sederhana

S P C E.com Assalamualaikum wr wb ! apa kabarnya sahabat pembaca setia saifulcomelektronik.com pada kesmepatan kali ? Dan dalam kesempatan kali ini juga saya akan mencoba berbagi kepada kalian pembaca setia S P C E. yaitu modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik yang sederhana. Nah, Sebelumnya, lampu emergency ini saya beli dari toko penjual lampu listrik di tempat saya tinggal yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya sendiri, dengan kisaran harga tidak terlalu mahal yaitu Rp. 85000,-. Seperti apa lampunya ? Persisnya perhatikan gambar di bawah ini.


Lampu emergency yang saya beli ini mempunyai remot control, fungsi remote tersebut hanyalah untuk mematikan dan menghidupkan LED di dalam lampu emergency tersebut, itupun jika lampu PLN mati maka LED pada lampu tersebut akan menyala otomatis, apa bila jika sudah menggeser saklar on/off ke posisi kanan yang terdapat pada lampu EMERGENCY itu sendiri, Maka lampu LED pada Emergency tersebut dapat di control menggunakan remote on/off, tetapi bukan untuk mematikan lampu yang ada di tengah lampu emergency yang terhubung langsung dengan arus PLN yaitu 220 volt.

Sahabat pembaca S P C E, Tentunya anda penasaran, bagaimana cara modifikasi lampu emergency ini menjadi saklar remot LISTRIK ? karna sebelumnya lampu ini hanya bisa mematikan ARUS DC pada LED menggunakan remote control yang terdapat pada Lampu Emergency Kawachi ini. Mau tahu Cara modifikasi agar menjadi saklar remot listrik ? simak selengkapnya di bawah ini,….

Cara Modifikasi Lampu Emergency Kawachi Menjadi Remot Saklar Listrik

Tentunya untuk memodifikasi lampu emergency ini, lampu emergency ini harus di lucuti dulu, artinya harus di buka dulu chasing lampu ini satu persatu dan yang kita pakai hanya komponennya saja. Perhatikan gambar komponen di bawah ini, lampu emergency kawachi yang sudah saya lucuti dari casing lampu Emergancy tersebut.


Dalam memodifikasi lampu emergency kawachi ini, ada beberapa tambahan komponen agar bisa menjadi saklat listrik, yaitu ada 4 komponen yang perlu di tambahkan ke komponen lampu emergency. Apa aja komponenya berikut di bawah ini :

1. Transistor PNP D313
2. Diode
3. Resistor 100 Ohm
4. Relay  JZG-22nF

Ke 4 komponen di atas sangat mudah di dapatkan di pasaran, kemudian untuk proses perakitan ke empat komponen tersebut sangat sederhana, anda tinggal mengikuti skema di bawah ini yang saya buat sendiri sesederhana mungkin.


Setelah tahap prakitan komponen selesai seperti gambar skema di atas, saatnya proses pengujian. Apakah lampu listrik dapat hidup dan mati pada saat menekan remote lampu tersebut ? jika tidak coba priksa lagi sambungan komponen – komponen yang di rakit.

Nah, perhatikan gambar di bawah ini hasil dari modifikasi yang saya lakukan, dalam memodifikasi lampu emergency dari kawachi ini menjadi saklar lampu listrik. Pada saat saya menekan tombol ON pada remot maka lampu neon yang saya pasang akan menyala, begitu juga sebaliknya. Selengkapnya ada pada gambar di bawah ini :


Perhatikan gambar di bawah ini, pada saat saya menekan tombol OFF pada remote lampu neon yang saya pakai dalam experiment ini mati.


Nah, sahabat pembaca setia S P C E mudah bukan cara memodifikasinya ? tujuan saya untuk memodifikasi hal ini adalah untuk memudahkan saya menghidukan lampu listrik di kamar oprek – oprek saya tampa harus mencari saklar di dinding. Kemudian saya shering ke pada anda lewat website blog saya yang sederhana ini.

Dengan adanya alat saklar remot ini saya tinggal memencet tombol on/off pada remote control, nyala thu lampu di kamar reparasi saya. Jika di beli alat seperti ini tentunya harganya sekitar iya ± Rp. 400.000,-. Namun bermodal modifikasi Rp. 85.000,- irit 90%,….

Berikut dibawah ini video Modifikasi lampu Emergency yang sudah saya siapkan untuk para pembaca setia S P  C E.com Selamat mononton :



Demikian dulu yang dapat saya shering tentang Modifikasi lampu EMERGENCY KAWACHI menjadi saklar remot listrik sederhana semoga apa yang saya shering ini bermanfaat buat teman – teman pembaca setia S P C E dan bermanfaat juga buat semua orang. Nah, nantikan artikel – artikel menarik lainnya hanya di www.saifulcomelektronik.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!