Kuliner tradisional terpopuler di provinsi aceh tenggara “ PEPES IKAN BURUK “ - S P C E.com

Breaking

logo

Kuliner tradisional terpopuler di provinsi aceh tenggara “ PEPES IKAN BURUK “

Kuliner tradisional terpopuler di provinsi aceh tenggara  “ PEPES IKAN BURUK “

S P C E.com : Hallo para pembaca !!! Apa yang terpikir di pikiran anda tentang kuliner tradisional ini ? yang bernama ikan buruk, apakah ikan ini dalam keadaan hancur ? Silakan anda beri jawabannya di kolom komentar pada artikel ini. Di artikel kali ini saya akan menjelaskankannya secara singkat  sekaligus mengenalkan Menu Terpopuler di Aceh tenggara  ( Aceh Gayo ) “ PEPES IKAN BURUK “.

Kuliner tradisional terpopuler di provinsi aceh tenggara  “ PEPES IKAN BURUK “


menu ini biasanya banyak di gemari pada umumnya orang – orang tua di gayo yang tidak menyukai ikan laut. Ikan yang di guna kan adalah ikan di perairan sungai berbatuan  di kenal dengan nama ikan gegaring, konon katanya ikan ini banyak terdapat di daerah takengon  dan ikan ini masi termasuk saudaranya ikan emas , sisik dan bentuknya sama seperti ikan emas. Jika ramandhan tiba menu ini wajib ada dan ramai di jual di pasaran . berikiut ini adalah bahan

Bahannya

Satu ekor ikan gegaring atau bisa di ganti dengan ikan emas
                Daun pisang 4 lembar berukuran besar untuk membungkus
                4 batang pucuk labu siam beserta daun pucuknya
                3 buah cabai merah
                3 buah cabai kecil ( cabai rawit )
                1 siung bawang putih
                3 siung bawang merah
                2 butir kemiri
                ½ ruas jari kunyit
                ½ ruas halia ( jahe )
                Satu buah tomat di iris kecil – kecil
                1 tetes perasan jeruk nipis
                2 lembar daun jeruk
                ½ ruas batang serai

Kuliner tradisional terpopuler di provinsi aceh tenggara  “ PEPES IKAN BURUK “

Cara membuatnya
  • Langkah pertama : Terlebih dahulu ikan di siangkan atau di bersihkan .setelah bersih ikan tadi di busukkan selama 3 hari dengan cara menaburkan garam dan sedikit kunyit giling lalu di bugkus dengan daun pisang dan di simpan di dalan lemari atau wadah yang kedap udara. setelah ikan sudah di busukkan hingga baunya tercium menyenggat di hidung baru ikan ikan ini dapat kita olah .
  • Langkah kedua : giling semua bumbu kecuali serai , tomat , daun jeruk dan pucuk labu siam kemudian susun  daun pisang untuk membungkus, lalu  susun pucuk labu siam tadi di atas daun pisang setelah iitu letakkan bumbu tadi sedikit demi sedikit lalu letaakkan ikan buruk tadi sambil di bumbui , setelah ikan sudah bterbumbu semua letak kan potongan tomat tadi lalu bungkus jangan sampai bumbu keluar.kemudian  rebus dengan sedikit air dan rebus hingga air rebusan menggering lalu panggang di atas bara hingga lapisan pertama hanggus. Sajikan dengan nasi panas.   
Penulis : Hermayani