Panduan & Trick Langkah Melindungi Diri dari serangan Kejahatan beberapa Cyber (heaker) - S P C E.com

Breaking

logo

Panduan & Trick Langkah Melindungi Diri dari serangan Kejahatan beberapa Cyber (heaker)

Panduan & Trick Langkah Melindungi Diri dari serangan Kejahatan beberapa Cyber (heaker)

S P C E. com : Bersamaan dengan perubahan tehnologi, kejahatan siber juga jadi makin mutakhir. Walau demikian, bukanlah bermakna Anda dapat berhenti memakai internet. Dalam rencana menyongsong Safer Internet Day, Hari Internet yang Lebih Aman, Google, Symantec, serta Norton memberi sebagian panduan untuk meyakinkan Anda tetaplah aman waktu menjelajah internet.

Panduan & Trick Langkah Melindungi Diri dari serangan Kejahatan beberapa Cyber (heaker)

1. Pakai password yang kuat

Pemakaian password adalah bentuk perlindungan yang paling mendasar. Walau demikian, cuma lantaran seorang sudah memakai password, bukanlah bermakna dia sudah aman. Beberapa orang memakai sebagian password yang gampang ditebak.

Google mengatakan, password yang kuat terbagi dalam huruf, nomer serta lambang. Namun, hal semacam itu saja kurang. Ada banyak hal lain yang perlu di perhatikan bila Anda menginginkan bikin password yang kuat namun gampang diingat. Terkecuali memakai password yang kuat, baiknya Anda juga ganti password Anda dengan cara berkala. Symantec serta Norton mengatakan saat ideal pergantian password yaitu tiap-tiap 3 BULAN sekali.

2. Janganlah pakai password yang sama untuk sebagian akun

Bila Anda memakai password yang sama untuk sebagian account, jadi waktu seseorang hacker sukses menebak password Anda, dia bakal memperoleh akses ke semuanya account yang memakai password itu. Karenanya, baiknya Anda memakai password yang tidak sama untuk tiap-tiap account.

Bila Anda kesusahan untuk mengingat semuanya password itu, Anda bisa memakai aplikasi Password Manager. Anda dapat juga menuliskannya password di selembar kertas serta menyimpannya ditempat yang aman. Namun, yakinkan Anda tak menuliskan kalau apa yang tercatat pada kertas yaitu password Anda. Begitu, walau seorang lihat kertas itu, dia akan tidak tahu kalau kertas itu diisi password.

3. Pakai system autentikasi 2 aspek

Sebagian penyedia service, seperti Gmail dari Google, tawarkan system keamanan autentikasi 2 aspek. Waktu system ini aktif, Anda bukan sekedar mesti memasukkan password untuk masuk ke account Anda. Anda harus juga memasukkan satu kode yang diantar ke smartphone Anda. System seperti ini umumnya juga dipakai oleh perbankan.

Panduan & Trick Langkah Melindungi Diri dari serangan Kejahatan beberapa Cyber (heaker)

4. Janganlah asal-asalan mengklik tautan di e-mail atau media sosial

Sekarang ini, sosial media kerap jadikan alat untuk sharing berita. Tak heran bila beberapa orang yang memberi tautan pada suatu post yang mereka unggah. Oleh karena itu, baiknya Anda waspada waktu akan mengklik tautan yang ada pada e-mail atau satu post di sosial media, terlebih bila tautan itu ada di e-mail atau post yang mencurigakan.

Sekarang ini, kadang-kadang penjahat siber memakai account korban untuk kirim tautan beresiko ke beberapa orang yang korban kenal.

5. Cermati kriteria system aplikasi

Waktu Anda akan mengunduh satu aplikasi ke smartphone Anda, cermati kriteria system yang disuruh oleh aplikasi. Kadang-kadang, aplikasi bakal memohon izin untuk memperoleh akses dari jarak jauh. Matikan akses ini bila Anda rasa aplikasi itu tak memerlukannya.

Terkecuali kriteria system pada aplikasi untuk smartphone Anda juga baiknya memerhatikan kriteria system yang disuruh waktu Anda menempatkan piranti baru seperti router atau piranti cerdas yang lain.

6. Janganlah gampang percaya

Waktu Anda terima satu e-mail yang memohon Anda untuk lakukan hal yg tidak umum, janganlah gampang yakin. Bahkan juga, baiknya, Anda tak membalas e-mail itu. Waktu Anda di kantor, lakukan diri untuk ikuti prosedur kantor. Bila Anda terima e-mail yang mencurigakan, saksikan alamat pengirim e-mail serta konfirmasi kebenaran e-mail itu. Diluar itu, Anda baiknya tak gampang yakin dengan pesan-pesan yg tidak masuk akal yang ada di sosial media.
Baca Artikel Berikutnya