Cara pengOlahan LABU KUNING menjadi lauk pauk ( Jajanan Cemilan ) - S P C E.com

Breaking

logo

Cara pengOlahan LABU KUNING menjadi lauk pauk ( Jajanan Cemilan )

Cara pengOlahan LABU KUNING menjadi lauk pauk ( Jajanan Cemilan )

Assalamua’laikum wr wb hallo pembaca ketemu lagi sama saya ,,di kesempatan kali ini saya akan mencoba menulis secara singkat dan padat tentang olahan labu kuning. tanamannya mudah tumbuh dan mudah di cari serta merakyat juga tidak membuat kantong kering. Selain bisa di olah menjadi jajanan atau cemilan yang sehat ,labu kuning ini juga bisa di olah menjadi lauk pauk .konon katanya buah ini obat dan cocok untuk penderita diabetes atau pun lambung ,terserah mau di konsumsi dengan cara di rebus ataupun dengan cara lain.

Cara pengOlahan LABU KUNING menjadi lauk pauk ( Jajanan Cemilan )

Tapi di sini saya tidak membahas bercerita tentang manfaat labu kuning ,tetapi saya mau menulis olahan labu kuning menjadi cemilan dan lauk pauk  yaitu “ TUMIS LABU KUNING” dan “TIMPAN LABU KUNING” Baiklah kita langsung saja, mari kita lihat bahan yang di perlu berikut di bawah ini :

Bahan
1 Ons labu kuning di kupas kulitnya di potong mejadi bentuk dadu ukuran besar
3 Buah cabai merah
2 Buah cabai rawit
2 Siung bawang putih
3 Butir buah kemiri
1 Ruas jari kunyit
3 Siung bawang merah
3 Sdm  minyak untuk menumis
Segelas air secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuatnya :
Langkah pertama semua bahan tadi di giling atau di belender halus
Selanjutnya panaskan minyak kedalam wajan di api yang tidak terlalu panas alias tidak kencang,lalu tumiskan bumbu setelah di haluskan tadi hingga tercium wanginya.
Selanjutnya tuangkan air perlahan-lahan, beri garam secukupnya aduk dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu masukkan potongan labu tadi dan biarkan bumbunya meresap dan menggental , tumisan tidak terlalu kering ataupun berair . dan sajikan dengan nasi panas .
                            
  “ Timpan labu Kuning

Bahannya :
Labu kuning di potong dadu ukurannya tidak terlalu kecil
1 bungkus Tepung beras ketan 
Santan encer untuk merebut labu
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Daun pucuk pisang unuk membungkusnya    
Minyak untuk mencetaknya
Pirng pirex yang bagian bawahnya rata
Bahan selainya ( inti )
2 buah kelapa di kukur halus
Dua keping gula merah ( gula aren)
Dua helai daun pandan
Air secukupnya

Cara membuat :
Langkah pertama : potong daun pucuk pisang menjadi bentuk persegi panjang ,rebus labu dengan santan encer selama 15 menit.
Langkah kedua (pembuatan inti ) : cairkan gula merah dengan air  setengah gelas duralex di          dalam wajan dengan  api sedang ( tidak terlalu besar /kecil                                                                        Setelah gula cairmasukkan daun pandan aduk hingga keluar                                                                        bau pandannya. Kemudian masukkan kelapa yang telah di kukur aduk hingga air gula meresap dan sedikit kering
Langkah ketiga    :  aduk labu dengan 1 bungkus tepung beras ketan dengan munuangkan santan encer rebusan labu tadi sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu encer. Aduk hingga merata sampai bentuk adonan dapat di bentuk dan jangan lupa beri sedikit garam pada adonan.
Langkah ke empat : cetak  adonan menjadi bola dengan ukuran sedang setelah itu letakkan adonan bulat tadi di atas daun  untuk membungkus dan di beri minyak dahulu lalu tekan dengan bagian bawah piring hingga adonan menipis lalu berikan inti dan tutup inti itu dengan adonan.

Setelah itu gulung adonan tadi dengan daun setelah itu ujung kiri dan kanan di lipat ke bawah. Lakukkan seperti itu seterusnya hingga adonan habis. Saji kan dalam keadaan dingin
Penulis : Hermayani
Baca Artikel Berikutnya