Membuat Lampu LED GILA Experiment sederhana, ala S P C E.com

- Advertisement -
S P C E.com : Assalamualaikum wr wb,  Hallo para pembaca setia S P C E.com kereatif, kali ini saya akan sedikit berbagi buat anda dimanapun berada di penjuru Nusantara Indonesia maupun di penjuru Dunia.

Yang akan saya shering ini cukup sederhana, namanya Lampu LED GILA, ala S P C E.com. Mendengar nama, Anda tentunya penasaran seperti apakah wajah dari Lampu LED GILA tersebut ?

Membuat Lampu LED GILA Experiment sederhana, ala S P C E.com

Membuat Lampu LED GILA Experiment Sederhana

Sebenarnya Experiment ini sudah pernah saya shering di artikel sebelumnya, namun saya posting kembali di kesempatan kali ini, mungkin ada teman – teman S P C E.com yang belum tahu tentang hal ini. 

Nah, tentunya artikel postingan ke dua ini berbeda artekulasinya dengan artikel saya sebelumnya. Namun isi dan intinya sama saja.

Experiment Membuat Lampu LED GILA ini, awalnya saya coba – coba sendiri, setelah jadi maka hasilnya menjadi  seperti gambar di atas. dalam membuat Membuat Lampu LED GILA Experiment sederhana, ala S P C E.com komponen yang kita butuhkan juga cukup sederhana, hanya mengunakan komponen bekas saja yaitu Dynamo dari mekanik DVD player.

Kemudian di rakit menjadi satu maka hasilnya menjadi seperti gambar di atas Lampu LED GILA.

Gomong – gomong alias bay the way. Saya rasa apa bila di kembangkan Experiment cara membuat Lampu LED GILA , ala S P C E.com  ini bisa untuk di jadikan sebagai hiasan lampu rumah ( Lampu Hias ) kita sendiri, dengan sedikit menambahkan bantuan bahan – bahan lainnya. 

Nantikan dalam artikel S P C E.com berikutnya, Membuat Lampu Hias LED GILA Ala S P C E.com

Bahan dan Komponen

Nah, komponen yang kita butuhkan untuk membuat Lampu Gila ini cukup sederhana, kenapa saya namakan lampu led gila ? karna cara kerja LED-nya menyala sambil berputar-putar, seperti mainan RODA gila yang ada di taman mainan. Adapun bahan dan komponen dibutuhkan :
  1. 2 buah dynamo dvd
  2. Gir Pelastik
  3. Power suplay Atau bisa juga baterai 9 volt
  4. Dobel tip (lem)
  5. Kabel secukupnya
Membuat Lampu LED GILA Experiment sederhana, ala S P C E.com

Cara Membuat 

  • Pertama sambungkan kedua poros dynamo : pada kedua poros rotor dynamo ( Pertama dan Kedua ) harus di sambungkan menjadi satu poros dengan gir pelastik yang sudah kita siapkan tadinya ).
  • Beri dobel tip ke salah satu dynamo : ( jika dynamo yang kedua posisinya di bawah beri dobel tip di bawah dynamo tersebut, fungsinya agar di dynamo dapat di tempelkan  )
  • Solder led ke dynamo ( Solder kabel merah dan hitam ke kutup + - LED. kabel merah ke + dan kabel hitam ke - )
  • Beri tenggan listrik pada dynamo paling bawah : Dynamo yang posisinya di bawah ( sebut saja dynamo yang kedua ) di beri teganggan di kedua ujung kabel hitam dan merah sebesar 9 Volt DC. untuk memutar poros dynamo paling atas sehingga lampu led menyala dan berputar seperti RODA GILA )
  • Selesai

Video

Berikut dibawah ini video singkat bagaimana proses Membuat Lampu LED GILA , yang saya lakukan.



Baik teman – teman kereatif pembaca setia http://www.saifulcomelektronik.com/ hanya ini yang dapat saya bagi/share di kesempatan kali ini, Membuat Lampu LED GILA Experiment sederhana, ala S P C E.com

Kiranya dapat bermamfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Salam,...

Ingin menerima info menarik dari kami ?