News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

S P C E.com: Kita tahu bahwa speaker merupakan alat pengeras suara, namun tahukan anda di dalam box speaker terdapat sebuah rangkaian elektronik yang disebut sebagai crossover pasif, Nah alat tersebut yang berada di dalam box speaker berfungsi sebagai pemisah (filter) agar suara speaker menjadi lebih mantap dan tidak bercampur baur.

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Gambar di atas merupakan Crossover 1 Way sederhana buatan saya sendiri Admin S P C E.com (www.saifulcomelektronik.com) PCB yang saya gunakan PCB yang sudah di lobangi sehingga mudah digunakan untuk meletakkan komponen – komponen untuk ber-experiment J. tentunya bagi anda yang ingin merakit crossover 1 way ini tidak ada salahnya untuk di coba dan jika ingin menggunakan PCB yang saya gunakan pada gambar anda bisa membelinya, karna banyak di jual di pasaran.

Jenis Sistem Crossover

Crossover ada dua jenis, jenis yang pertama yaitu crossover pasif dan kedua adalah jenis crossover Aktif, crossover pasif sering  di pakai di dalam box speaker, untuk memisahkan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. crossover aktif sering di pakai pada alat soundsystem.

Sistem Crossover Pasif

Crossover pasif berfungsi sebagai pemisah (filter) suara tanpa memerlukan sumber arus listrik, umumnya di tempatkan dalam box sebuah speaker yang terbuat dari rangkaian L dan C yaitu lilitan kawat tembaga dan sebuah komponen elektronik yaitu Elco.

Sistem Crossover Aktif

Crossover Aktif yaitu berupa rangkaian elektronik yang memerlukan tegangan arus listrik yang berbentuk rangkaian filter, adapun rangkaian tersebut yaitu R (resistor) dengan C (condencator) dan semikonduktor bisa seperti IC atau transistor. Dalam hal ini terdapat beberapa system crossover, system 2 jalur, tiga jalur, dan empat jalur.

Cara membuat crossover pasif sederhana 1 way

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan mengajak anda para pembaca setia S P C E.com, untuk membuat sebuah crossover pasif 1 way sederhana, tentunya artikel Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik ini, saya khususkan bagi para pembaca  yang hoby dalam hal belajar elektronika.

Untuk membuatnya, Dibawah ini telah saya siapkan skema rangkaian crossover 1 way, yang mana hasil aslinya bisa anda lihat pada gambar 1 di atas, dan dibawah ini gambar skemanya, crossover ini juga telah saya uji, hasilnya lumayan bagus dan tahan lama. jika anda ingin merakitnya anda tinggal mengikuti jalur skema yang saya buat di bawah ini :

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Pembaca setia S P C E.com di bawah ini juga saya sudah menyiapkan video singkat, pada saat saya merakit Crossover Pasif 1 Way sampai tahap pengujian crossover pasif tersebut, berikut di bawah ini videonya :



Baik Sahabat pembaca setia S P C E.com demikian dulu artikel yang satu ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat buat anda semua, khususnya buat para pembaca setia dimanapun berada www.saifulcomelektronik.com.

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!