Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform Elektronik Sederhana - S P C E.com

Breaking

logo

Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform Elektronik Sederhana

Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform Elektronik Sederhana

S P C E.com – Assalamualaikum wr wb, Gabus – jika anda mendengar kata gabus apa yang terlintas di pikiran anda ? saya rasa para pembaca S P C E.com tahu yang namanya gabus alias styroform.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi buat anda para pembaca setia S P C E.com, yaitu dalam metode Cara Membuat GUNTING GABUS/ Styroform elektronik sederhana.

Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform elektronik sederhana

Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform Elektronik Sederhana

Gambar di atas merupakan gambar Gabus hasil pemotongan dengan menggunakan gunting elektronik yang saya buat sendiri.

Tentunya anda penasaran seperti apa gunting elektronik yang saya buat tersebut ?

Nah, System elektronik yang saya maksud adalah memotong gabus dengan cara memanaskan gabus itu sendiri, sehingga hasil potongannya bagus dan rapi seperti menggunakan mesin khusus dari pabrikkan.

Jika memotong GABUS menggunakan pisau atau senjata tajam yang lain, tidak serapi alat ini dan tidak seperti yang kita inginkan, malah jika tidak hati – hati GABUS tersebut akan rusak, seperti mengalami patah atau sobek dan sebagainya.

Dengan adanya alat sederhana ini memotong GABUS tersebut akan menjadi rapi tidak cacat sedikitpun hasil guntingnnya.

Alat yang saya namakan adalah Gunting Elektronik. Seperti apa wajah gunting elektronik hasil dari experiment yang saya buat, ada dibawah ini, bentuknya sederhana anda juga bisa membuatnya di rumah.

Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/Styroform elektronik sederhana

Bahan dan komponen membuat Gunting GABUS Elektronik

Bahan dalam membuat Pemotong GABUS cukup sederhana, hanya dari alat berupa bekas Solder listrik kemudian di rakit sesederhana mungkin sehingga contonya menjadi seperti gambar di atas yang siap memotong GABUS.

Nah, Jika anda ingin membuat layangan dari GABUS atau styroform tentunya alat sederhana ini cukup membantu dalam hal pemotongan,  bahan – bahannya ada di bawah ini.
  1. Bekas Solder Listrik ( Ambil Element pemanasnya saja )
  2. Dua batang tembaga atau paku
  3. Papan atau pelastik keras ( sebagai perekat paku atau tembaga untuk bisa didirikan )
  4. Trafo atau Catu daya, dayanya sebesar 9.19 sd 12 Voll DC 
Kemudian, Sesudah ke 4 poin di atas sudah lengkap, saatnya proses perakitan, perakitannya cukup mudah dan gampang.

Cara membuat Gunting GABUS Elektronik Sederhana
  • Siapkan papan dan paku terlebih dahulu kemudian tancapkan paku/atau tembaga yang sudah di siapkan, jaranya satu jengkal orang dewasa.
  • Buka bekas Solder Listrik terlebih dahulu dan ambil element pemanasnya saja, kemudian buka element pemanas tersebut dan ambil benang/filament pemanasnya, setelah itu vilament tersebut di bentangkan di kedua paku/tembaga yang sudah anda siapkan sebelumnya. Contohnya seperti gambar.
  • Kemudian beri kabel/sambungkan secukupnya di antara kedua paku tersebut, setelah itu beri tengangan sekitar 9 volt atau 12 volt, jangan terlalu tinggi, jika terlalu tinggi filamet pemanas tersebut akan cepat putus. 
  • Setelah siap semuanya saatnya untuk memotong GABUS.  Hasil potonggan gabus tersebut di jamin rapi jika menggunakan cara ini.

Video Cara Membuat 
   

Penutup

Sahabat pembaca S P C E.com semoga artikel Experiment Cara Membuat GUNTING GABUS/ Styroform elektronik sederhana ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi, tetap di S P C E.com
Baca Artikel Selanjutnya