Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Macet atau Tombol - tombolnya Tidak Berfungsi

- Advertisement -
S P C E.com : Assalamualikum wr wb, para pembaca setia, apakabar ? Mudah – Mudahan sehat walapiat dan tidak kurang satu apapun, juga selalu dalam lindungan allah SWT.

Para pembaca setia, sudah lama saya rasanya admin dari website ini, tidak menulis tentang tips and trik di website yang sederhana ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang macet atau Tombol-tombolnya tidak berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Macet atau Tombol - tombolnya Tidak Berfungsi

Nah, di kesempatan kali ini, saya akan mencoba kembali menulis suatu artikel yang berkaitan dengan cara tips and trik, adapun tips and trik yang akan saya bahas adalah tentunya sesuai dengan judul artikel ini yaitu cara memperbaiki keyboard laptop macet.

Pernahkah anda Mengalami Keyboard laptop anda bermasalah ? seperti tombol keyboard tersebut macet atau tombol-tombolnya tidak berfungsi ? jika ada ? anda tidak salah dan Anda telah menemukan artikel cara mengatasi masalah keyboard yang macet tersebut.

Keronologi Lahirnya Artikel cara memperbaiki Keyboard yang macet :

Sebelum saya membahas bagaimana cara memperbaiki Keyboard laptop yang macet ? sebaiknya saya ceritakan dulu bagaimana lahirnya artikel yang saya tulis ini.

Beberapa hari yang lalu, abang ipar saya yang datang kerumah membawa laptopnya, keyboardnya  macet. Awal terjadinya macet, Katanya, laptop tersebut jatuh dari penganganya pada saat di mau memakai laptopnya sendiri.

Nah, sesudah jatuh dia mencoba menghidupkan laptopnya, untuk mengerjakan sesuatu hal yang ingin dia kerjakan.

Nah, pada saat dia akan mengetik di Microsoft Office keyboard laptop yang dia tekan tidak berfungsi, sehingga iya menunda pekerjaan yang ingin dia kerjakan.

Kemudian besoknya dia datang kerumah menanyakan hal masalah yang sedang dia alami pada laptopnya.

Penyebab Keyboard Laptop Macet

Setelah saya ceritakan Keronologi terjadinya keyboard macet milik abang ipar di atas dan lahirlah artikel cara memperbaiki keyboard yang macet di website yang sederhana ini www.saifulcomelektronik.com

Sebenarnya penyebab keyboard laptop tersebut menjadi macet sangat banyak penyebabnya, salah satunya yaitu, yang ada di kronologi cerita di atas yaitu laptop tersebut jatuh sehingga menyebabkan keyboard laptop tersebut menjadi macet.

Ada juga Penyebab Keyboard laptop tersebut menjadi macet di sebabkan juga oleh karna OS yang kita gunakan, kok bisa ? Karna saya pernah mengalaminya, Misalnya laptop anda bawaan OSnya Windows 7 kemudian anda instal laptop tersebut menggunakan OS yang lebih tinggi, contonya OS yang anda gunakan atau meng-upgrade OS seperti OS yang terbaru sekarang yaitu OS Windows 10.

Jika anda melakukan upgrade OS ke OS yang lebih tinggi, bisa saja keyboard yang anda gunakan tidak kompatibel dengan OS baru tersebut, karna frmeware keybord laptop tersebut belum bisa di kenali oleh OS tersebut A sampai Z.

Ciri – Ciri Keyboard anda tidak kompatibel dengan OS baru tersebut adalah tombol-tombolnya menjadi tidak beraturan (berantakan), alias HURUF tombol-tombolnya bisa melompat-lompat. 

Gambar Komponen Keyboard Yang sensitip

Dibawah ini saya akan tunjukan Gambar Komponen yang sensitive dari keyboard itu sendiri, jika anda membuka laptop anda, kamu akan menemukan komponen seperti gambar di bawah. Komponen tersebut hanya berupa plastic kabel.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Macet atau Tombol - tombolnya Tidak Berfungsi

Namun plastic tersebut telah ditaburi serbuk tembaga yang berwarna hitam, fungsi serbuk tersebut adalah sebagai penghantar sinyal listrik dari keyboard ke headware computer itu sendiri agar huruf – huruf yang ada di keyboard dapat terbaca oleh system frimware computer pada laptop.

Cara Sederhana Agar Kabel Pelastik Keyboard Berfungsi

Jika serbuk tersebut telah terkelupas atau tergores maka keyboard pada laptop menjadi macet, Kasus ini lah yang terjadi pada laptop milik abang ipar saya,

Komponen keyboard HP Pavilion miliknya, konduktor tembaga pada kabel plastic keyboard tersebut telah terkelupas sehingga mengakibatkan keyboard jadi macet.

Penyebab jika keyboard tidak terbaca oleh laptop atau tombol keyboard tersebut tidak bisa di tekan atau tidak berfungsi sama sekali, biasanya kerusakanya ada pada Komponen sensitive ini yaitu kabel plastic pada keyboard itu sendiri.

Tidak terbacanya keyboard tersebut oleh system computer di sebabkan karna serbuk tembaga pada kabel pelastik keyboard tersebut telah terkikis atau tergores di sebabkan karna tertarik atau ditarik pada saat soket keybord computer masih terkunci.

Cara mengatasi agar berfungsi kembali, saya gunting pelastik tersebut sejauh serbuk tembaga pada plastic yang tergores. Seperti gambar di bawah ini hasil kabel pelastik yang saya potong :

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Macet atau Tombol - tombolnya Tidak Berfungsi

Jika sudah memotong kabel palastik tersebut, silakan pasang kembali keyboard ke PCB headware Komputer laptop anda, mudah-mudahan setelah anda memotongnya keyboard laptop anda akan berfungsi kembali seperti biasa.

Video Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Macet

Untuk lebih jelasnya cara mengatasi keyboard pada laptop macet, saya sudah siapkan video tutorial singkat di bawah ini dan jangan lupa SUBSCRIBE, LIKE dan COMENNT juga di channel saya DISINI selamat menonton.



Penutup :

Para Pembaca setia S P C E.com ( www.saifulcomelektronik.com ) Demikian yang dapat saya shering di kesempatan kali ini Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang macet atau tidak berfungsi Semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua khususnya buat para pembaca setia spce.com.

Jika anda merasa artikel dan video pada artikel ini bermanfaat silakan berkomentar dan bagikan artikel dan video tersebut melalui media social yang ada, keteman – teman terdekat anda yang membutuhkan.
Baca Artikel Berikutnya

Ingin menerima info menarik dari kami ?