3 Tips Langkah Mudah Memaksimalkan RAM pada Piranti Computer/laptop - S P C E.com

Breaking

logo

3 Tips Langkah Mudah Memaksimalkan RAM pada Piranti Computer/laptop

3 Tips Langkah Mudah Memaksimalkan RAM pada Piranti Computer/laptop

S P C E.com : Random Access Memory atau lebih umum adalah RAM mungkin saja telah Anda kenal mulai sejak anda pertama menggunakan PC. RAM adalah satu memory paling utama yang dipakai untuk lakukan penyimpanan sementara waktu pada computer dalam kondisi hidup. 

3 Tips Langkah Mudah Memaksimalkan RAM pada Piranti Computer/laptop

Manfaat dari piranti ini tidak lain yaitu sebagai pendukung untuk processor untuk melakukkan semua sistem komputing. Kecepatan serta kemampuan RAM mempunyai jalinan yang erat dengan kemampuan computer itu sendiri. 

Mungkin saja terlebih dulu Anda pernah alami, RAM Anda telah lumayan besar tetapi kemampuan dari piranti computer anda masihlah belum penuhi hasrat.syarat. Mungkin saja Anda butuh lakukan sebagian optimasi pada RAM. saya sudah lakukan beberapa langkah mudah yang nyatanya dapat meningkatkan sistem kemampuan RAM pada piranti Anda. 

Pakai Task Manager 

Satu diantara langkah atau cara yang cukup sederhana yaitu dengan memakai Task Manager yang ada pada system operasi di piranti computer Anda. Melalui Task Manager Anda bisa memonitor semua aktivitas ataupun sistem yang jalan pada piranti computer Anda. Diluar itu, nyaris keseluruh dari system operasi baik windows ataupun unix dapat lakukan sorting dari urutan pemakaian RAM paling besar sampai yang terkecil 


Untuk lakukan Akses pada Task Manager tiap-tiap system operasi mempunyai langkah tidak sama. Umpamanya saja untuk Windows Anda bisa terhubung Task Manager melakukan click kanan pada start Taskbar dan pilih Task Manager. Jadi Anda bakal memperoleh window yang menghadirkan monitor keseluruhnya sistem seperti gambar di atas. 

Sedang bila Anda pemakaia sistem operasi Linux, makin banyak langkah yang bisa Anda aplikasikan sesuai dengan lingkungan desktop yang Anda pakai. Umpamanya saja, saya memakai lingkungan desktop Unity jadi untuk lakukan akses Task Manager cuma dengan mencari Sistem Monitor (pada Linux tiap-tiap desktop environtment mempunyai nama task manager yang tidak sama). 

Disable startup apps 

Langkah cara ini adalah langkah Advance sesudah Anda memonitor semua sistem yang jalan pada computer Anda. Aplikasi start up adalah semua program yang automatis berjalan pada saat computer dihidupkan. Makin banyak program yang di jalankan, pastinya sistem akan semakin berat. 

Untuk menangani hal semacam ini, agar komputer berjalan lancar yaitu melakukan disable aplikasi startup. Bila Anda pemakai Windows 8,10 Anda bisa melakukannya pada tab start up pada task manager, atau lewat msconfig bila Anda pemakai windows 7. Bila anda pemakai linux, Anda dapat lihat keseluruhnya start up lewat terminal lewat cara memasukan kode : berikut kodenya 

sudo -i
cd /etc/xdg/autostart/
sudo sed --in-place 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' *.desktop

Tetapi Anda mesti hati hati saat lakukan disable start up pada Linux, lantaran kadang-kadang aplikasi yang ada terkait langsung dengan system operasi linux itu. 

Aplikasi pihak ketiga. 

Kangkah ke- tiga ini memilih aplikasi ini dipakai tak lain untuk mempercepat kemampuan RAM, Tetapi Aplikasi yang perlu Anda pakai juga baiknya sesuaikan sama keperluan. Umpamanya saja pada perangkat lunak Antivirus yang sekaligus dipakai untuk Tweak, tetapi Anda install aplikasi lagi untuk lakukan booster. 

Sekarang ini untuk aplikasi pihak ketiga, saya memakai AVG TuneUp pada Windows. sedang pada Linux (Ubuntu) memakai Ubuntu Tweak. Pilihan ini tidak yang paling baik, serta Anda dapat pilih terkecuali dari keduanya. 

Penutup :

Baik para pembaca setia SPCE.com semoga Artikel kali ini bermanfaat buat anda dan mungkin saja dapat menolong kecepatan sistem RAM pada komputer Anda dengan cara sewajarnya, namun bukan untuk melakukan overclock maupun yang lain. 

Mungkin saja komputer Anda masih terasa belum sangat baik Sebaiknya Anda lakukan menambahkan kemaupun atau pergantian RAM pada komputer anda, supaya kecepatan komputer/laptop anda bertambah.
Baca Artikel Berikutnya