News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Spesifikasi Mobil Rio Haryanto serta pembalap asal Jerman F1 2016 di Manor Racing

Spesifikasi Mobil Rio Haryanto serta pembalap asal Jerman F1 2016 di Manor Racing

S P C E.com : Manor Racing resmi mengenalkan mobil baru di sirkuit Catalunya, Barcelona, Senin (22/2/2016) tempo hari. Manor Racing melaunching Manor MRT05 yang akan jadi geberan pembalap Indonesia, Rio Haryanto serta pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein di balapan F1 2016. 

Spesifikasi Mobil Rio Haryanto serta pembalap asal Jerman F1 2016 di Manor Racing

Namun Ada beberapa ketidaksamaan di mobil baru di banding pendahulunya, Manor M03B. Satu diantara yang mencolok yaitu, Manor saat ini menggunakan mesin pabrikan asal Jerman, Mercedes Benz sesudah dua musim memakai mesin Ferrari. Musim ini, MRT05 memakai dapur picu Mercedez PU106C Hybrid Turbo 1. 6 L V6. 

Sesuai sama regulasi F1 yang mengusung mesin hybrid (gabungan pada mesin listrik serta mekanik) , MRT05 juga dilengkapi motor elektrik Motor Generator Unit. MRT05 ini dapat menerapkan gearbox (tempat tinggal transmisi) semi automatis buatan Williams dengan 8 percepatan serta satu gigi mundur. Di mobil MRT05 ada dua komponen Williams yakni suspensi belakang serta girboks. Sedang, 

Piranti itu dipasangkan diatas sasis buatan Manor memiliki bahan basic komposit dengan tulang penyangga jenis 'sarang lebah'. Pemakaian sasis berbahan serat karbon bikin bobot mobil kurang dari satu ton. Ditulis dari website resmi Manor, mobil ini cuma mempunyai berat 702 kg. 

Dengan spesifikasi baru, MRT05 mempunyai 750 sampai 850 tenaga kuda di putaran 15. 000 rpm. Tenaga ini dapat bisa jadi tambah dengan pertolongan motor elektrik yang ditanamkan pada mobil. Dimensi keselurahan, MRT05 mempunyai panjang 500 cm dengan lebar 179 cm serta tinggi 37 cm. 

Mesin Mercedez Benz PU106C 

MRT05 sudah turun lintasan pada eksperimen di sirkuit Catalunya Barcelona. Pembalap Manor, Pascal Wehrlein memperoleh peluang pertama kalinya untuk menggeber mobil baru. Dalam session eksperimen ini, Wehrlein ada di posisi 10 dalam daftar 11 pembalap di session tes pertama hari ke-2 di sirkuit Catalunya, Spanyol. Pasti, catatan ini jadi pekerjaan rumah untuk Manor mendekati balapan perdana di GP Australia di Melbourne, (20/3/2016) yang akan datang. 

Dalam session tes pertama, ketidaksamaan saat Manor MRT05 dengan pembalap paling cepat, Sebastian Vettel pembalap Scuderia Ferrari terpaut jauh, lima detik. Wehrlein mengantongi saat paling baik 1 menit 29. 591 detik sesaat Vettel membukukan waktu 1 menit 24, 939 detik dalam 30 lap. Gagasannya, Rio akan menguji mobil ini di session tes hari ketiga pada Rabu (24/2/2016) besok. Tetapi berita paling baru mengatakan, Rio bakal melakukan tes lebih cepat di hari ke-2 atau beberapa jam lagi. 

Mobil hasil rancangan John McQuilliam. Dalam session tes resmi di Barcelona, McQuilliam menyebutkan MRT05 proyek ambisius yang dipunyai tim sepanjang keikutsertaan di balapan F1. Pria 53 tahun yang pernah bekerja untuk Willams, Arrow, Jordan, serta Spyker ini yakin diri mobil rancangannya dapat tampak kompetitif di arena F1 musim 2016. " Ini yaitu mobil yang paling ambisius serta paling agresif yang pernah kami luncurkan. " 

Dari photo yang launching Manor, mobil MRT05 berkelir merah biru serta garis strip putih. Dengan logo pertamina di depan serta tulisan Pertamina di belakang. BUMN punya Indonesia ini jadi satu diantara penyokong dana Rio supaya dapat tampak di gelaran jet darat ini. 

Menggunakan cost tak kurang dari US$ 2, 6 juta (Rp 34 milliar) untuk bangun satu unit mobil, Quilliam menanggung MRT05 tambah baik dari suksesornya. " Performa mobil tambah baik di banding tahun lalu. MRT 05 lebih stabil, ” kata McQuilliam percaya diri. Menurut dia, bukanlah perkara gampang untuk meningkatkan MRT05. " Namun ini jadi mimpi satu paket 154 karyawan Manor Racing yang sudah bekerja begitu keras untuk bangun mobil ini, " sambung Quilliam. 

Spesifikasi Mobil Rio Haryanto serta pembalap asal Jerman F1 2016 di Manor Racing

Pada gelaran F1 musim lalu, MR03B tidak berhasil tampil maksimal. Prestasi paling baik MR03B yaitu finish diurutan 12 di Grand Prix Inggris di sirkuit Silverstone, Inggris. Pencapaian ini ditorehkan pembalap asal Spanyol, Robertho Merhi. Akankah MRT05 tambah baik dari pendahulunya?
Sumber : Liputan6.com
Baca Artikel Selanjutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!