Breaking

logo

Kamis, 19 November 2015

Beberapa Tips and trik sederhana cara mempercepat koneksi WiFi

Beberapa Tips and trik sederhana cara mempercepat koneksi WiFi

S P C E.com – Ketika koneksi jaringan nirkabel (WiFi) buruk tentunya bisa membuat orang merasa bosan dan juga tertekan apa bila internet merupakan bagian dari kehidupan sehari – hari seseorang, mulai dari hiburan maupun yang lainnya. Nah, tentunya Anda tidak usah panic bila koneksi WiFi di rumah anda tiba – tiba terhambat, jika mengalami seperti ini langkah awal yang harus anda lakukan yaitu mengecek ke adaan Router WiFi yang anda miliki.


Namun tahukan anda ??? Apabila posisi, anda meletakkan router dapat berpengaruh terhadap koneksi pada kekuatan sinyal WiFi ? posisinya saja dapat berpengaruh, apalagi dalam pengaturan setting WiFi tersebut.

Namun anda tidak usah khawatir saya telah menyiapkan beberapa tips di bawah ini yang bisa anda ikuti tentunya, mudah – mudahan dapat untuk mengatasi masalah WiFi yang terjadi terhadap anda saat ini.

1. Cek terlebih dahulu Posisi Router yang anda miliki
Pada saat mengecek posisi Router merupakan hal yang sepele, namun efeknya bisa berpengaruh, karna router bekerja mengirim sinyal kesemua arah, oleh sebab itu, anda seharusnya meletakkan posisi router tepat pada di bagian tengah ruangan di rumah anda, maupun di kantor anda.

Apabila anda meletakan router sembarang misalnya di samping jendela, atau berdekadan dengan dinding rumah anda sendiri, maka sinyal akan terbuang ke luar rumah dengan sia – sia, bahkan bisa jadi, sinyal yang keluar tersebut akan di pakai oleh orang yang tidak bertangung jawab. Dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan pada rumah anda.

2. Jangan letakkan Router di tempat yang rendah (lantai)
Untuk Mendapat sinyal yang baik, maka letakan router di tempat yang tinggi. Contonya letakan router di atas meja atau bisa saja di atas lemari (tentunya lebih baik). Meletakan router di tempat tinggi tentunya akan menguntungkan karena Router nirkabel mengirim sinyalnya yang sipatnya kebawah. Jika di letakan di lantai tentunya sinyal yang di kirim dari Router tersebut tidak bisa merambat dengan baik kesemua arah.

3. Letakkan router di tempat khursus
Agar sinyal wifi di rumah anda kuat maka letakkan router tersebut di tempat yang khusus, sebaiknya letakkan router wifi dimana anda sering menempati ruangan di rumah anda sendiri.

4. Pilihlah tempat yang terbuka
Sebenarnya sinyal router dapat terpengaruh dengan benda asing, yang dapat menyerap sinyal router itu sendiri, sehingga kinerja router menjadi lambat alias tidak normal dan juga optimal. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda tidak meletakan router di tempat yang di batasi dinding tebal. Usahakan posisi router terlihat dari mana saja dan jauh dari himpitan benda apapun.

5. Jauhkan Dari Alat Elektronik lain
Jauhkan Router anda dari benda yang dapat mengganggu sinyal wifi itu sendiri, seperti radio HT, microwave, telepon tampa kabel, dan juga televise serta prangkat elektronik apapun yang dapat memancarkan sinyal elektromagnetik. Yang dapat mempengarahi sinyal wifi itu sendiri.

6. Atur Antena Agar berdiri tegak lurus
Usahan pada saat menyeting antenna router, pastikan antennanya tegak lurus. Karna jika anda membuat posisi seperti ini maka sinyal dari router tersebut akan terpancarkan ke segala arah secara horizontal. Tentunya sinyalnya akan menjangkau ke seluruh bagian ruangan.

7. Priksa kekuatan sinyal pada laptop anda sendiri
Periksa kekuatan sinyal pada router wifi anda, menggunakan sejumlah aplikasi yang tidak asing lagi yaitu Cloudcheck atau Amped, yang dapat digunakan untuk keperluan memeriksa kekuatan sinyal pada router wifi.

8. Atur Piranti lunak router itu sendiri
Saya rasa dipoin nomor lapan ini yang paling penting yang harus anda perhatikan, karna dipoin lapan ini anda bisa mempercepat koneksi WiFi dengan cara memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Agar dapat menuju jalur akses piranti lunak tersebut bisa dibuka dengan alamat ip khusus. Bisanya IP khusus tersebut tertulis di box router itu sendiri.

Setelah memasuki kedalam menu pengaturan router wifi, maka anda bisa mengubah channel frekuensi router itu sendiri, biasanya channel yang khualitasnya baik yaitu channel 14 dan 1,6 dan juga 11. Karna channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang besinggunggan atau bentrok dengan channel yang di gunakan orang lain.

Selain pengaturan channel, anda juga harus mengecek pemutakhiran firmware terbaru dari router itu sendiri, biasanya setiap pabrik router atau pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk meningkatkan kinerja router tersebut.

9. Lakukan Speed test pada router
Untuk mengetahui letak masalah kenapa wifi anda lelet, lakukan speed test pada router itu sendiri dengan cara, pertama lakukan browser internet menggunakan koneksi wifi, kemudian lakukan lagi dengan hal sama, namun akan tetapi menggunakan kable LAN, jika anda merasa keduanya koneksinya buruk, ber arti masalahnya pada penyedia layanan internet di tempat anda.

10. Beli Router Baru
Poin sepuluh ini merupakan jalan terakhir, bilamana anda sudah memastikan, merasa koneksi dari penyedia layanan internet tidak bermasalah. Maka Beli-lah router wifi yang baru yang khualitasnya baik.

Baik para pembaca setia S P C E.com semoga artikel yang satu ini bermanfaat buat anda, dan dapat juga bermanfaat buat orang lain.
Baca Artikel Beriktunya