News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

6 Panduan Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016 seleksi masuk perguruan tinggi

6 Panduan Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016 seleksi masuk perguruan tinggi

6 Panduan Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016 seleksi masuk perguruan tinggi

S P C E.com : Beberapa siswa-siswi tingkat SMA serta sederajat saat ini dapat bernapas lega karena ujian nasional (UN) sudah selesai. Sekarang ini, mereka tengah menantikan pengumuman hasil UN, sekalian menanti jadwal seleksi masuk perguruan tinggi. 

Untuk yang menginginkan lanjut kuliah di universitas negeri, Seleksi Berbarengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jadi satu diantara peluang emas yang tidak bisa ditinggalkan. Nah, mumpung masihlah ada saat mempersiapkannya, yuk simak panduan belajar mandiri di bawah ini. 

1. Kumpulkan soal-soal 

Type serta pola masalah SBMPTN tidak sama dengan UN. Soal tambah lebih kompleks serta memerlukan analisa tinggi. Oleh karema itu, mengerti type serta pola soal SBMPTN. Belilah buku bank soal atau foto copy dari rekan. Tekuni juga soal tes kekuatan basic (TKD) serta trick menjawabnya.  

2. Atur waktu belajar 

Lantaran belajar mandiri, disiplinlah dalam mengatur waktu belajar. Belajar termudah yaitu dengan kerjakan soal, hingga anda makin lancar dalam menjawab. Tentukan jam belajar yang efisien, seperti pagi atau malam hari semasing sekira dua jam. Waktu belajar, pastikan anda konsentrasi serta tak mengganggu kesibukan yang lain. 

3. Gunakan belajar kelompok 

Belajar bersama teman yang menyiapkan SBMPTN dengan cara otodidak bakal membantumu dalam memecahkan beberapa soal yang susah dikerjakan. Kalian dapat sama-sama berdiskusi serta sharing soal dengan soal - soal yang tidak sama. 

4. Bertanya pada guru 

Janganlah sungkan ajukan pertanyaan dengan guru di sekolah apabila temukan kesulitan. Mintalah dengan sopan untuk mengajarimu mengerjakan latihan soal. Mencari waktu yang pas, umpamanya sesudah guru itu usai mengajar di sekolah.  

5. Turut try out 

Banyak try out yang dapat diikuti tanpa ada mesti berhimpun dalam tuntunan belajar (bimbel). Dengan turut try out, anda bakal mempunyai deskripsi akan kemampuanmu menjawab soal SBMPTN. Langkah ini juga sekaligus jadi simulasi SBMPTN karena masih menanti waktu untuk merampungkan semua soal. 

6. Janganlah minder 

Janganlah terasa kurang percaya diri lantaran anda belajar sendiri untuk SBMPTN. Persaingan masuk perguruan tinggi memanglah ketat. Hingga, mereka yang turut les belum pasti bakal di terima. Yang utama, berusahalah dengan baik serta tidak mudah menyerah.
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!