News Breaking
Tube
wb_sunny

Breaking News

2 Ledakan bom Guncang Thamrin Jakarta Pusat berlangsung di lokasi Sarinah

2 Ledakan bom Guncang Thamrin Jakarta Pusat berlangsung di lokasi Sarinah

S P C E.com: Jakarta, Dua ledakan berlangsung di lokasi Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Situasi terlihat mencekam. Polisi tutup serta mensterilisasi lokasi ini. Jalan Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia ditutup untuk dua arah. Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal menyampaikan empat pelaku sukses dilumpuhkan serta ditembak mati di jalan serta Menara Cakrawala, Kebon Sirih. Keseluruhan ada tujuh korban tewas, pelaku serta dari orang-orang. Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnacian serta Wakapolri Jenderal Budi Gunawan di tempat peristiwa.

2 Ledakan bom Guncang Thamrin Jakarta Pusat berlangsung di lokasi Sarinah

Sistem evakuasi jenazah tengah berjalan di seputar Pos Polisi Sarinah, tempat ledakan di jantung kota Jakarta. Tampak empat mobil ambulans, dua dari PMI serta dua lagi dari polisi. Sekurang-kurangnya dua jenazah sudah diangkut memakai kantong jenazah berwarna oranye serta dimasukkan ke mobil ambulans.

Mal Grand Indonesia yang terdapat di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, menyebutkan tutup sesaat lantaran ledakan di seputar Sarinah. Presiden Jokowi mengemukakan duka atas tragedi ledakan bom di Thamrin Jakarta Pusat ; mengecam teror itu ; memerintahkan Kapolri serta Menkopolhukam untuk menguber serta menangkap pelaku dan semua jaringannya. Jokowi juga meminta orang - orang untuk terus tenang.

Evakuasi dikerjakan dibagian belakang Hotel Sari Pan Pacific. Ambulans masuk hotel. Korban yang dievakuasi yaitu yang pada awal mulanya tergeletak di Pos Polisi Sarinah. Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal menyampaikan korban jatuh datang dari polisi, pengunjung, serta pelaku. Menurut dia, pelaku dilumuhkan. Menteri Koordinator Bagian Politik Hukum serta Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan yang tengah bertandang ke daerah perbatasan kembali pada Jakarta untuk ikuti rapat kabinet terbatas yang di pimpin Jokowi.

Satu korban masuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Belum di ketahui bagaimanakah keadaan korban. Pengamanan Istana Kepresidenan diperketat. Pasukan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Detasemen Deteksi turunkan anjing pelacak serta menyisir kompleks Istana. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan ledakan di Sarinah, Jakarta Pusat, adalah peringatan untuk siaga satu. Tjahjo menyebutkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah mendatangi tempat ledakan untuk memonitor segera.

2 Ledakan bom Guncang Thamrin Jakarta Pusat berlangsung di lokasi Sarinah

Beberapa toko di lokasi Sarinah semuanya tutup. Tim Gegana beranggotakan belasan orang menyusuri Djakarta Theater. Mereka kenakan pakaian komplit termasuk juga rompi antipeluru, serta menyandang senjata laras panjang. Sejumlah 500 personel polisi diterjunkan ke pusat Jakarta yang diguncang ledakan. Lima ambulans disediakan di depan Hotel Sari Pan Pacific.

Yang ada di Gedung Sarinah mendengar ledakan dari arah Tanah Abang. Pada awal mulanya juga terdengar tembakan di Gedung Lotus berkali-kali serta ada nada pecahan kaca. Situasi semakin mencekam. Polisi berkumpul di pintu masuk Cinema XXI Djakarta Theater. Sebagian polisi tampak berlarian menuju Pos Polisi Sarinah yang hancur. Polisi mengerahkan water cannon, helikopter. Pasukan senapan laras panjang tiba. Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Rudy Heryanto mengambil keputusan status siaga 1 untuk wilayahnya. 

Tembakan terdengar berkali-kali dari arah Gedung Lotus pas di belakang Starbucks. Gedung dipantau sniper. Jenazah korban belum diangkat masih tetap menanti kantung mayat. Gedung Djakarta Theater masih tetap dikepung polisi. Terdengar nada tembakan. Polisi meminta wartawan mundur. Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal menyampaikan ledakan mengincar pos polisi jalan raya Sarinah. Jumlah pelaku belum dapat di pastikan, tetapi kian lebih empat orang. Petugas lakukan sistem evakuasi gedung Skyline serta memburu pelaku ke lantai atas

Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan menyampaikan ledakan bukanlah bom bunuh diri, namun granat yang dilempar dari motor. Diatas gedung Djakarta Theater ada grup bersenjata yang tengah diburu Tim Brimob, Gegana, serta Densus. Gedung Djakarta Theater dipantau tim penembak tepat atau sniper.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo tiba di tempat. Dia membawa pasukan beranggotakan seputar 30-40 personel. Mereka masuk ke tempat kosong samping Wisma Mandiri serta lakukan pemantauan dari tempat rimbun oleh ilalang ini. Seseorang satpam menyampaikan ada pelaku yang lari ke arah gedung perkantoran di seputar Sarinah. Wakil Presiden Juiceuf Kalla yang sudah rampung bersaksi di persidangan Jero Wacik pernah menanti 1/2 jam untuk meyakinkan jalur yang dilaluinya menuju Istana aman. Polisi lakukan sterilisasi tempat peristiwa, dari perempatan Patung Arjuna hingga Bundaran HI.

2 Ledakan bom Guncang Thamrin Jakarta Pusat berlangsung di lokasi Sarinah

Dari video yang disiarkan TVOne, tampak bom meledak 2 x di Pos Polisi Sarinah yang menghancurkan pos polisi di perempatan lokasi ini. Ambulans tampak masuk ke tempat peristiwa. Itu ambulans ke-2 yang menuju tempat sesudah beberapaw aktu pada awal mulanya satu ambulans sudah masuk lebih dahulu. Polisi antiteror bergerak ke tempat serta sebagian dari mereka mengarahkan senjata ke atas Gedung Sarinah. Di depan Gedung Sarinah juga dipenuhi polisi antiteror. Garis polisi dipasang dari sisa Gedung Kedutaan Australia hingga Kebon Sirih. Tembak-menembak terdengar berhenti.

Kapolda Metro Jaya serta Kabareskrim Polri bergerak menuju pos polisi dari Polda Metro Jaya serta Mabes Polri. Polisi temukan senjata di tempat. Polisi bersenjata komplit laras panjang telah masuk ke tempat ledakan. Dari kesaksian warga, ada beberapa korban wafat dunia, tetapi belum dapat di konfirmasi dari pihak berwenang. Beberapa puluh polisi bermotor menuju tempat peristiwa lewat Hotel Sari Pan Pacific. Polisi mulai menyerbu ke jalan dekat tempat ledakan serta tembak-menembak yang ada di dekat Starbucks. Masih tetap terdengar nada ledakan. Empat polisi masuk dari Gedung Bangkok Bank ke tempat peristiwa. Tembakan mulai reda.

Tembak-tembakan masih tetap terdengar di Pos Polisi Sarinah, Thamrin Jakarta. Pos polisi hancur. Keseluruhan terdengar enam ledakan. Polisi datang dengan senjata komplit. Satu orang tampak tergeletak di dalam jalan Pos Polisi Sarinah, sedang satu orang lain berkewarganegaraan asing tergeletak di depan Starbucks. Ledakan mengguncang lokasi Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Disusul oleh rentetan ledakan selanjutnya.

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!