BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Kita tahu bahwa speaker merupakan alat pengeras suara, namun tahukan anda di dalam box speaker terdapat sebuah rangkaian elektronik yang disebut sebagai crossover pasif.

Nah alat tersebut yang berada di dalam box speaker berfungsi sebagai pemisah (filter) agar suara speaker menjadi lebih mantap dan tidak bercampur baur.

Gambar di atas merupakan Crossover 1 Way sederhana buatan saya sendiri, PCB saya gunakan pcb yang sudah di lobangi sehingga mudah digunakan untuk meletakkan komponen – komponen untuk ber-experiment J

Bagi anda yang ingin merakit crossover 1 way ini tidak ada salahnya untuk di coba dan menggunakan PCB yang saya gunakan seperti pada gambar anda bisa membelinya di toko online banyak di jual.

Jenis Sistem Crossover

Crossover ada dua jenis, jenis yang pertama yaitu crossover pasif dan kedua adalah jenis crossover Aktif, crossover pasif sering  di pakai di dalam box speaker contohnya seperti gambar thumbnail di atas. crossover aktif sering di pakai pada alat soundsystem.

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Sistem Crossover Pasif

Crossover pasif berfungsi sebagai pemisah (filter) suara tanpa memerlukan sumber arus listrik, umumnya di tempatkan dalam box sebuah speaker yang terbuat dari rangkaian L dan C yaitu lilitan kawat tembaga dan sebuah komponen elektronik yaitu Elco.

Sistem Crossover Aktif

Crossover Aktif yaitu berupa rangkaian elektronik yang memerlukan tegangan arus listrik berbentuk rangkaian filter, adapun rangkaian tersebut yaitu R (resistor) dengan C (condencator) dan semikonduktor bisa seperti IC atau transistor. 

Dalam hal ini terdapat beberapa system crossover, system 2 jalur, tiga jalur, dan empat jalur. Namun yang kita pada artikel ini berupa Crossover Pasif.

Cara membuat crossover pasif sederhana 1 way

Untuk membuat sebuah crossover pasif 1 way sederhana, dibawah ini telah saya siapkan skema rangkaian crossover 1 way, yang mana hasil aslinya bisa anda lihat pada gambar 1 di atas, 

Dan dibawah ini gambar skemanya, crossover ini juga telah saya uji, hasilnya lumayan bagus dan tahan lama. jika anda ingin merakitnya anda tinggal mengikuti jalur skema yang saya buat di bawah ini :

Membuat crossover audio pasif sederhana untuk speaker satu way, tanpa sumber listrik

Dan sudah saya siapkan juga sebuah video singkat, pada saat saya merakit Crossover Pasif 1 Way dari awal sampai tahap pengujian crossover pasif tersebut :



Penutup 

Baik Sahabat pembaca setia S P C E.com demikian dulu artikel yang satu ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat buat anda semua, khususnya buat para pembaca setia dimanapun berada www.saifulcomelektronik.com.SALAM,......

Comments2

  1. Replies
    1. ini untuk nada tinggi saja gan, untuk subwoofer biasanya langsung di sambungkan ke sumber output speker

      Delete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.